KutaiKartanegara.com

Find:  

Logo Erau Festival Erau Kutai Kartanegara

M e n u
  Asal Mula Erau
  Pelaksanaan Erau
  Mata Acara Pokok
  Mata Acara Penunjang
  Agenda Erau
  Peta Lokasi Erau
  Rekaman Erau
  T i p s
  Komentar Erau

Info Erau 2003 Kutai Kartanegara

Zapin Tiga Negara Pukau Publik Tenggarong

Penampilan Jepen Eroh yang dibawakan tuan rumah Kutai Kartanegara
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 27/09/03 19:28 WITA
Tiga negara serumpun yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura menggebrak pentas Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) dengan kesenian tari Jepen atau Zapin dari negara atau daerah masing-masing.

Diawali penampilan tim kesenian dalam negeri yakni Japin Hadrah dari propinsi Kalimantan Selatan yang dirangkai dengan pagelaran Jepen dan Tingkilan tradisi dari beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar).

Kemudian bertepatan dengan kedatangan Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM beserta rombongan di Gedung PKM, tim tuan rumah Kabupaten Kutai Kartanegara menampilkan sajian Jepen Eroh yang mendapat sambutan hangat dari seluruh penonton.

Setelah tim kesenian Kutai Kartanegara yang diwakili Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) berlalu, sajian dilanjutkan dengan delegasi dari Singapura yang menampilkan gerak dan lagu bertajuk Cerita Singapura dan Mari Berzapin.


Para personil grup Sri Warisan Singapura saat beraksi di Tenggarong
Photo: Yanda

Cerita Singapura menceritakan sejarah Singapura melalui musik dan gerakan tari yang disebut dengan Dikir Singapura. Dimulai dalam bentuk teater mengenai seseorang yang mencari akar sejarah dan budayanya yang didominasi tiga etnis utama yakni Melayu, China dan India. Kemudian muncullah nyanyian dengan gerakan yang menggambarkan Singapura di masa lalu hingga saat ini.

Sementara dalam Mari Berzapin, tim kesenian Singapura yang diwakili grup Sri Warisan menampilkan perkembangan seni tari Zapin di Kota Singa tersebut yang diawali dengan tari Zapin Arab, Zapin yang berdasarkan tempat bersejarah di Singapura seperti Zapin Telok Belangah, hingga tari Zapin yang muncul dalam Festival Jepen Internasional di Tenggarong yang mengkombinasikan gerakan tari Zapin dari Indonesia, Brunei, Malaysia dan Singapura, tak ketinggalan tari Jepen tradisi Kutai Kartanegara pun dengan baik mereka peragakan. Aplaus meriah mengakhiri penampilan Singapura.


Delegasi Malaysia saat menampilkan tari Zapin  dari negara tersebut
Photo: Yanda
 

Dari Singapura beralih ke Malaysia, delegasi negeri jiran ini tampil dengan membawakan 8 jenis tari yakni Canggong, Siamese Dance, Indian Dance, Zoget Tiga Rentak, Zapin, Balqis Dance, Chinese Dance dan Zapin Ya Salam. Sambutan hangat para penonton pun selalu membahana di setiap persembahan tari-tarian tersebut. Sajian delegasi Malaysia ditutup dengan sebuah lagu berjudul Malaysia Truly Asia, seluruh penari yang berjumlah 22 orang tersebut tampil diatas pentas.

Usai lagu tersebut yang sekaligus mengakhiri acara malam tadi, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dan istri memberikan kenang-kenangan kepada seluruh pimpinan rombongan atau delegasi kesenian yang dengan baik menampilkan seni tari Zapin dari daerah atau negaranya masing-masing.

Pertunjukan Festival Jepen Internasional malam tadi disaksikan pejabat-pejabat kunci di Kutai Kartanegara, selain Bupati tampak pula menyaksikan diantaranya adalah Ketua DPRD Kukar, Kapolres Kutai, Dandim Tenggarong dan Kajari. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Polling
Mata acara favorit anda dalam setiap pelaksanaan Festival Erau:
Pembukaan Erau
Adat Keraton
Adat Pedalaman
Kesenian Tradisional
Olahraga Tradisional
Hiburan Band/Artis
Belimbur
Semua Menarik!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright 2001, 2002, 2003 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.