KutaiKartanegara.com

Find:  

Logo Erau Festival Erau Kutai Kartanegara

M e n u
  Asal Mula Erau
  Pelaksanaan Erau
  Mata Acara Pokok
  Mata Acara Penunjang
  Agenda Erau
  Peta Lokasi Erau
  Rekaman Erau
  T i p s
  Komentar Erau

Info Erau 2003 Kutai Kartanegara

Seni Budaya Kutai di Kedaton Kutai Kartanegara

Sajian tari Topeng Kemindu yang dibawakan oleh cucu Sultan HAM Salehoeddin II di Kedaton Kutai Kartanegara
Photo: Agri


Acara Naik Mentuha
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 24/09/03 13:02 WITA
Berbagai kegiatan seni budaya digelar dalam rangka memeriahkan Erau Kutai Kartanegara, tak terkecuali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pihak Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Selain sebagai penyelenggara Erau Adat Kutai Kartanegara yang berkaitan dengan upacara-upacara sakral pagelaran seni budaya keraton, Lembaga Adat Kesultanan juga menggelar pagelaran seni budaya Kutai yang berlangsung di Kedaton Kutai Kartanegara.

Peragaan seni budaya Kutai Kartanegara ini digelar setiap hari mulai pukul 10.00 WITA sejak hari Minggu (21/09) hingga Sabtu (27/09), kecuali hari Jum'at. Adapun upacara adat keraton yang ditampilkan adalah serangkaian upacara adat perkawinan Kutai yang diawali dengan Melamar, Nyorong Tanda, Akad Nikah, Bepacar, Mendi-Mendi dan Bealis, Naik Penganten, Beluluh Pengantin dan Naik Mentuha.

Upacara lainnya adalah upacara Belenggang dan Mandi-Mandi yang dikhususkan bagi seorang ibu yang tengah mengandung. Dilanjutkan upacara yang berkaitan dengan kelahiran anak seperti Tasmiyah, Naik Ayun dan Tumbang Apam.

Menurut Hj Adji Djauhariah selaku Koordinator Peragaan Seni Budaya Kutai, khusus untuk acara Tasmiyah, Naik Ayun dan Tumbang Apam yang berlangsung besok (25/09) akan dikerjakan sesungguhnya, bukan dalam bentuk peragaan seperti upacara perkawinan yang diperagakan oleh beberapa model.

Selain upacara-upacara adat tersebut, juga akan ditampilkan kesenian kesenian Jepen dan Tingkilan, Tari Ganjar Ganjur, Tari Topeng, Hadrah dan Rudat. Tak ketinggalan adalah peragaan busana tradisional bangsawan Kutai Kartanegara yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu (27/09) mendatang. Seluruh acara yang digelar di Kedaton ini terbuka untuk masyarakat umum dan tidak dikenakan pungutan.

Peragaan seni budaya yang berlangsung di Kedaton Kutai Kartanegara ini sangat menarik perhatian masyarakat, terutama para wisatawan nusantara yang sangat antusias menyaksikan untuk mengetahui lebih dekat budaya Kutai. Acara ini juga selalu dihadiri permaisuri Aji Ratu Aida beserta anggota kerabat Kesultanan Kutai lainnya. (win)


Acara Mendi-Mendi bagi pengantin wanita
Photo: Agri


Bealis, salah satu rangkaian dari upacara adat perkawinan Kutai
Photo: Agri


Upacara adat Beluluh Pengantin yang sudah sangat jarang dilaksanakan
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Polling
Mata acara favorit anda dalam setiap pelaksanaan Festival Erau:
Pembukaan Erau
Adat Keraton
Adat Pedalaman
Kesenian Tradisional
Olahraga Tradisional
Hiburan Band/Artis
Belimbur
Semua Menarik!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright © 2001, 2002, 2003 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.