Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Pagelaran Ulang Tahun ke-5 Yayasan Lanjong

Aksi para musisi Sanggar Musik Lanjong yang tampil enerjik dengan garapan bertajuk Nusantara LimaAksi para musisi Sanggar Musik Lanjong yang tampil enerjik dengan garapan bertajuk Nusantara Lima


Sajian Tari Kontemporer Bocok oleh anak-anak Sanggar Tari Lanjong
Sajian Tari Kontemporer Bocok oleh anak-anak Sanggar Tari Lanjong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/02/2008 14:44 WITA
Publik kota Tenggarong selama 4 malam berturut-turut dipuaskan dengan beraneka ragam seni pertunjukan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-5 Yayasan Lanjong Kutai Kartanegara (Kukar).


Mulai dari suguhan tari tradisi, tari kontemporer, seni sastra tradisional, musik etnik kontemporer, band, teater, operet hingga senam. Semua disuguhkan secara bergantian dalam Pagelaran Ulang Tahun Yayasan Lanjong sejak Rabu (06/02) malam hingga Sabtu (09/02) malam.


Yang menarik, pertunjukan seni yang dipusatkan di halaman Planetarium Jagad Raya ini tidak hanya menampilkan anak-anak binaan Lanjong, namun juga melibatkan seniman atau kelompok-kelompok seni lainnya yang ada di Kukar.


Sebut saja Kelompok Topa yang tampil pada malam pertama di gedung Serapo LPKK H Zailani Idris dengan sajian musik etnik kontemporer bertajuk Kontradiksi. Lalu ada pula Sanggar Musik Kontra yang tampil pada malam kedua dengan komposisi bertajuk Romes (bahasa Kutai untuk belepotan-red).



Suguhan Tari Jepen Jukut Selengek oleh para penari Sanggar Tari Adilla
Photo: Agri

Kemudian, kelompok tari yang terlibat adalah Kelompok Seni Budaya Maju Karya dibawah pimpinan Masrani MA yang tampil dengan Syair Belagu dan tari Kartapati, kemudian Sanggar Tari Cahaya dengan tari bertajuk Tari Pe'elan Kanak dan Sanggar Tari Adilla dengan Tari Jepen Jukut Selengek.


Dua seniman senior Tenggarong yakni Awang Syarifuddin Idham dan Dedy Atriananta juga turut beraksi di pagelaran malam kedua. Mereka masing-masing membawakan tari kontemporer tunggal berjudul Lahat dan Komposisi I.


Kemudian pada penampilan malam ketiga, Jum'at (08/02) malam, Band Akustik La'faz turut menghibur dengan tembang-tembang populer masa kini.


Sementara dari Yayasan Lanjong sendiri menerjunkan seluruh 'kekuatannya' yang meliputi Sanggar Tari Lanjong (Sangrila), Sanggar Musik Lanjong (Smula), Teater Kampoeng Lanjong dan Lanjong Sports.


Para penari dan koreografer dari Sangrila menyuguhkan tari kontemporer berjudul Discrimination dan Bocok, serta tari kreasi tradisional bertajuk tari Jepen Bekuntau, Jepen Buah Ara, Jepen Bunga Perangai, dan Jepen Begondahan.



Penampilan Kelompok Seni Budaya Maju Karya membawakan Syair Belagu
Photo: Agri

Kemudian para musisi Lanjong yang tergabung dalam Smula tampil begitu energik pada malam kedua dengan komposisi musik bertajuk Nusantara Lima. Suguhan musik tradisi kontemporer yang dimotori Supiyan dkk ini mampu memukau ratusan penonton yang memadati halaman Planetarium Jagad Raya.


Sedangkan divisi olahraga Lanjong Sports yang dimotori Kartika Sari juga tak mau ketinggalan untuk beraksi dalam Pagelaran Ulang Tahun Yayasan Lanjong. Mereka hadir menyuguhkan senam Yoga, senam Cha-Cha Bangkok, senam Cha-Cha Country, dan senam Reggae.


Dan yang tak kalah menariknya adalah sajian teater bertajuk 6 Jahanam yang dibawakan anak-anak Teater Kampoeng Lanjong pada malam pertama, Rabu (06/02) malam lalu. Teater Kampoeng Lanjong kembali akan beraksi malam ini dengan suguhan operet parodi plesetan bertajuk The Romantic Love of Wadak Yo..!!.


Menurut sutradara Haryanto Daud, operet ini akan dimainkan secara kolosal dengan melibatkan sekitar 50 orang anggota Kampoeng Lanjong. Durasi operet ini bahkan cukup panjang yakni sekitar 2,5 jam.


Daud pun mengundang warga kota Tenggarong untuk datang ke Planetarium Jagad Raya guna menyaksikan suguhan operet parodi plesetan. "Yang jelas operet parodi kali ini agak berbeda dari operet yang pernah kami garap sebelumnya. Rugi kalau tidak menonton," ujarnya berpromosi. (win)


Para anggota Lanjong Sports tak ketinggalan menyuguhkan Senam Yoga
Photo: Agri



Baca Juga:
Operet Parodi Tutup Pagelaran Ultah Yayasan Lanjong (10/02/2008)

Berbagi Uang Lewat Permainan Maut (07/02/2008)


 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com