KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Laporan Haji 2004

Laporan Haji 2004
Jamaah Calhaj Kloter 2 Kini Berada di Mekkah

Suasana Masjidil Haram di kota Mekkah yang kini telah dipadati jamaah calhaj dari seluruh dunia, termasuk calhaj dari Kutai Kartanegara yang baru tiba di Mekkah, Jum'at (09/01) kemarin

KutaiKartanegara.com 10/01/04 22:12 WITA
Setelah berada di kota Madinah selama 8 hari untuk melaksanakan salah satu Rukun Haji yakni Sholat Arbain di Masjid Nabawi, jamaah calon haji (calhaj)  Kutai Kartanegara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 embarkasi Balikpapan kini telah berada di kota Madinah, Arab Saudi.

Menurut keterangan reporter KutaiKartanegara.com Johan A Hakim yang saat ini berada di tanah suci, rombongan jamaah calhaj kloter 2 telah meninggalkan Madinah usai sholat Subuh, Jum'at (09/01) kemarin waktu setempat.

"Usai sholat Subuh kemarin (09/01), kami meluncur ke Mekkah dan baru tiba di kota tersebut pada saat tengah malam," ujar Johan A Hakim. Ditambahkan Johan A Hakim, lamanya perjalanan menuju Mekkah dikarenakan jauhnya jarak Madinah-Mekkah yang mencapai sekitar 500 km. Selain itu, bis yang membawa jamaah calhaj Kukar sering berhenti untuk istirahat atau makan dan check point imigrasi.

Menurut Johan, selama di Mekkah jamaah calhaj Kukar kloter 2 ini ditempatkan di Maktab 10 Muasasah Asia Tenggara yang terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram atau Ka'bah. "Setiba di Mekkah, kami melaksanakan Tawaf, Sai dan Tahlul," ujar Johan A Hakim.

Ketika ditanya mengenai kondisi jamaah calhaj Kukar, dikabarkan bahwa kondisi kesehatan mereka cukup baik dan hanya beberapa yang mengalami sakit ringan seperti demam, batuk atau flu. Dikatakan Johan, jika suhu udara di Madinah sangat dingin maka suhu di Mekkah cukup bersahabat yakni sekitar 30 derajat Celcius.

Gubernur Mekkah Pimpin Pencucian Ka'bah
Sementara itu, dilaporkan pula oleh Johan A Hakim bahwa Gubernur Provinsi Mekkah Pangeran Abdul Majeed bin Abdul Aziz pada Rabu (07/01) lalu telah melakukan ritual pencucian Ka'bah yang berada di Masjidil Haram dengan air zamzam dan air mawar.

Ritual pencucian Ka'bah ini selain disaksikan oleh ribuan jamaah calhaj dari seluruh dunia juga disaksikan oleh para petinggi Kerajaan Arab Saudi beserta duta besar atau diplomat dari negara-negara muslim di dunia.

Ditambahkan Johan A Hakim, pencucian Ka'bah merupakan ritual yang biasa dilakukan dua kali dalam setahun oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi khususnya pemerintah Provinsi Mekkah, yakni untuk menandai tibanya bulan suci Ramadhan dan pelaksanaan Haji.

"Saat ini sedang dilakukan renovasi di lantai dua Masjidil Haram. Para pekerja tampak sibuk melakukan penggantian tegel-tegel yang rusak, memperbaiki kipas angin serta melakukan pengecatan," demikian kata Johan A Hakim beberapa saat lalu melalui ponselnya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.