Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Warga Muara Wis Jaga Batas Desa

Para pendatang yang ingin masuk Muara Wis harus terlebih dahulu melapor ke posko pencegahan COVID-19 yang tersebar di beberapa titikPara pendatang yang ingin masuk Muara Wis harus terlebih dahulu melapor ke posko pencegahan COVID-19 yang tersebar di beberapa titik
Photo: Dok. Pemerintah Kecamatan Muara Wis


Anggota relawan di desa Lebak Cilong menyemprotkan disinfektan ke kendaraan yang memasuki Muara Wis serta mendata orang yang akan masuk wilayah mereka
Anggota relawan di desa Lebak Cilong menyemprotkan disinfektan ke kendaraan yang memasuki Muara Wis serta mendata orang yang akan masuk wilayah mereka
Photo: Dok. Pemerintah Kecamatan Muara Wis

KutaiKartanegara.com - 10/04/2020 19:22 WITA
Untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di wilayahnya, Kecamatan Muara Wis sangat berhati-hati untuk menerima kunjungan warga dari luar.


Bahkan pihak desa bersama warga secara sukarela mendirikan posko di beberapa titik yang menjadi akses masuk desa. Tak hanya itu, warga memasang portal agar bisa memeriksa sekaligus mendata warga luar yang akan masuk.


"Ya, kewaspadaan masing-masing desa cukup tinggi, sehingga batas-batas desa diamankan masing-masing warga yang menjadi relawan," terang Camat Muara Wis, Arianto.


Selain waspada di pintu masuk desa, warga Muara Wis juga menaati himbauan Pemerintah untuk tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah.


"Apalagi kondisi geografis Kecamatan Muara Wis yang desanya terpisah-pisah, sehingga semuanya dapat lebih terkontrol," kata Arianto.


Terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Muara Wis, menurut Arianto secara keseluruhan berjumlah 8 ODP. Mereka ini rata-rata adalah mahasiswa Muara Wis yang kuliah di Samarinda dan Tenggarong, serta ditambah beberapa warga yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah.


"Dari 8 ODP, sudah 4 orang yang selesai menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Yakni 2 orang di Desa Muara Wis, 1 orang di Desa Enggelam, dan 1 orang di Desa Lebak Mantan," ujarnya.


Sedangkan 4 warga yang masih dipantau kesehatannya yakni sebanyak 3 orang di Desa Melintang dan 1 orang di Desa Lebak Cilong. "Kemungkinan mereka akan selesai isolasi dalam beberapa hari ini," kata Arianto.


Berbeda dengan Tenggarong dan kecamatan lain yang memasang sticker di rumah-rumah ODP, pihak Kecamatan Muara Wis mengambil kebijakan untuk tidak memasangnya.


"Kita putuskan tidak memasang sticker. Karena kita tidak ingin ada kepanikan. Karena kita sudah minta keterangan medis kondisinya seperti apa, ternyata kondisi yang dialami hanya batuk saja. Jadi kita tidak menempel sticker, takut masyarakat resah. Karena waktu mereka baru datang saja masyarakat sudah bergejolak, padahal tidak " jelasnya.


Kendati demikian, lanjut Arianto, petugas telah meminta warga yang berstatus ODP tersebut untuk maksimal mengisolasi diri agar warga sekitar tidak resah. "Alhamdulillah mereka menaati sehingga kita tidak perlu menempel sticker," pungkasnya. (win)


Salah satu titik masuk menuju desa Enggelam yang ikut diportal
Photo: Dok. Pemerintah Kecamatan Muara Wis

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Rotasi Jabatan Polres Kukar, 2 Kasat dan 3 Kapolsek Dimutasi
Curah Hujan Tinggi di Kaltim, Kukar Siap Siaga Hadapi Bencana
 
Edi Damansyah Lantik 5 Kepala OPD Pemkab Kukar
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Kalahkan Kalteng Putra, Mitra Kukar Buka Peluang ke 8 Besar
Mitra Kukar Berbagi Angka Dengan Persewar Waropen
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com