Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kukar Siap Siaga Hadapi Potensi Bencana

Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling menunjukkan kepada Bupati Edi Damansyah beberapa sarana milik Kodim 0906/TGR, Polres Kukar, BPBD Kukar hingga Satpol PP Kukar yang disiapkan untuk penanganan bencanaDandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling menunjukkan kepada Bupati Edi Damansyah beberapa sarana milik Kodim 0906/TGR, Polres Kukar, BPBD Kukar hingga Satpol PP Kukar yang disiapkan untuk penanganan bencana
Photo: Agri


Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling bersama Bupati Kukar Edi Damansyah dan Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho kompak untuk mengantisipasi potensi bencana di Kukar
Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling bersama Bupati Kukar Edi Damansyah dan Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho kompak untuk mengantisipasi potensi bencana di Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 08/01/2020 00:03 WITA
Fenomena cuaca ekstrem yang melanda beberapa kawasan di Tanah Air, membuat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ikut bersiaga. Pasalnya, Kukar memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana banjir, tanah longsor hingga kebakaran hutan dan lahan.


Untuk memastikan kesiapan personil dalam mengantisipasi terjadinya bencana yang dapat datang sewaktu-waktu, Pemkab Kukar bersama Kodim 0906/Tgr dan Polres Kukar menggelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana yang berlangsung di halaman Makodim 0906/Tgr, Tenggarong, Selasa (07/01) pagi.


Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana ini dipimpin langsung Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling dan Kapolres Kukar Andrias Susanto Nugroho.


Diawali dengan pemasangan pita kepada perwakilan personel TNI, Polri dan BPBD Kukar, Bupati Kukar Edi Damansyah kemudian melakukan pemeriksaan pasukan serta sarana/prasarana yang disiapkan Kodim 0906/Tgr untuk penanganan bencana, termasuk sarana lain yang disiapakan Polres Kukar, BPBD Kukar, serta Satpol PP Kukar..


Di hadapan para peserta apel, Bupati Edi Damansyah mengatakan bahwa sepanjang tahun 2019 telah terjadi 601 kejadian bencana di Kukar. Yang terbanyak adalah kebakaran permukiman yakni sebanyak 234 kejadian, kemudian 198 kejadian kebakaran hutan dan lahan, banjir 45 kejadian, dan tanah longsor 20 kejadian.


"Rentetan peristiwa bencana tersebut yang menimbulkan korban jiwa serta pengungsi juga berdampak pada kerusakan bangunan baik rumah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, sarana ibadah, maupun fasilitas publik lainnya, cukup menjadi isyarat penting bagi kita ini untuk menyiapkan diri dari ancaman bencana," ujarnya.


Kodim 0906/Tgr siap mengerahkan sejumlah perahu untuk evakuasi warga jika terjadi banjir
Photo: Agri


Bupati Kukar pun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran TNI dan Polri, serta seluruh organisasi perangkat daerah, organisasi masyarakat, lembaga serta dunia usaha yang telah bekerja keras membantu penanganan bencana di Kukar.


"Kerja keras tersebut sekaligus menjadi tanggung jawab kita ke depan, untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. Kita tidak henti-hentinya untuk mendorong masyarakat ikut berperan aktif, bisa memahami dan juga meningkatkan kesiapsiagaan," imbuhnya.


Edi Damansyah juga mengingatkan peran penting seluruh komponen masyarakat untuk terus memupuk rasa gotong royong dan kebersamaan di tengah masyarakat. "Dengan rasa kepedulian bersama dilandasi semangat kebersamaan, maka masyarakat akan saling peduli dan menaruh perhatian terhadap cegah dini bencana," katanya lagi.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kukar menyampaikan empat pesan kepada seluruh pemangku kepentingan di Kukar. Yang pertama, tingkatkan kemampuan dan keterampilan serta kepekaan terhadap perubahan dinamika masyarakat yang begitu cepat untuk mendeteksi dini terjadinya potensi bencana terutama banjir di wilayah Kukar.


Bupati Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr dan Kapolres Kukar saat melakukan pemeriksaan pasukan pada kegiatan apel kesiapsiagaan tanggap bencana
Photo: Agri


"Kemudian tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan segenap instansi terkait agar tugas penanggulangan bencana bisa berjalan dengan lancar dan terarah," katanya.


Selain itu, lanjutnya, laksanakan tugas penanggulangan bencana dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta professional, serta kenali dan kuasai situasi dalam pelaksanaan tugas sehingga penanggulangan bencana dapat berjalan dengan lancar dan tidak terdapat korban, baik dari petugas maupun masyarakat.


"Dan tingkatkan pengabdian dan kebanggaan sebagai masyarakat yang siap membantu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan ikhlas," demikian pesan Bupati Kukar.


Terpisah, Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling mengatakan jika kegiatan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana ini merupakan komitmen TNI dan Polri dalam mendukung Pemerintah Daerah. "Jadi ini bagian dari amanat Undang-Undang dalam konteks untuk terus menyinergikan dan mempersiapkan diri dalam perbantuan kita kepada Pemerintah Daerah," katanya.


Menyikapi cuaca ekstrem yang berpotensi bencana di Kukar, lanjutnya, pihaknya sudah menggunakan metode-metode yang sistematik, terukur dan efektif. "Dan itu sudah teruji, dari tataran pimpinan atas, bahkan di Kodam pun sudah ada rencana kontijensinya, termasuk di Korem, Polda dan Polres. Jadi kita ingin sinkronkan bersama BPBD untuk bersama-sama membuat draft langkah agar bencana itu bisa dielimiir," ujarnya.


Lewat apel kesiagsiagaan tanggap bencana ini, seluruh personil yang terlibat beserta perlengkapan yang ada telah siap dikerahkan jika terjadi bencana. "Kapanpun kita siap digerakkan. Tapi kita berdoa jangan sampai bencana itu hadir di wilayah kita," pungkasnya.


Kegiatan apel kesiapsiagaan tanggap bencana ini dihadiri pula oleh pejabat Forkopimda Kukar, Sekkab Kukar Sunggono, kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, serta Camat Tenggarong bersama para Lurah/Kepala Desa se-Kecamatan Tenggarong. (win)


Personel TNI dari Kodim 0906/Tgr siap diterjunkan ke lapangan jika terjadi bencana di wilayah Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
Evaluasi Penyaluran BLT-DD di Kukar, Sudah 78% Desa Realisasikan Dana BLT-DD Kepada Warga Tidak Mampu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com