Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta Garap Diskusi Bulanan

Kegiatan diskusi yang digelar untuk pertama kalinya oleh Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta di Tenggarong, Rabu (09/11) kemarinKegiatan diskusi yang digelar untuk pertama kalinya oleh Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta di Tenggarong, Rabu (09/11) kemarin
Photo: Agri


Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi saat membuka kegiatan diskusi bulanan PPSP Unikarta
Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi saat membuka kegiatan diskusi bulanan PPSP Unikarta
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/11/2016 13:39 WITA
Sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) secara resmi membentuk sebuah lembaga baru bernama Pusat Studi Politik dan Pemerintahan (PPSP).


Pembentukan PPSP Unikarta ini dimaksudkan untuk menjadi wadah komunikasi, kajian, pendidikan, penelitian dan pengabdian dari civitas akademika Unikarta kepada masyarakat di bidang politik dan pemerintahan.


PPSP Unikarta pun telah menyiapkan agenda bulanan berupa kegiatan diskusi dengan mengundang para narasumber berkompeten guna membahas sejumlah permasalahan yang dihadapi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Sebagai kegiatan perdana, PPSP Unikarta menggelar diskusi dengan tema Kutai Kartanegara Pasca Migas yang berlangsung di ruang rapat Rektorat Unikarta, Tenggarong, Rabu (09/11) kemarin.


Kegiatan diskusi yang dihadiri puluhan mahasiswa Unikarta ini menghadirkan 3 narasumber yakni Ketua DPRD Kukar Salehuddin SSos SFil, Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi, serta Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kukar yang diwakili Kabid Perencanaan Pendapatan, Pengembangan dan Pengawasan, Edward.


"Kegiatan diskusi bulanan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, yang mana civitas akademika Unikarta diharapkan dapat ikut aktif memberikan andil bagi kemajuan daerah," kata Ketua PPSP Unikarta, Efri Novianto.


Terkait diskusi perdana yang mengambil tema Kutai Kartanegara Pasca Migas, menurut Efri, topik tersebut sangat menarik dibahas lantaran kondisi keuangan Kukar sangat rentan dan jauh dari kemandirian akibat ketergantungan keuangan pada dana perimbangan khususnya Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang mencapai 80%.


"Sementara kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kukar masih sangat kecil pada struktur APBD yakni hanya sebesar 10 persen. Sedangkan dari sisi belanja aparatur sudah mencapai mencapai 35% dari struktur APBD. Artinya pada 10-20 tahun ke depan, kalau pemerintah tidak melepaskan ketergantungan dari DBH, maka bisa jadi kita akan menjadi daerah yang gagal membayar karena DBH migas kita menurun sebagai akibat dari fluktuasi harga dan penurunan kapasitas produksi migas," ujarnya.


Lewat diskusi ini, tambah Efri, diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi kebijakan terkait strategi dan langkah-langkah yang harus dilakukan Pemkab Kukar untuk meningkatkan PAD-nya.


Sementara Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi memberikan apresiasi kepada PPSP Unikarta yang telah menggelar kegiatan tersebut dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten. "Karena perguruan tinggi juga memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, saya juga mendorong kepada semua program studi di Unikarta untuk melakukan sejumlah inovasi dan kreasi seperti PPSP," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Ribuan ASN Pemkab Kukar Ikuti Vaksinasi Massal COVID-19
Sudah Mendaftar Tapi Tidak Masuk Jadwal Penerima Vaksin COVID-19, Ini Penjelasan Kepala Dinkes Kukar
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Simpan Sabu 80,85 Gram, Residivis Narkoba Dibekuk Petugas Polres Kukar
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com