Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rangka Jembatan Kartanegara Mulai Dirakit
Bupati Kukar Berikan Apresiasi

Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Kepala DBMSDA Kukar Ahyani (kanan), PPK Jembatan Kartanegara Budi Harsono (kedua dari kanan) dan pihak PT Hutama Karya saat meninjau pembangunan jembatanBupati Kukar Rita Widyasari didampingi Kepala DBMSDA Kukar Ahyani (kanan), PPK Jembatan Kartanegara Budi Harsono (kedua dari kanan) dan pihak PT Hutama Karya saat meninjau pembangunan jembatan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bupati Rita Widyasari terkesan dengan perkembangan proyek Jembatan Kartanegara yang bisa rampung pada Mei 2015, lebih cepat dari yang dijadwalkan semula yakni September 2015
Bupati Rita Widyasari terkesan dengan perkembangan proyek Jembatan Kartanegara yang bisa rampung pada Mei 2015, lebih cepat dari yang dijadwalkan semula yakni September 2015
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 15/07/2014 06:16 WITA
Proyek pembangunan kembali Jembatan Kartanegara kini telah berjalan 53 persen seiring dengan telah dimulainya tahap perakitan rangka side span atau bentang luar yang berada di sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang.


Tahapan erection atau perakitan bentang luar Jembatan Kartanegara ini mendapat perhatian dari Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari yang datang meninjau proyek tersebut, Senin (14/07) kemarin.


Kedatangan Bupati Rita Widyasari disambut Kepala Dinas Marga & Sumber Daya Air (DBMSDA) Kukar Ahyani, didampingi PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Jembatan Kartanegara, Budi Harsono, serta pihak kontraktor PT Hutama Karya.


Di hadapan Bupati Kukar, PPK Jembatan Kartanegara menjelaskan jika perkembangan proyek jembatan tersebut telah mencapai 53%. "Untuk perakitan rangka side span atau bentang pendekat ini akan selesai pada bulan September 2014," terangnya.


Setelah itu, lanjutnya, barulah akan dilakukan perakitan rangka bentang utama mulai bulan Oktober 2014. "Perakitan bentang utama ini diperkirakan selesai pada Maret-April 2015. Insya Allah pada bulan Mei 2015 sudah masuk penyelesaian akhir," ujar Budi.


Jika selesai pada Mei 2015, lanjutnya, maka pembangunan Jembatan Kartanegara ini lebih cepat dari jadwal yang tertuang dalam kontrak yakni rampung pada September 2015.


Bupati Kukar Rita Widyasari sendiri memberikan apresiasi kepada pihak DBMSDA Kukar dan kontraktor PT Hutama Karya atas kemajuan proyek Jembatan Kartanegara tersebut.


Menurut Rita, dirinya memang memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan jembatan itu yang merupakan urat nadi perekonomian di Kukar. "Kalau bisa selesai sebelum Mei 2015 lebih bagus lagi. Kasihan masyarakat pakai kapal terus. Itu kan pakai ongkos juga," katanya.


Bupati Kukar berharap agar proyek pembangunan jembatan tersebut dapat berjalan lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti. "Saya berharap agar PT Hutama Karya bisa bekerja maksimal," pungkasnya.


Sekedar informasi, pembangunan Jembatan Kartanegara sebagai pengganti jembatan yang ambruk pada 26 November 2011 tersebut mulai dikerjakan pada 10 April 2013 yang ditandai dengan ground breaking yang diresmikan oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak.


Berbeda dengan sebelumnya, struktur jembatan yang baru nanti adalah tipe Continuous Arch atau jembatan pelengkung menerus dengan konstruksi rangka baja.


Jembatan Kartanegara yang baru ini memiliki panjang mencapai 710 meter dengan panjang bentang utama 470 meter dan lebar mencapai 10,45 meter. Sedangkan lebar lajur untuk lalu lintas mencapai 7 meter. Ketinggian jembatan tersebut dari atas permukaan air sungai Mahakam saat pasang tertinggi adalah mencapai 19 meter. (her/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com