Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rangka Jembatan Kartanegara Mulai Dirakit
Bupati Kukar Berikan Apresiasi

Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Kepala DBMSDA Kukar Ahyani (kanan), PPK Jembatan Kartanegara Budi Harsono (kedua dari kanan) dan pihak PT Hutama Karya saat meninjau pembangunan jembatanBupati Kukar Rita Widyasari didampingi Kepala DBMSDA Kukar Ahyani (kanan), PPK Jembatan Kartanegara Budi Harsono (kedua dari kanan) dan pihak PT Hutama Karya saat meninjau pembangunan jembatan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bupati Rita Widyasari terkesan dengan perkembangan proyek Jembatan Kartanegara yang bisa rampung pada Mei 2015, lebih cepat dari yang dijadwalkan semula yakni September 2015
Bupati Rita Widyasari terkesan dengan perkembangan proyek Jembatan Kartanegara yang bisa rampung pada Mei 2015, lebih cepat dari yang dijadwalkan semula yakni September 2015
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 15/07/2014 06:16 WITA
Proyek pembangunan kembali Jembatan Kartanegara kini telah berjalan 53 persen seiring dengan telah dimulainya tahap perakitan rangka side span atau bentang luar yang berada di sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang.


Tahapan erection atau perakitan bentang luar Jembatan Kartanegara ini mendapat perhatian dari Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari yang datang meninjau proyek tersebut, Senin (14/07) kemarin.


Kedatangan Bupati Rita Widyasari disambut Kepala Dinas Marga & Sumber Daya Air (DBMSDA) Kukar Ahyani, didampingi PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Jembatan Kartanegara, Budi Harsono, serta pihak kontraktor PT Hutama Karya.


Di hadapan Bupati Kukar, PPK Jembatan Kartanegara menjelaskan jika perkembangan proyek jembatan tersebut telah mencapai 53%. "Untuk perakitan rangka side span atau bentang pendekat ini akan selesai pada bulan September 2014," terangnya.


Setelah itu, lanjutnya, barulah akan dilakukan perakitan rangka bentang utama mulai bulan Oktober 2014. "Perakitan bentang utama ini diperkirakan selesai pada Maret-April 2015. Insya Allah pada bulan Mei 2015 sudah masuk penyelesaian akhir," ujar Budi.


Jika selesai pada Mei 2015, lanjutnya, maka pembangunan Jembatan Kartanegara ini lebih cepat dari jadwal yang tertuang dalam kontrak yakni rampung pada September 2015.


Bupati Kukar Rita Widyasari sendiri memberikan apresiasi kepada pihak DBMSDA Kukar dan kontraktor PT Hutama Karya atas kemajuan proyek Jembatan Kartanegara tersebut.


Menurut Rita, dirinya memang memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan jembatan itu yang merupakan urat nadi perekonomian di Kukar. "Kalau bisa selesai sebelum Mei 2015 lebih bagus lagi. Kasihan masyarakat pakai kapal terus. Itu kan pakai ongkos juga," katanya.


Bupati Kukar berharap agar proyek pembangunan jembatan tersebut dapat berjalan lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti. "Saya berharap agar PT Hutama Karya bisa bekerja maksimal," pungkasnya.


Sekedar informasi, pembangunan Jembatan Kartanegara sebagai pengganti jembatan yang ambruk pada 26 November 2011 tersebut mulai dikerjakan pada 10 April 2013 yang ditandai dengan ground breaking yang diresmikan oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak.


Berbeda dengan sebelumnya, struktur jembatan yang baru nanti adalah tipe Continuous Arch atau jembatan pelengkung menerus dengan konstruksi rangka baja.


Jembatan Kartanegara yang baru ini memiliki panjang mencapai 710 meter dengan panjang bentang utama 470 meter dan lebar mencapai 10,45 meter. Sedangkan lebar lajur untuk lalu lintas mencapai 7 meter. Ketinggian jembatan tersebut dari atas permukaan air sungai Mahakam saat pasang tertinggi adalah mencapai 19 meter. (her/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com