Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembangunan Jembatan Baru di Tenggarong Resmi Dimulai

Penekanan tombol sirine tanda dimulainya pembangunan Jembatan Kartanegara oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek didampingi Sultan Kutai HAM Salehoeddin II, Bupati Kukar Rita Widyasari, Ketua DPRD Kaltim HM Mukmin Faisyal dan manajemen PT Hutama KaryaPenekanan tombol sirine tanda dimulainya pembangunan Jembatan Kartanegara oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek didampingi Sultan Kutai HAM Salehoeddin II, Bupati Kukar Rita Widyasari, Ketua DPRD Kaltim HM Mukmin Faisyal dan manajemen PT Hutama Karya
Photo: Yanda


Sultan Kutai HAM Salehoeddin II didampingi Gubernur Kaltim Awang Faroek dan Bupati Rita Widyasari melakukan ritual tepong tawar di depan lokasi pembangunan jembatan baru di Tenggarong
Sultan Kutai HAM Salehoeddin II didampingi Gubernur Kaltim Awang Faroek dan Bupati Rita Widyasari melakukan ritual tepong tawar di depan lokasi pembangunan jembatan baru di Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/04/2013 20:11 WITA
Setelah sempat tertunda lantaran masalah teknis, pembangunan jembatan baru pengganti Jembatan Kartanegara yang ambruk di kota Tenggarong pada 26 November 2011 akhirnya dimulakan hari ini.


Dimulainya pembangunan atau ground breaking jembatan baru ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Ketua DPRD Kaltim HM Mukmin Faisyal, Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II, bersama manajemen PT Hutama Karya (HK).


Sebelumnya, Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II terlebih dahulu melakukan ritual adat tepong tawar dengan menaburkan beras kuning di lokasi proyek pembangunan jembatan tersebut. Gubernur Kaltim Awang Faroek dan Bupati Kukar Rita Widyasari yang mendampingi Sultan Kutai juga ikut menaburkan beras kuning.


Atas nama Pemprov Kaltim, Gubernur Awang Faroek menyatakan bersyukur dan berterimakasih atas upaya-upaya yang telah dilakukan semua pihak hingga proses pembangunan jembatan baru pengganti jembatan Kartanegara bisa terlaksana.


"Saya harap pembangunan jembatan ini berjalan lancar dan dapat segera selesai, sehingga masyarakat dapat mennggunakan jembatan ini yang merupakan sebagai urat nadi berbagai aktivitas kehidupan," harapnya.


Sementara diakui Bupati Kukar Rita Widyasari, pembangunan jembatan baru ini mengalami keterlambatan karena berbagai masalah teknis, seperti belum robohnya pylon hingga proses lelang yang sedikit terkendala.


Namun Rita bersyukur akhirnya pembangunan jembatan baru tersebut dapat mulai dikerjakan sejak hari ini oleh pihak PT Hutama Karya, kontraktor yang membangun Jembatan Kartanegara sebelumnya. "Mudah-mudahan jembatan ini dapat rampung secepatnya," kata Rita.


Menurut Rita, PT Hutama Karya terpilih sebagai pemenang lelang karena kontraktor nasional tersebut banting harga dengan menawarkan nilai proyek sebesar Rp 191 milyar dari harga perkiraan Pemkab Kukar sebesar Rp 288 milyar.


Sebagai pihak yang pernah membangun Jembatan Kartanegara namun akhirnya runtuh karena kesalahan prosedur pemeliharaan oleh pihak lain, Bupati Rita Widyasari meminta kepada PT Hutama Karya untuk membuktikan bahwa mereka adalah BUMN terbaik di Indonesia.


"Belajar dari pengalaman yang lalu, saya minta agar PT Hutama Karya nanti juga ikut terlibat dalam pemeliharaan jembatan ini jika sudah selesai di masa mendatang," ujarnya.


Kepada pihak terkait, khususnya Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kukar, konsultan hingga kontraktor, Rita berharap agar mereka dapat bekerjasama untuk memberikan hasil maksimal hingga selesainya pembangunan jembatan. (win/nop)


Para pekerja PT Hutama Karya mulai membongkar bagian pondasi eks Jembatan Kartanegara dengan menggunakan jack hammer
Photo: Yanda


Baca Juga:
Jembatan Baru Ditargetkan Rampung Dalam 2 Tahun (11/04/2013)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com