Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tujuh Kecamatan Dilanda Banjir Terparah
Kukar Nyatakan Status Darurat

Luapan air sungai Mahakam telah merendam ribuan rumah warga denganketinggian antara 1-3 meterLuapan air sungai Mahakam telah merendam ribuan rumah warga denganketinggian antara 1-3 meter
Photo: Humas Kukar/Nor Ida


KutaiKartanegara.com - 22/05/2007 20:22 WITA
Kondisi musibah banjir musiman yang terjadi di Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya ditetapkan menjadi status darurat. Pasalnya, banjir musiman yang cukup parah tahun ini telah merendam ribuan rumah warga, bahkan memaksa ratusan warga di pedalaman untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.


Penetapan status darurat ini diputuskan dalam rapat koordinasi di Ruang Panmus DPRD Kukar, Tenggarong, tadi pagi, yang melibatkan jajaran Pemkab Kukar dengan pihak legislatif.


Jajaran Pemkab Kukar sendiri dipimpin langsung oleh Sekretaris Kabupaten Kukar HM Husni Thamrin didampingi beberapa kepala dinas/instansi terkait.


Sementara dari pihak legislatif dipimpin oleh Joice Lidya selaku Pimpinan Sementara DPRD Kukar didampingi Ketua DPRD Terpilih, Rahmat Santoso, beserta anggota dewan lainnya.


Menurut Joice Lidya, rakor ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi terakhir penanganan musibah banjir di 7 kecamatan yang paling parah direndam banjir musiman tahun ini. "Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujarnya.



Sejumlah warga desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman, yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi dan mendirikan pemondokan sementara
Photo: Nasir

Sementara dikatakan Sekkab HM Husni Thamrin, banjir paling parah telah merendam 62 desa dari 7 kecamatan di wilayah pedalaman Kukar.


Masing-masing adalah Kecamatan Kota Bangun (8 desa), Muara Wis (3 desa), Kenohan (4 desa), Muara Muntai (10 desa), Kembang janggut (11 desa), Muara Kaman (15 desa) dan Sebulu (9 desa).


"Ketinggian banjir di 7 kecamatan tersebut antara 1-3 meter. Sehingga merendam ribuan rumah milik 27.713 Kepala Keluarga (KK) atau 108.904 jiwa. Sebagian warga bahkan sudah mengungsi ke daerah-daerah yang lebih tinggi," kata Husni Thamrin.


Menurut Thamrin, Pemkab Kukar telah memberikan sejumlah bantuan berupa paket obat-obatan, mie instan dan 1 ton beras. Bahkan Pemkab Kukar juga telah menyerahkan ratusan terpal untuk membuat pondok-pondok pengungsian warga di 3 kecamatan yakni Muara Muntai, Muara Kaman dan Sebulu.


Ditambahkan Thamrin, Pemkab Kukar masih akan memberikan bantuan berupa paket sembako, kemudian melakukan pengobatan keliling oleh tim Dinas Kesehatan bersama Puskesmas setempat, serta bantuan peralatan untuk evakuasi.


"Hingga saat ini, warga yang tertimpa musibah di 7 kecamatan masih sangat membutuhkan bantuan berupa beras, mie instan, minyak goreng, air mineral, pakaian dan selimut, obat-obatan, serta terpal dan paku untuk membuat pondok-pondok sementara," ujar Thamrin.


Sementara Anggota DPRD Kukar HM Yusuf AS meminta agar kebutuhan warga diinventarisir lagi agar bantuan yang diberikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan. "Warga yang tertimpa musibah harus didata lagi, jangan sampai ada yang ketinggalan," pintanya. (win)



Berita Terkait:
Banjir Makin Parah, Warga Kecamatan Muara Kaman Mengungsi (21/05/2007)

Untuk Korban Banjir di 2 Kecamatan, Dinas Sosial Salurkan Bantuan Beras dari Dana APBN (21/05/2007)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Persiapan Perpindahan Ibu Kota Negara, Tim PPN/Bappenas Kunjungi Kukar
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com