KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Aa Gym Ungkap Kiat Menjaga Kedamaian dan Menjalin Kebersamaan

Aa Gym saat tampil didepan publik Tenggarong tadi malam
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 03/12/03 19:20 WITA
Kehadiran KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di kota Tenggarong tampaknya tak disia-siakan oleh ribuan kaum muslimin di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini.

Setelah tumpah ruah di lapangan parkir Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Selasa (02/12) malam tadi, ribuan masyarakat kembali berbondong-bondong memadati Masjid Agung Sultan Sulaiman tadi pagi untuk mengikuti MQ (Manajemen Qolbu) Pagi, sebuah program RRI Pusat Jakarta yang disiarkan langsung ke seluruh tanah air.

Antusiasme masyarakat Kukar yang tinggi ini tak lepas dari popularitas Aa Gym sebagai da'i muda yang selalu mengisi tayangan-tayangan di televisi dan program-program radio, atau pula menghiasi kolom-kolom pada ratusan media cetak nasional maupun internet. Kemampuannya dalam memberikan siraman rohani yang menyejukkan kalbu ataupun perenungan serta doa-doanya yang mampu membuat jutaan umat berderai air mata, membuat kehadirannya selalu dinanti dan dielu-elukan jutaan umat Islam di tanah air, tak terkecuali di Kota Raja Tenggarong.

Pada Tablig Akbar dalam rangka Halal Bi Halal Pemkab Kukar dengan Masyarakat yang digelar tadi malam, puluhan ribu umat muslim Tenggarong tumpah ruah untuk menyaksikan secara langsung dan mendengarkan Aa Gym menguraikan petuah-petuahnya mengenai kiat menjaga perdamaian dan menjalin kebersamaan melalui 4 jurus ditunjang dengan 5S.


Puluhan ribu umat Muslim kota Tenggarong menyaksikan siraman rohani dari Aa Gym dengan dukungan 4 buah layar raksasa
Photo: Agri

"Di kota ini saya lihat sangat indah namun akan lebih hebat kalau akhlak rakyatnya lebih indah dibandingkan alamnya. Saya tak menyangka di tengah hutan belantara ada jembatan seindah ini, namun tidak ada artinya jembatan menyambungkan dua tanah jika hati kita tidak tersambung," ujar Aa Gym sambil menunjuk Jembatan Kartanegara yang gemerlap dengan cahaya.

Dengan penyampaiannya yang khas dan penuh humor, Aa Gym menuturkan bahwa langkah pertama dalam menopang jalinan silturahmi adalah dengan bijaksana menyikapi perbedaan yang ada. "Semestinya kita terlebih dahulu mencari persamaan yang ada, baru selanjutnya menyikapi perbedaan," kata Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung ini.

Lebih lanjut, langkah kedua adalah agar kita jangan sibuk menonjolkan diri sendiri, mengingat justru yang banyak kelihatan itulah yang biasanya menimbulkan masalah. Kemudian masing-masing individu, baik dari kalangan manapun, agar tidak terbiasa merendahkan atau meremehkan keberadaan orang lain meskipun sulit untuk menghormati orang lain itu. Kemudian langkah keempat adalah tidak terlalu banyak menuntut dari orang lain.


Haddad Alwi saat melantunkan Al I'tiroof yang dilanjutkan dengan munajat oleh Aa Gym bersama Ketua DPRD Kukar, Gubernur Kaltim, Bupati dan Wabup Kukar
Photo: Agri

"Langkah silaturahmi juga harus dimulai dari diri sendiri, sehingga bisa dirasakan orang lain. Selanjutnya untuk mendukung terwujudnya jalinan silaturahmi yang baik, masing-masing individu supaya terbiasa menerapkan 5 'S' yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun," ujar Aa Gym.

Setelah memberikan siraman rohaninya, Aa Gym mengajak seluruh umat muslim kota Tenggarong untuk bermunajat kepada Tuhan dengan diiringi lantunan Al I'tiroof yang dibawakan Haddad Alwi. Turut tampil diatas pentas adalah Gubernur Kaltim H Suwarna AF, Bupati Kukar H Syaukani HR, Ketua DPRD H Bachtiar Effendi dan Wabup Samsuri Aspar. Acara Tablig Akbar kemudian berakhir usai pembacaan do'a oleh Aa Gym ini, ribuan hadirin yang sebagian juga berasal dari luar Tenggarong ini dengan tertib meninggalkan lapangan parkir Gedung PKM.


Bupati Kukar H Syaukani HR yang tampil bersama Aa Gym dalam MQ Pagi yang disiarkan langsung oleh RRI Programa Nasional Jakarta
Photo: Yanda

Berharap Kukar sebagai Kabupaten Ahli Syukur
Sementara pada acara MQ Pagi yang berlangsung di Masjid Agung Sultan Sulaiman tadi pagi, Aa Gym kembali tampil didepan ribuan umat Islam kota Tenggarong dengan didampingi Bupati Kukar H Syaukani HR.

MQ Pagi yang merupakan salah satu program RRI ini disiarkan secara langsung ke seluruh penjuru tanah air melalui RRI Pusat Jakarta Programa Nasional bekerjasama dengan RRI Samarinda. TV Kukar dan Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kukar pun turut menyiarkan acara ini secara langsung.

Dalam kesempatan tersebut, Aa Gym memberikan sedikit gambaran kepada para pendengar mengenai kemajuan yang telah dicapai Kabupaten Kutai Kartanegara yang dikunjunginya kali ini.

Dikatakan oleh Aa Gym, nama Kutai telah dikenalnya ketika masih duduk di bangku SD sebagai kerajaan tertua di Indonesia. "Kutai Kartanegara diberikan kelebihan dibanding kabupaten lain di Indonesia. Kelapangan Kukar ini merupakan suatu ujian dari Allah, untuk itu saya berharap agar Kabupaten ini menjadi Kabupaten ahli syukur, karena semua kelapangan ini merupakan titipan dari Allah," ujar Aa Gym.


Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Sultan Sulaiman untuk mengikuti MQ Pagi yang dilaksanakan selepas Sholat Subuh
Photo: Yanda

Sementara itu, Bupati Kukar H Syaukani HR mengatakan memang seyogyanya warga Kukar harus bersyukur karena daerah ini dilimpahi kekayaan alam seperti minyak bumi, gas alam, batubara, kayu serta lahan yang luas. Apalagi sejak berlakunya otonomi daerah secara efektif pada tahun 2001 dimana dengan adanya perimbangan keuangan, Kukar memperoleh tetesan yang dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan dalam kerangka Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku).

Acara MQ Pagi yang berlangsung selama satu jam sejak pukul 06.00 WITA tersebut diisi pula dengan dialog interaktif. Tercatat ada 6 penelepon dari Kaltim yang melakukan tanya-jawab langsung dengan Aa Gym.

Setelah program radio tersebut berakhir, suasana menjadi riuh ketika ribuan jamaah Masjid Agung Sultan Sulaiman menyerbu Aa Gym untuk sekedar bersalaman sebelum berpisah dengan Aa Gym yang hari ini melanjutkan perjalanan dakwahnya ke kota Samarinda dan provinsi Kalimantan Selatan. (win/nop/joe)


Aa Gym dan Bupati Kukar H Syaukani HR saat tampil pada MQ Pagi di Masjid Agung Sultan Sulaiman tadi pagi. Sebuah notebook yang menampilkan situs KutaiKartanegara.com pun dipersiapkan untuk kebutuhan informasi mengenai Kukar yang diperlukan Aa Gym.
Photo: Yanda


Aa Gym tampak sibuk melayani ribuan umat muslim kota Tenggarong yang ingin berjabatan tangan sebelum meninggalkan Masjid Agung Sultan Sulaiman
Photo: Yanda

Berita Sebelumnya:
Ribuan Umat Muslim Hadiri Tablig Akbar Bersama Aa Gym (03/12/03)

Tablig Akbar Bersama Aa Gym Malam Ini (02/12)


Aa Gym Akan Tablig Akbar di Tenggarong
(22/11/03) 

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.