KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tayangan Masakan Kerajaan Kutai Disiarkan Hingga Tiga Kali

KutaiKartanegara.com 17/06/03 21:30 WITA
Program TV "De Reistafel" yang pada bulan Desember 2002 lalu khusus menayangkan serial masak-memasak makanan khas kerajaan nusantara, termasuk dari Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura, ternyata meraih sukses besar di Belanda. Atas permintaan masyarakat Belanda, serial yang disiarkan Tros TV tersebut kini diputar untuk ketiga kalinya pada bulan Juni ini.

Lebih lanjut Kepala Pusat Dokumentasi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia (PUSAKA), Donald P Tick, melalui e-mailnya kepada KutaiKartanegara.com mengabarkan bahwa salah seorang anggota keluarga Kerajaan Belanda yakni Pangeran Bernhard telah mengirimkan surat resmi kepada Tros TV berisi pujian dan penghargaan atas ditayangkannya program tersebut.

Tak hanya itu, Pangeran Bernhard yang juga ayah dari Ratu Beatrix ini bahkan secara khusus telah memesan satu paket yang berisi seluruh episode De Koninklijke Reistafel (Masakan Khas Bangsawan) kepada Lonny Gerungan, si pembawa acara De Reistafel di Tros TV.

Setelah sukses tersebut, seperti dikatakan Donald Tick, Lonny Gerungan akan kembali membuat episode masak-memasak yang mengangkat makanan khas kerajaan nusantara. "Mungkin pada tahun 2004 nanti mereka akan kembali syuting di Indonesia, yakni bertepatan dengan pelaksanaan Festival Keraton Nusantara IV di Yogyakarta," kata Donald Tick yang pernah dua kali berkunjung ke kota Tenggarong ini.

Mengenai kerajaan yang akan tampil pada episode selanjutnya, Donald Tick mengatakan, dua diantaranya kemungkinan besar adalah Kesultanan Bima dan Kesultanan Ternate. Kedua kerajaan ini sebenarnya telah bersedia ikut ambil bagian dalam syuting De Reistafel tahun lalu, namun karena kendala waktu dan situasi keamanan maka kedua kerajaan tersebut tidak dapat berpartisipasi.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Kerajaan Kutai Kartanegara ing Martadipura terpilih mewakili pulau Kalimantan untuk syuting program masak-memasak De Reistafel. Selain Kutai Kartanegara, kerajaan-kerajaan lainnya yang terpilih adalah Kesultanan Yogyakarta, Kerajaan Gowa, Kerajaan Kupang dan Kerajaan Bali. Syuting di Tenggarong pada waktu itu dilaksanakan bertepatan dengan dilaksanakannya Erau 2002 dan Festival Keraton Nusantara III pada September silam. Tayangan Kerajaan Kutai Kartanegara kemudian disiarkan Tros TV pada tanggal 8 Desember 2002 sebagai episode pamungkas. (win)

Berita Sebelumnya:
> Luar Biasa, Tayangan Kutai Kartanegara di Belanda (09/12/02)
> Masakan Kerajaan Kutai Ditayangkan TV Belanda (08/12/02)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.