KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Masakan Kerajaan Kutai Ditayangkan TV Belanda
KutaiKartanegara.com 08/12/02

Tros TV, salah satu stasiun TV terkemuka di negeri Belanda akan menayangkan budaya masak-memasak keraton Kutai Kartanegara pada tanggal 8 Desember 2002 pukul 10.50 waktu setempat. Tayangan berdurasi 45 menit ini terangkum dalam program De Reistafel yang dibawakan oleh Marlon Gerungan.

Kerajaan Kutai Kartanegara sendiri merupakan satu diantara 5 kerajaan di Indonesia yang terpilih untuk menampilkan budaya masak-memasaknya selain Kerajaan Bali, Kesultanan Yogyakarta, Kerajaan Gowa (Sulsel) dan Kerajaan Kupang (NTT).

Marlon Gerungan, pembawa acara De Reistafel
Photo: www.lonnys.nl
Sebenarnya ada 7 kerajaan yang ingin ditampilkan, namun pada saat pelaksanaan syuting di Indonesia beberapa waktu

lalu, dua kerajaan batal tampil yakni Kesultanan Bima (NTB) dan Kesultanan Ternate (Maluku Utara) karena kendala waktu dan faktor keamanan di Maluku.

Terpilihnya Kerajaan Kutai bersama-sama kerajaan lainnya untuk mengisi program De Reistafel ini ditentukan atas rekomendasi dari Kepala PUSAKA (Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia), Donald P. Tick kepada Marlon Gerungan sejak awal tahun lalu.

Serial De Reistafel merupakan program masak-memasak di Tros TV  yang ditayangkan sejak tahun 1998. Program ini dibawakan oleh Marlon Gerungan, juru masak makanan Indonesia berdarah Manado yang sudah populer di negeri Belanda. Tayangan De Reistafel kali ini mengambil tema De Koninklijk Reistafel atau "Masakan Khas Bangsawan". Menurut Marlon Gerungan yang ditemui KutaiKartanegara.com pada saat penobatan Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara pada bulan September lalu, setiap episode De Koninklijk Reistafel akan menampilkan profil masing-masing kerajaan seperti latar belakang sejarah, istana dan keluarga kerajaan, budaya keraton dan tentunya masakan khas keraton itu sendiri.

Program masak-memasak bangsawan nusantara ini akan ditayangkan dalam 6 episode selama satu bulan lebih. Episode pertama mulai disiarkan pada tanggal 3 Nopember lalu dengan menampilkan masakan khas Kerajaan Bali, kemudian episode kedua dan ketiga diisi oleh Kesultanan Yogyakarta (10/11 dan 17/11), episode keempat Kerajaan Kupang (24/11), episode kelima Kerajaan Gowa (01/12), sementara Kerajaan Kutai Kartanegara akan tampil pada episode keenam atau terakhir pada tanggal 8 Desember 2002 waktu Belanda. Syuting di Tenggarong sendiri dilakukan pada saat berlangsungnya Erau dan Festival Keraton Nusantara III tepatnya pada tanggal 21-23 September yang lalu.

Menurut Lonny, sapaan akrab Marlon Gerungan, program De Reistafel di Tros TV tidak hanya dapat disaksikan oleh publik Belanda, namun juga dapat disaksikan oleh penduduk Belgia dan Jerman. Diharapkan dengan adanya penayangan program ini dapat membantu mempromosikan dunia pariwisata Indonesia secara umum di kawasan Eropa, serta daerah-daerah yang ditampilkan dalam program ini khususnya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.