Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semarak Lomba Bernuansa Islami di Muara Badak Ulu

Penampilan peserta Lomba Busana Muslim saat mengisi acara dengan membawakan sebuah tarian
Penampilan peserta Lomba Busana Muslim saat mengisi acara dengan membawakan sebuah tarian
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 11/10/2006 02:50 WITA
Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan sekaligus memperingati Nuzulul Qur’an atau turunnya ayat pertama kitab suci Al Qur'an, warga Desa Muara Badak Ulu selama 3 malam berturut-turut (7-9 Okt) menggelar berbagai lomba bernuansa Islami. Mulai dari lomba Karaoke Qasidah, Busana Muslim, kontes dai a la Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), Adzan, Kaligrafi Al Qur’an hingga lomba Bedug Sahur.

Sejumlah kegiatan tersebut digelar usai pelaksanaan sholat Tarawih yang dipusatkan di halaman Langgar Al- Falah, RT 5 Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak.

Para peserta lomba sendiri terbatas untuk kalangan anak-anak usia TK hingga SD. Akhirnya, banyak suguhan yang lucu dan menarik dari bocah-bocah tersebut yang mampu menghibur sekaligus membuat tersenyum bahkan tawa warga Muara Badak yang menyaksikan, contohnya Lomba Busana Muslim yang diikuti anak-anak TK.

Dari sekian jenis lomba yang digelar, nampaknya yang paling banyak mendapat sambutan hangat dari masyarakat yaitu lomba Pildacil. Meski pesertanya hanya 6 orang dan baru pertama kalinya digelar di kecamatan Muara Badak, namun kualitas peserta tak jauh beda dengan yang ada di TV.


Ketua Dewan Juri Burhanuddin SPd menyerahkan hadiah kepada para juara Lomba Busana Muslim TK
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Setelah dilakukan penilaian yang cukup ketat oleh dewan juri, predikat Juara I Pildacil jatuh kepada Ismail Hasan dengan total nilai 261. Kemudian gelar Juara II dan III masing-masing diraih oleh Fatima Hartina (260) dan M Riansyah (247).

Berkat penampilannya yang memukau, Ismail Hasan juga mendapat kesempatan untuk 'On Air' di Radio Mutiara’83 Muara Badak Selasa (10/10) sore untuk memberikan kultum menjelang buka puasa yang dipancarluaskan ke seluruh wilayah Muara Badak dan sekitarnya.

Kemudian untuk Lomba Busana Muslim TK kategori Putra, Juara I diraih M Fahreza, Juara II Dani Alkautsar dan Juara III atas nama Bayu. Sedangkan pada kategori Putri, Juara I diraih Fatma Paranita, Juara II Fia, dan Juara III Risma.

Sementara gelar Juara I Lomba Busana Muslim SD kategori Putra berhasil disabet Sahrul Ramadhan, disusul M Riansyah sebagai Juara II dan Riski Ismail sebagai Juara III. Sedangkan pada kategori Putri, Juara I hingga III masing-masing adalah Tina, Muna, dan Riska.


Para pemenang Lomba Pildacil. Dari kanan ke kiri: Ismail Hasan (Juara I), Fatima Hartina (Juara II) dan M Riansyah (Juara III)
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Hasil lainnya dari Lomba Adzan, gelar Juara kembali disabet Ismail Hasan, disusul M Adi Surya sebagai Juara II dan M Fuadi sebagai Juara III. Kemudian untuk Lomba Karaoke Qasidah, Juara I-nya adalah Lisa, kemudian Yuni sebagai Juara II dan Sintia sebagai Juara III. Sedangkan Lomba Bedug Sahur, gelar Juara I disabet Group Uka-uka dan Juara II diraih Arsodono.

Dikatakan Subhan Nasir selaku ketua panitia, kegiatan tersebut emmang sengaja digelar untuk membangkitkan semangat generasi muda yang Islami dan Qur’ani dalam menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik.

Subhan mengaku tidak menyangka dengan sambutan masyarakat yang begitu antusias terhadap kegiatan ini, apalagi persiapan lomba ini begitu mepet. "Insya Allah kegiatan serupa akan kita teruskan pada bulan Ramadhan yang akan datang," ujarnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada para donatur baik dari warga sekitar maupun VICO Indonesia yang membantu mendatangkan penceramah, serta membantu pendanaan untuk pembelian hadiah dan uang pembinaan bagi para pemenang," demikian kata Subhan Nasir.

Puncak peringatan Nuzulul Qur’an di Muara Badak Ulu ditandai dengan penyampaian ceramah agama oleh Ustadz H Nashirul Haq Lc MAg dari Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan yang didatangkan oleh Badan Dakwah Islamiyah VICO Indonesia.

Dalam ceramahnya, Ustadz H Nashirul Haq mengajak kaum Muslim agar sejak dini mengajarkan putra-putrinya membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an sebagai wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada umat manusia untuk dijadikan sebagai pedoman hidup. (bas)


Para pemenang Lomba Busana Muslim tingkat SD kategori Putri usai menerima hadiah
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com