Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Jelang Porprov III 2006, Kukar Terus Benahi Arena Pertandingan

Stadion Rondong Demang, Tenggarong, yang juga akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Porprov III 2006
Stadion Rondong Demang, Tenggarong, yang juga akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Porprov III 2006
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 09/10/2006 16:03 WITA
Bulan depan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur III 2006. Berbagai persiapan telah dilakukan pihak panitia demi suksesnya event olahraga bergengsi tingkat provinsi tersebut, termasuk membenahi venue-venue atau tempat pertandingan yang ada di ibu kota Kukar, Tenggarong, serta kecamatan-kecamatan lainnya.

Porprov III 2006 yang akan dibuka pada 25 November ini bakal mempertandingkan 43 cabang olahraga (cabor). Namun demikian, tidak semua cabor dipertandingkan di Kukar. Tercatat ada 10 cabor yang akan digelar di luar Kukar seperti kota Bontang, Balikpapan dan Samarinda.

Ke 10 cabor tersebut yakni atletik, sepatu roda, hoki, basket dan bolavoli in-door yang semuanya akan dipertandingkan di Samarinda. Kemudian boling dan squas akan dimainkan di Balikpapan.Sementara olahraga berlayar dan selam laut akan digelar di Bontang.

Menurut Ketua KONI Kukar H Samsuri Aspar, tidak dipertandingkannya ke 10 cabor tersebut di Kukar dikarenakan masih belum layaknya beberapa fasilitas yang ada serta belum adanya fasilitas untuk mempertandingkan beberapa cabor tertentu.


Kolam Renang Puteri Junjung Buyah di kota Tenggarong kembali digunakan sebagai salah satu arena Porprov setelah sebelumnya juga dipergunakan pada ajang yang sama ketika Balikpapan mejadi tuan rumah pada tahun 2002
Photo: Agri

Sementara untuk mempertandingkan 33 cabor, hampir semua gedung dan lapangan di Tenggarong yang dinilai memenuhi persyaratan dijadikan sebagai tempat pertandingan. Mulai dari kawasan Stadion Rondong Demang, Kolam Renang Puteri Junjung Buyah dan arena Panjat Tebing samping Jembatan Kartanegara yang notabene memang merupakan fasilitas olahraga terbaik di Tenggarong.

Bangunan lain yang digunakan di antaranya adalah Gedung Wanita untuk cabor angkat besi, angkat berat dan binaraga. Kemudian Hotel Singgasana untuk bridge, Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang untuk cabor dansa, tenis meja dan karate, bahkan Pendopo Wakil Bupati Kukar pun turut dipergunakan, yakni untuk pertandingan catur.

Sedangkan lapangan atau pun tanah lapang yang juga akan digunakan adalah lapangan sepakbola Kompi B Awang Long di Loa Janan dan lapangan sepakbola di Kelurahan Jahab untuk penyisihan cabor sepakbola. Kemudian lapangan Bulbak Desa Manunggal Jaya di Tenggarong Seberang untuk olahraga berkuda.

"Tepian Mahakam di depan Bank BPD Tenggarong juga akan kita 'sulap' menjadi lapangan bolavoli outdoor," ujar Samsuri Aspar yang juga Wakil Bupati Kukar ini.

Kemudian jalan raya kota Tenggarong juga tak ketinggalan sebagai salah satu arena pertandingan Porprov, yakni jalur dua Jalan Pesut untuk olahraga bermotor serta beberapa jalan protokol untuk pertandingan olahraga bersepeda.

Dikatakan Samsuri Aspar, semua gedung dan lapangan yang akan dipergunakan sebagai tempat pertandingan tersebut hingga saat ini masih terus dibenahi. "Sehingga ketika hari-H pelaksanaannya, semuanya sudah siap pakai," ujarnya penuh optimis.

Menyinggung fasilitas pemondokan bagi ribuan atlet peserta Porprov, Ketua KONI Kukar ini menyatakan bahwa para atlet bersama ofisial maupun pelatihnya akan ditempatkan di rumah-rumah penduduk dengan sistem homestay.

Biaya fasilitas homestay ini menurut Samsuri ditanggung sepenuhnya oleh pihak panitia. Berbagai kebutuhan kontingen pun dijamin pihak panitia, seperti kendaraan operasional maupun makanan yang sesuai standar kesehatan dan gizi.

Kendati demikian, Samsuri Aspar tidak melarang jika ada kontingen yang menolak sistem homestay dan lebih memilih hotel atau penginapan sebagai tempat pemondokan selama di Tenggarong. "Kalau memang ada kontingen memilih di hotel, ya silakan saja. Tapi bayar sendiri, karena kami hanya menjamin peserta secara home stay," tegas Samsuri Aspar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com