Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Halal Bi Halal SMPN 1 Muara Badak Jelang Ramadhan

Para siswa SMPN 1 Muara Badak bermaaf-maafan dengan para guru
Para siswa SMPN 1 Muara Badak bermaaf-maafan dengan para guru
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/09/2006 23:46 WITA
Kegiatan Halal bi Halal pada umumnya digelar usai lebaran Idul Fitri. Namun lain halnya dengan SMP Negeri 1 Muara Badak. Kegiatan tersebut justru diadakan menjelang bulan Ramadhan.

Seperti yang tampak pada suasana di sekolah yang berlokasi di Jl H Mahmud Desa Muara badak Ilir Jum’at (22/9). Halal bi Halal ditandai dengan acara prosesi saling bersalaman antara dewan guru dan para siswa.

Satu per satu siswa berbaris rapih secara bergantian sungkem kepada para guru yang berdiri di teras kantor sekolah. Usai salaman siswa kembali masuk kedalam kelas masing-masing untuk menyantap hidangan yang sudah dipersiapkan sendiri oleh siswa dari rumah.

Hidangan diatur sedemikian rupa, tak pelak kelas seolah berubah menjadi rumah makan. Tiap–tiap kelas membentuk kelompok untuk membuat menu apa yang akan dibawa ke sekolah.

Ada kelompok yang khusus masak nasi, kelompok lain masak sayur dan ada yang menyediakan lauk-pauknya. Kelompok lain bawa piring dan sendok. Usai ditata tim juri yang terdiri dari dewan guru mengadakan penilaian dengan kriteria nilai gizi, kelezatan lauk, tata letak hidangan, keindahan, kesesuaian menu kebersihan kekompakan sampai kepada kesesuaian anggaran dengan hidangan.


Kepala SMPN 1 Muara Badak Saharuddin SPd (tengah) saat menyantap hidangan olahran para siswa di ruang kelas
Photo: Bastian

Hasilnya, Juara I diraih oleh kelas 9E dengan nilai 1039, kemudian Juara II diraih kelas 9A dengan nilai 1036, dan Juara III diraih kelas 8E dengan nilai 1031.

Diktakan Kepala SMPN 1 Muara Badak Saharuddin SPd, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyongsong bulan Ramadhan agar kita bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik.

"Guru dan siswa saling bermaaf-maafan karena dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari pasti ada kekeliruan dan kesalahan. Karena lumrah dalam hablum minannaas (hubungan dengan sesama manusia-red)," ujarnya.

Sedangkan untuk kegiatan makan-makan tersebut, lanjutnya, merupakan sebagai rasa syukur kepada Allah atas keberhasilan SMPN 1 Muara Badak meraih prestasi sebagai sekolah sehat se Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kukar beberapa waktu yang lalu.

"Kami bangga SMPN 1 Muara Badak bisa mewakili Kukar ke tingkat provinsi dalam lomba sekolah sehat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan serta doa dewan guru dan para siswa sekolah ini," tutur Saharuddin.

Selain itu, tambahnya, adalah untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan kekompakan siswa serta kebersamaan antara siswa dan guru agar bisa tetap terjalin dengan harmonis.

Dikatakan pria yang akrab disapa Sahar ini, para pemenang lomba memasak dan penyajiannya diberikan hadiah berupa piagam. "Sedang hasil masakannya kita santap bersama-sama dengan siswa. Ya seperti di lingkungan keluarga lah," imbuhnya usai menyantap ikan bakar dan sambal olahan murid-muridnya.

Sahar menambahkan bahwa pada bulan Ramadhan nanti, SMPN 1 Muara Badak akan menggelar Pesantren Kilat mulai tanggal 27 hingga 30 September. Menurut Sahar, kegiatan tersebut sudah merupakan program tahunan dari sekolahnya.

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan para siswa khususnya yang beragama Islam. Kemudian pada tanggal 1 sampai 2 Oktober dilanjutkan dengan Lomba Adzan, Hafalan surah pendek, seni baca Al Qur'an," demikian jelasnya. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Perempat Final Liga 2 2019: Naga Mekes Tersungkur di Laga Perdana Grup A
Anggap Babak 8 Besar Bagai Final, Mitra Kukar Targetkan Kemenangan di Setiap Laga
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com