Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kukar Salurkan Pinjaman KUKP Perdana

Wabup Samsuri Aspar didampingi Wakil Ketua DPRD HM Yusuf AS (kiri) menyaksikan penandatanganan MOU oleh para penerima KUKP
Wabup Samsuri Aspar didampingi Wakil Ketua DPRD HM Yusuf AS (kiri) menyaksikan penandatanganan MOU oleh para penerima KUKP
Photo: Humas kukar/Evin

KutaiKartanegara.com - 17/09/2006 11:56 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk pertama kalinya menyalurkan Kredit Usaha Kecil Pedesaan (KUKP) yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM kepada 3 warga desa dari 3 wilayah, Kamis (14/09) lalu, di Kecamatan Kota Bangun.

Penyerahan KUKP perdana masing-masing senilai Rp 5 juta kepada 3 warga tersebut adalah dari Desa Kota Bangun Ilir (Kecamatan Kota Bangun) mewakili wilayah Kukar Hulu, kemudian dari Desa Bangun Rejo (Kecamatan Tenggarong Seberang) untuk wilayah Tengah dan dari Kecamatan Sanga-Sanga mewakili wilayah Kukar Pantai.

Sebelum penyerahan KUKP dilakukan didahului penandatangan naskah kesepakatan bersama (MoU) antara Kelompok Kerja Kabupaten Kukar yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindakop) Kukar Drs H Rusli Rachim MM dengan Ketua Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kota Bangun Ulu Sunarto Spd.

Kemudian dilanjutkan penandatangan MoU antara Sunarto Spd dengan 5 orang wakil dari Usaha Kecil Pedesaan (UKP) yang disaksikan Wabup Samsuri Aspar dan Wakil Ketua DPRD Kukar Ir HM Yusuf AS, Camat Kota Bangun serta kepala dinasi/instansi terkait lainnya.


Wabup H Samsuri Aspar secara simbolis menyerahkan KUKP senilai Rp 5 juta kepada 3 warga desa dari 3 wilayah
Photo: Humas kukar/Evin

Menurut Kepala Disperindakop Kukar, penyerahan KUKP di Kecamatan Kota Bangun ini menandai dimulainya penyaluran KUKP di seluruh Desa di Kukar. "Dimana untuk tahun 2006 akan dilakukan secara bertahap di seluruh desa di Kukar," katanya.

Ditambahkannya, KUKP ini nantinya akan disalurkan ke 226 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ada di 18 Kecamatan se-Kukar. Sedang untuk membentuk LPD, menurutnya berdasarkan keputusan Kepala Desa/Lurah yang kemudian diketahui Camat.

Setelah prosedur ini dilalui LPD kemudian didaftarkan sebagai Lembaga Kuangan Mikro (LKM) pada Disperindakop Kukar. "LPD selain menerima juga akan meneliti dan menyeleksi pemohon kredit. Apakah seseorang layak atau tidak mendapat KUKP, semua tergantung dari penilaian LPD," jelasnya.

Sementara Wabup Samsuri Aspar mengatakan, diadakannya KUKP bertujuan untuk memperkuat Usaha Kecil Pedesaan (UKP) dalam mengembangkan potensi ekonomi di Desa agar pertumbuhan ekonomi desa berdasarkan perekonomian kerakyatan dapat tepat sasaran.

Dikatakannya, KUKP penting untuk lebih memberdayakan potensi-potensi ekonomi di pedesaan sehingga ekonomi desa dapat berkembang dengan cepat dan mandiri. Diharapkan agar bantuan dalam bentuk kredit dimamfaatkan sebaik-baiknya. "Jangan digunakan untuk konsumtif atau untuk kepentingan lain diluar permohonan awal," katanya.

Program KUKP 2006 bagi peminjam perorangan diberikan maksimal Rp 5 juta, sedangkan peminjam dari usaha kelompok maksimal Rp 10 juta dan untuk badan usaha seperti Koperasi diberikan pinjaman maksimal sebesar Rp 30 juta. Sedangkan keberadaan LPD di Kukar hingga saat ini sudah berdiri sebanyak 162 unit. Dengan demikian masih ada 62 buah unit LPD yang belum terbentuk. (ale)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com