Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

YPMB Berikan Penyuluhan Lingkungan
Olah Sampah Rumah Tangga Jadi Kompos

Ketua YPMB Syafrudin ketika memberikan penyuluhan lingkungan kepada ibu-ibu di desa Muara Badak Ulu tadi siang
Ketua YPMB Syafrudin ketika memberikan penyuluhan lingkungan kepada ibu-ibu di desa Muara Badak Ulu tadi siang
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 05/09/2006 22:29 WITA
Upaya menciptakan Muara Badak Bersinar (Bersih, Indah, Aman dan Rapih) kian getol didengungkan oleh Yayasan Peduli Muara Badak (YPMB). Berbekal ilmu yang diperoleh dari mengikuti pelatihan mengenai pengelolaan sampah di Jakarta atas biaya dari BPMIGAS-VICO Indonesia, Syafrudin selaku Ketua YPMB berusaha menularkan ilmunya kepada warga Muara Badak dengan menggelar Penyuluhan Lingkungan untuk Memberdayakan Sampah Rumah Tangga Menjadi Lebih Berguna.

Penyuluhan yang digelar tadi siang berlangsung mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WITA di halaman sebuah TK di Dusun Batubatu, Desa Muara Badak Ulu, dan diikuti sedikitnya 60 anggota PKK dan 10 orang anggota kelompok tani. Hadir pula dalam kegiatan ini diantaranya adalah Kepala Desa Muara Badak Ulu, Ketua PKK dan DKR Pramuka Muara Badak dan Eko Sudiro mewakili manajemen VICO Indonesia selaku sponsor kegiatan ini.

Menurut Syafrudin, penyuluhan di Dusun Batubatu ini merupakan untuk yang ke 4 kalinya, setelah yang pertama digelar di RT 24 Desa Badak Baru pada 25 Mei, disusul kemudian di Gedung BPU Muara Badak ulu pada bulan Juli dan RT 30 Desa Badak Baru pada akhir Juli.


Syafrudin mempraktekkan cara mengolah kompos dari sampah rumah tangga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

"Setiap kali mengadakan penyuluhan dibentuk kelompok yang beranggotakan antara 7 sampai 8 orang, hal ini untuk memudahkan koordinasi. Rencananya juga tahun 2007 mendatang akan diadakan lomba membuat kompos cair dan padat serta lomba lingkungan asri yang pesertanya adalah kelompok yang sudah mengikuti penyuluhan ini," jelas pria yang akrab disapa Udin ini.

Dikatakannya, sasaran utama penyuluhan ini adalah ibu-ibu anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang diberi pelatihan mengenai cara membuat kompos cair dan kompos padat. Menurut Udin, upaya ini paling tidak untuk mengajak kaum ibu bagaimana agar bisa mengurangi volume sampah rumah tangga, mengingat YPMB sejak bulan Februari 2006 lalu telah mentasbihkan diri sebagai organisasi yang menggeluti persampahan.

Tercatat setiap 3 kali dalam seminggu atau setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at, anggota YPMB mengangkut sampah warga Muara Badak dengan mengunakan armada Truk Sampah bantuan BPMIGAS-VICO Indonesia ke TPA di Samberah 1 yang berjarak sekitar 15 km dari ibu kota kecamatan Muara Badak.

Dihadapan peserta penyuluhan, Udin secara panjang lebar menjelaskan sekaligus mempraktekkan cara mengolah sampah menjadi kompos cair maupun padat. Disamping berguna untuk menghijaukan dan menyuburkan tanaman di sekitar rumah, kompos cair juga bernilai ekonomis. Sementara kompos padat cukup berkhasiat untuk menggemburkan tanah serta menyehatkan bagian tanaman dibawah tanah.


Anggota DPRD Kukar H Fathur Rachman menyambut baik prakarsa YPMB dalam melakukan penyuluhan pengelolaan sampah rumah tangga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Hal itu sudah dibuktikan dengan pengakuan anggota kelompok Mahkota Dewa, Ny Suyanti (40), warga Gang Sidorejo RT 24 Desa Badak Baru, yang telah mengikuti penyuluhan bulan Mei lalu. Menurut Ny Suyanti, sejak menggunakan pupuk kompos cair, pertumbuhan tanaman bunga kelompoknya ternyata lebih cepat dan kelihatan lebih segar. "Sangat jauh berbeda dengan pupuk yang kami gunakan sebelumnya," ujar ibu yang kini rajin membuat kompos cair di rumahnya tersebut.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Kukar H Fathur Rachman yang sengaja datang dari Tenggarong untuk menyaksikan penyuluhan tersebut menyatakan sangat menghargai dan mendukung upaya yang dilakukan YPMB untuk menciptakan Muara Badak 'Bersinar'.

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dari YPMB dalam mendukung program Gerbang Dayaku, kita berharap agar bisa terus dibudayakan. Yang utama memang dari unsur insannya dulu harus menyadari bahwa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. "Karena tanggung jawab masalah sampah bukan hanya urusan YPMB tapi tanggungjawab kita bersama," ujarnya.

Fatur juga menyampaikan terima kasih kepada BPMIGAS-VICO Indonesia atas sumbangsihnya terhadap masyarakat Muara Badak khususnya dalam memberikan bantuan truk sampah yang selama ini dipergunakan oleh YPMB. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com