Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Aceh Singkil dan Yahukimo Kunjungi Kukar

Ketua DPRD Aceh Singkil Kalidin Monte menyerahkan cenderamata kepada Asisten III Pemkab Kukar Ruznie Oms disaksikan Ketua BK DPRD Kukar I Made Sarwa (tengah)
Ketua DPRD Aceh Singkil Kalidin Monte menyerahkan cenderamata kepada Asisten III Pemkab Kukar Ruznie Oms disaksikan Ketua BK DPRD Kukar I Made Sarwa (tengah)
Photo: Ian

KutaiKartanegara.com - 23/08/2006 17:56 WITA
Rombongan Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Aceh Singkil (Provinsi Nangroe Aceh Darussalam) dan Kabupaten Yahukimo (Provinsi Papua) tadi pagi melakukan kunjungan kerja ke ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.

Kunjungan rombongan DPRD kedua kabupaten ini diterima Asisten III Pemkab Kukar Drs AR Ruznie Oms SH MHum di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Hadir pula dalam acara ini Ketua Badan Kehormatan DPRD Kukar I Made Sarwa, serta beberapa kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.

Menurut pimpinan rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Aceh Singkil, Kalidin Monte, maksud kedatangan rombongannya adalah ingin mengetahui potensi apa saja di Kukar yang menjadi andalan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daearah (PAD).

Ditambahkan Kalidin Monte yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Aceh Singkil ini, wilayahnya sebelum dimekarkan tergabung dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

"Potensi yang diandalkan Aceh Singkil dalam penerimaan PAD adalah pada sektor usaha perikanan laut. Dimana Aceh Singkil memiliki 99 pulau yang tersebar namun potensinya belum tergarap dengan baik," katanya.


Ketua rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Yahukimo Danton Gibon SPd dan Aceh Singkil Kalidin Monte bersama Asisten III Pemkab Kukar Ruznie Oms (kanan)
Photo: Ian

Oleh sebab itu, lanjut Kalidin, pihaknya ingin belajar ke Kukar bagaimana mengelola potensi yang ada untuk dapat menghasilkan PAD yang lebih besar lagi.

Sementara ketua rombongan tim Komisi B DPRD Yahukimo Danton Gibon SPd mengatakan, tujuan mereka ke Kukar adalah untuk melakukan studi banding tentang sistem penataan sumber daya aparatur pemerintahan.

Menurutnya, penataan sistem aparatur pemerintahan di wilayahnya masih sangat sederhana dan terbatas sehingga perlu dibenahi.

Danton Gibon yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Yahukimo ini mengakui, sistem penataan sumber daya aparatur di Kukar sudah sangat baik. "Karena penerapan penataan sistem aparatur pemerintahan yang diterapkan Pemkab Kukar gaungnya sudah sampai ke Yahukimo," ujarnya.

Menanggapi para tamunya, Asisten III AR Ruznie Oms mengatakan, Pemkab Kukar telah berusaha menciptakan suatu sistem pemerintah yang baik berlandaskan pada program Gerbang Dayaku Tahap (GD) II.

Ada tiga penekanan dalam program GD II yaitu Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Pengembangan pertanian dan agrikultural serta pengembangan kepariwisataan.

Dikatakan, untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya di kalangan aparatur pemerintahan diarahkan untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih yang dilandasi penegakan supremasi hukum.

"Artinya aparatur termasuk anggota legislatif dituntut untuk melaksanakan tugasnya sesuai koridor yang telah ditentukan," katanya.

Untuk mengawal pelaksanaan jalannya pemerintahan yang baik dan bersih ini Pemkab Kukar juga telah membentuk Task Force bidang Aparatur dan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pencegah Korupsi (LPK) dan Lembaga Surveyor Indonesia (LSI).

Menyinggung tentang upaya peningkatan PAD, menurut Ruznie Oms lebih difokuskan pada sektor kepariwisataan. Sektor ini di Kukar sangat prospektif yaitu dengan mengandalkan keindahan panorama alam seperti sungai Mahakam dengan 3 danau besarnya.

Kemudian seni budaya Kesultanan Kutai, dan obyek wisata pulau Kumala Tenggarong. "Serta beberapa objek wisata lainnya seperti Planetarium dan Museum Mulawarman," demikian katanya. (ian)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com