Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Simposium Sehari Tentang Malpraktek Digelar

Suasana simposium yang berlangsung di gedung Puteri Karang Melenu Tenggarong Seberang
Suasana simposium yang berlangsung di gedung Puteri Karang Melenu Tenggarong Seberang
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 22/08/2006 13:02 WITA
Simposium Sehari tentang Malpraktek (Kelalaian Pelayanan) Kesehatan digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Pemkab Kukar, Minggu (20/08) kemarin, di gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Simposium Sehari yang dibuka resmi oleh Staf Ahli Menteri Kesehatan (Menkes) RI Bidang Medicalego dr Faik Baqen SH ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM, Ketua IDI Pusat Prof dr Farid Anfasa Moeloek SpOG, Ketua IDI Kalimantan Timur dr Emil Muread SpP, Kepala Dinas Kesehatan dr H Abdurrahman, dan para pejabat Muspikab Kukar lainnua.

Tampil sebagai pembicara dalam simposium ini adalah Dr dr Purwadianto SpF SH yang juga Ketua PDFI, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia Prof Dr dr Farid A Moeloek SpOG, Gubernur PTIK Prof Dr Farouk Muhammad serta praktisi hukum A Patra M Zen SH LLM.

Dikatakan Ketua Panitia Simposium dr Bambang Surip SpA, simposium sehari tentang Malpraktek, ini merupakan kegiatan kali pertama yang dilakukan kepengurusan IDI Kukar periode 2006-2009, yang bisa dikatakan berskala nasional. "Adapun kegiatan Simposium sehari ini berjudul Upaya Mengantisipasi Tuntutan Malpraktek," katanya.

Adapun para peserta simposium berasal dari perwakilan profesi Dokter, Dokter Gigi, Praktisi Hukum, kepolisian dan tokoh masyarakat se-Kalimantan Timur.

Sementara Wabup Samsuri Aspar dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Kukar menyambut positif digelarnya Simposium Sehari ini sebagai upaya mengantisipasi malpraktek di Kukar.

Diharapkan kedepannya nanti, lahir sebuah rekomendasi yang tepat demi menyelesaikan Malpraktek. "Dan juga demi mewujudkan hak-hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik," tegasnya.

Wakil Bupati Samsuri berpesan atas nama Pemkab Kukar, supaya IDI Kukar dengan profesionalismenya dapat mendukung Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Kutai Kartanegara (Gerbang Dayaku) Tahap II.

Sementara itu, Faik Baqen mngatakan kasus Malpraktek yang terjadi terhadap pasien sama saja dengan melanggar Hak Azazi Manusia (HAM). Menurutnya, malpraktek di bidang kesehatan dan biasanya terjadi karena ketidaksamaan persepsi tentang malpraktek dan juga tidak mentaati aturan aturan yang telah dibuat.

"Departemen Kesehatan RI, sudah membuat aturan yang mampu mencegah malpraktek, seperti Izin Operational Kedokteran, Standar Pengobatan Nasional maupun Internasional, dan juga standar kelayakan pelayanan sebuah RS," katanya.

Ditambahkannya, malpraktek biasa terjadi jika dilakukan oleh oknum yang tidak mau mematuhi aturan yang sudah berlaku. Di era globalisasi, prisip-prinsip transparansi atau keterbukaan harus dilakukan, ketebukaan dalam arti, harus menceritakan secara jelas tentang pelayanan yang diberikan kepada pasien/konsumen. "Jangan sampai mereka tidak tahu pelayanan kesehatan apa saja yang berikan," ujarnya.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan informasikan konsumen secara lengkap dan komprehensif semaksimal mungkin. "Bila masih terjadi malpraktek maka ini diluar kemampuan manusia, sebagaimana juga sering terjadi di negara lain," tegasnya. (ian/nop)


Para Pembicara dari Kanan Ke kiri : Dr. dr. Purwadianto, Sp.F,SH (Ketua PDFI),Prof. Dr. Farouk Muhammad (Gub. PTIK),A. Patra M.Zen, SH.LLM (Praktisi Hukum) dan Prof. Dr. dr. Farid A Moeloek, Sp.OG(K) (Ketua Konsil Kedokteran Ind
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com