Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sultan AM Parikesit Diabadikan dalam Prangko

Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II bersama Bupati H Syaukani HR saat mengapit desain prangko pecahan Rp 1.500 bergambar Sultan AM Parikesit
Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II bersama Bupati H Syaukani HR saat mengapit desain prangko pecahan Rp 1.500 bergambar Sultan AM Parikesit
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 18/08/2006 14:19 WITA
Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-61 di Tenggarong, Kamis (17/08) kemarin, diwarnai pula dengan peluncuran prangko seri Sultan-Sultan Nusantara yang salah satunya adalah bergambar Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura ke-19, Adji Mohamad Parikesit.

Peluncuran prangko seri Sultan-Sultan Nusantara ini ditandai dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM dan Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohd Salehoeddin II serta para pejabat Muspikab Kukar lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan desain prangko ukuran besar bergambar Sultan Adji Mohd Parikesit kepada Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II oleh Deputi Operasional PT Pos Indonesia Wilayah Usaha IX Kalimantan, Ujang Sumantri. Dan khusus kepada Bupati Kukar H Syaukani HR, Ujang Sumantri menyerahkan booklet prangko bertajuk Bung Karno dan Arsitektur.


Ujang Sumantri dari PT Pos Indonesia (kanan) saat menyerahkan desain prangko ukuran besar bergambar Sultan AM Parikesit kepada Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II
Photo: Agri

Menurut Ujang Sumantri, prangko seri Sultan-Sultan Nusantara ini diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-61 tanggal 17 Agustus 2006.

Dikatakannya, prangko istimewa tersebut dicetak dengan nilai nominal Rp 1.500 dalam jumlah terbatas yakni 250.000 set. "Dalam setiap set prangko seri Sultan-Sultan Nusantara terdapat 4 desain berbeda yang menampilkan 4 orang sultan terkenal mewakili 4 pulau di Indonesia," ujarnya.

Keempat sultan tersebut masing-masing adalah Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah dari Kesultanan Deli di pulau Sumatera, Sultan Agung dari Kesultanan Mataram mewakili pulau Jawa, Sultan AM Parikesit dari Kesultanan Kutai Kartanegara (Kalimantan), dan Sultan Hasanuddin dari Kesultanan Gowa (Sulawesi).


Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II dan Bupati H Syaukani HR ketika menandatangani Sampul Hari Pertama prangko seri Sultan-Sultan Nusantara
Photo: Agri

Selain diterbitkan dalam bentuk prangko, juga dilakukan penerbitan SHP seri Sultan-Sultan Nusantara oleh PT Pos Indonesia sebanyak 4.000 set dengan harga Rp 14.000 per set.

Sementara dikatakan Arsapati dari Kantor Pos Tenggarong, prangko-prangko seri Sultan-Sultan Nusantara ini sudah mulai dijual kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan jasa pengiriman surat melalui pos. "Untuk wilayah Kalimantan Timur, kebetulan baru Kantor Pos Tenggarong yang duluan memasarkan prangko seri Sultan-Sultan Nusantara ini," ujarnya.

Selain dibeli untuk pembayaran jasa kiriman pos, lanjut Arsapati, prangko-prangko ini juga sudah diburu para kolektor prangko. "Bahkan SHP Sultan-Sultan Nusantara sudah habis dibeli orang," demikian kata Arsapati kepada KutaiKartanegara.com tadi siang. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sabtu-Minggu Ada Uji Beban Dinamis, Jembatan Kartanegara Akan Ditutup Sementara Pada Jam Ini
Meriahnya Peluncuran Pilbup Kukar 2020
 
Bupati Kukar Lantik 107 Kades Hasil Pilkades Serentak 2019
Gerbong Mutasi Masih Bergerak, Bupati Edi Damansyah Lantik 98 Pejabat
 
Gebyar Pajak 2019: Bapenda Kukar Gelar Undian Bagi Para Wajib Pajak
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
 
Kejaksaan Negeri Kukar Masih Tangani Kasus Korupsi di 2 Desa Ini
Kasus Pencurian Minyak Mentah dari Pipa Pertamina, Polisi Tangkap 3 Pelaku
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com