Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

APBD Kukar 2006 Diusulkan Diubah Menjadi Rp 4,45 Triliun!

Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan Rancangan Perubahan AKU, Strategi dan Prioritas APBD Kukar 2006 kepada Ketua DPRD H Bachtiar Effendi
Wabup Kukar H Samsuri Aspar menyerahkan Rancangan Perubahan AKU, Strategi dan Prioritas APBD Kukar 2006 kepada Ketua DPRD H Bachtiar Effendi
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 27/07/2006 23:31 WITA
Kendati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terbilang sudah cukup besar nilainya yaitu Rp 3,954 trilyun lebih, namun dalam perjalanannya ternyata dinilai masih belum memadai dalam menyikapi pembangunan di Kukar yang dikemas dalam program Gerbang Dayaku II.

Untuk mencapai nilai anggaran yang ideal itu, Pemkab Kukar melalui Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM tadi pagi kembali mengajukan nota keuangan perubahan (APBD-P) kepada anggota dewan dengan nilai yang sangat fantastis yakni sebesar Rp 4,45 trilyun lebih.

Perubahan anggaran Pemkab Kukar 2006 ini disampaikan Kamis (27/07) pagi dalam Sidang Paripurna ke-9 DPRD Kukar dengan mata acara Penyampaian Rancangan Perubahan Arah Kebijakan Umum (AKU), Strategi dan Prioritas APBD 2006.

Anggaran perubahan yang disampaikan Pemkab Kukar di hadapan anggota DPRD itu tepatnya sebesar Rp 4.450.455.768.877,90 dari anggaran sebelumnya yakni Rp 3.954.181.283.262,50. Dengan demikian terjadi peningkatan sekitar Rp 496 milyar lebih.

Menurut Wabup Samsuri Aspar, penyusunan APBD-P ini merupakan manisfestasi pelaksanaan kewajiban pemerintah sesuai ketentuan pasal 181 (2) UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No 17/2003 tentang Keuangan Negara. "APBD-P ini mencerminkan kondisi obyektif dan aspirasi masyarakat yang kemudian melahirkan beberapa agenda prioritas pembangunan," ujarnya.

Dikatakannya, perencanaan yang tertuang dalam RAPBD-P difokuskan pada penajaman AKU APBD 2006 disamping menjadi instrumen penting dalam rangka mengajak maasyarakat mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

"Perubahan AKU APBD-P 2006 tetap memuat dan memantapkan konsepsi dasar pembangunan dalam program Gerbang Dayaku berikut sasaran yang ingin dicapai," katanya.

Disamping itu Pemkab Kukar di tahun 2006 menghadapi beberapa isu strategis antara lain belum optimalnya pengembangan investasi khususnya investasi lokal, kemudian keterbatasan dukungan infrastruktur dan belum optimalnya pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

"Berdasar isu tersebut maka AKU APBD-P Kukar 2006 difokuskan pada kegiatan yang memiliki dampak positif bagi masyarakat, penting dan mendesak serta realistis untuk dilaksanakan," demikian katanya.

Ada 13 bidang yang mengalami perubahan anggaran dari sebelumnya diantaranya bidang Kepariwisataan, pekerjaan umum, pendidikan dan kebudayaan serta kesehatan.

Hadir dalam Sidang Paripurna DPRD Kukar yang dipimpin H Bachtiar Effendi ini adalah para pejabat Muspida Kukar, kepala dinas/instansi dan sejumlah tokoh masyarakat dan organisasi lainnya.

Rapat yang berlangsung tertib ini ditandai dengan penyerahan Nota Keuangan dari Wabup H Samsuri Aspar kepada Ketua DPRD H Bachtiar Effendi untuk dibahas oleh komisi dan fraksi di DPRD Kukar. (joe)


Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar (kanan) saat menyampaikan rancangan perubahan APBD Kukar 2006
Photo: Humas DPRD Kukar/Dian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Terus Meningkat, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Sudah Tembus 292 Kasus
Penularan COVID-19 dari Klaster Kantor Pertanian Telah Merembet ke Keluarga Dekat
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com