Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gubernur Lemhanas dan Peserta SSDN Kunjungi Kukar

Bupati Kukar H Syaukani HR (kiri) bersama Gubernur Lemhanas RI Prof Muladi di acara ramah tamah dan jamuan makan malam di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Senin (17/07) malam
Bupati Kukar H Syaukani HR (kiri) bersama Gubernur Lemhanas RI Prof Muladi di acara ramah tamah dan jamuan makan malam di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Senin (17/07) malam
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 18/07/2006 18:33 WITA
Peserta Tim Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN) Kursus Reguler Angkatan ke-39 Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Kabupaten Kutai Kartanegara (kukar).

Kunjungan tim SSDN yang dipimpin langsung Gubernur Lemhanas Prof Dr Muladi SH ini diterima Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM tadi malam (17/07) dalam acara ramah tamah dan jamuan makan malam bertempat di Mulawarman Ballroom Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong.

Hadir dalam acara ini diantaranya adalah Wabup Drs H Samsuri Aspar MM dan Sekkab Drs HM Husni Thamrin MM, Ketua DPRD H Bachtiar Effendi, pejabat Muspida, para kepala dinas/instansi lainnya.

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM menyambut hangat kedatangan Gubernur Lemhanas beserta rombongan. "Semoga kunjungan ini membawa berkah terutama masukan-masukan peserta SSDN Lemhanas bagi kemajuan pembangunan dan pemerintahan di Kukar," katanya.

Dalam kesempatan itu Bupati Kukar juga menjelaskan sekilas mengenai perkembangan pembangunan Kabupaten Kukar kepada para tamunya. Menurutnya, kemajuan Kukar saat ini berkat digulirkannya desentralisasi pemerintahan daerah melalui Otonomi.

Dikatakannya, awal diberlakukannya otda melalui UU No 22/1999 memberikan optimisme daerah dalam banyak hal termasuk membangun daerah.

Namun setelah direvisi menjadi UU No 32/2004, Pemkab termasuk Pemkot merasa pesimis dalam membangun daerah. Karena UU 32/2004, kewenangan daerah sedikit demi sedikit semakin dikurangi sehingga mengarah kembali kepada sentralisasi pemerintahan dimana pusat lebih banyak berperan. "Tampak akhir-akhir ini kewenangan pusat terhadap daerah semakin menguat," katanya.

Hal ini terlihat dari intervensi pemerintah pusat semakin besar dan lebih menentukan. "Buktinya Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang pengurus dan anggotanya para Bupati sekarang berubah menjadi Badan Kerjasama Kabupaten Seluruh Indonesia (BKKSI) dimana Mendagri sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Menyinggung tentang pembangunan di Kukar Prof Syaukani yang juga mantan Ketua Apkasi itu menambahkan, pada saat ini Pemkab Kukar berkeinginan membangunan bandara. Tujuannya adalah agar mempermudah investor masuk ke daerah ini.

Namun pembangunan bandara ini terkendala oleh izin Menteri Perhubungan yang belum keluar. "Saya minta peserta SSDN Lemhanas mengkaji masalah izin ini, padahal pembangunan bandara ini dananya tidak menggunakan APBN dan APBD namun dari investor," jelasnya.

Sementara Gubernur Lemhanas Prof Muladi mengatakan, kunjungan peserta Lemhanas ke Kukar ini karena Kukar sangat menarik dan merupakan daerah termaju dan selalu menjadi sorotan di berbagai daerah di Indonesia.

Disamping itu, Kukar juga memiliki potensi daerah yang sangat besar dalam memberikan sumbangan kepada devisa negara.

Menyinggung desentralisasi pemerintahan melalui otda, menurut Muladi sangat tepat. Karena kelemahan sentarlisasi pemerintahan menghasilkan produk KKN di Indonesia. "Disamping itu, dengan otda rakyat semakin didekatkan dengan pengambil keputusan yang ada di daerah," ujarnya.

"Seharusnya tidak ada lagi Pemda menemui kesulitan dalam pembangunan seperti membangun bandara. Oleh karenanya saya sangat mendukung apabila bandara ada di Kukar," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com