Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Seminar dan Workshop Teknologi Informasi 2006 Digelar

Asisten I Pemkab Kukar HA Ridwan Syahranie didampingi Ketua KBMKKS M Suryadi memukul gong tanda dibukanya Seminar dan Workshop TI 2006
Asisten I Pemkab Kukar HA Ridwan Syahranie didampingi Ketua KBMKKS M Suryadi memukul gong tanda dibukanya Seminar dan Workshop TI 2006
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 15/07/2006 16:56 WITA
Guna memasyarakatkan pengetahuan tentang teknologi informasi kepada masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kalimantan Timur pada umumnya, Keluarga Besar Mahasiswa Kabupaten Kutai Kartanegara Samarinda (KBMKKS) selama sepekan menggelar Seminar dan Workshop Teknologi Informasi 2006.

Acara yang berlangsung di gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang ini dibuka secara resmi tadi pagi oleh Asisten I Pemkab Kukar H Adji Ridwan Syahranie BA yang ditandai dengan pemukulan gong.

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I HA Ridwan Syahranie menyatakan, pihaknya menyambut positif digelarnya kegiatan ini. Karena, lanjutnya, hal ini sejalan dengan salah satu prioritas program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku) yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Ditambahkan Bupati Kukar, SDM yang menguasai teknologi sangat diperlukan seiring dengan besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Kukar.


Onno W Purbo yang tampil pada sesi pertama saat berinteraksi dengan peserta Seminar Nasional TI
Photo: Yanda

"Dalam konteks Gerbang Dayaku, Pemkab Kukar memberikan prioritas utama dalam pengembangan SDM yang tidak hanya diarahkan pada pendidikan dan pelatihan semata," ujarnya.

Namun, lanjut Bupati Kukar, juga melalui pendidikan berbasis teknologi informasi yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat bawah dan menengah.

"Dengan demikian, pembangunan SDM merupakan jalan menuju kemajuan dan pencapaian kesejahteraan sosial dan ekonomi," demikian amanat Bupati Kukar seperti disampaikan Asisten I HA Ridwan Syahranie.

Setelah dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi yang dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama yang mengangkat tema Trend Penggunaan Sistem Operasi Open Source di Dunia Pendidikan dan Pemerintahan, tampil sebagai pembicara adalah praktisi TI dari Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, Ardiansyah ST, dan pakar jaringan Onno W Purbo.


Ketua Panitia Pelaksana Mukhtar Kusuma Atmaja (kiri) menyerahkan cenderamata kepada Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Zainal A Hasibuan dan Kadisdik Prov Kaltim Syafruddin Pernyata
Photo: Agri

Sementara pada sesi kedua, tampil sebagai pembicara adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Drs Syafruddin Pernyata MHum dengan materi bertajuk Strategi Pemberdayaan SDM Berbasis Teknologi Informasi dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Ir Zainal A Hasibuan PhD dengan materi Pengembangan SDM Berbasis e-Learning.

Sebenarnya ada 3 kepala daerah di Kaltim turut diundang untuk tampil sebagai pembicara, yakni Bupati Kukar H Syaukani HR, Bupati Kutai Timur H Awang Faroek Ishak dan Walikota Balikpapan H Imdaad Hamid. Namun ketiga-tiganya berhalangan hadir.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Mukhtar Kusuma Atmaja, ketiga kepala daerah tersebut tdak dapat hadir karena masih disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang tak dapat ditinggalkan. "Seperti pak Syaukani, beliau masih berada di Aceh mengikuti kegiatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," jelasnya.

Kegiatan seminar sehari ini diikuti ratusan peserta dari kalangan pemerintahan, pelajar, mahasiswa, pendidik, pengusaha hingga praktisi TI dari Kaltim maupun luar daerah. (win/nop)


Suasana kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi garapan KBMKKS yang berlangsung tadi siang di gedung PKM Tenggarong Seberang
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kecuali Akhir Pekan dan Hari Libur, Lampu Tematik Jembatan dan Taman Kota Raja Tetap Nyala Pada Hari Biasa
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com