Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mendiknas RI Beri Pengarahan ke Jajaran Pendidikan se-Kukar

Mendiknas RI Prof Dr Bambang Sudibyo MBA saat bersilaturahmi dengan para pendidik se-Kukar
Mendiknas RI Prof Dr Bambang Sudibyo MBA saat bersilaturahmi dengan para pendidik se-Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 13/07/2006 22:49 WITA
Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Republik Indonesia Prof Dr Bambang Sudibyo MBA tadi siang memberikan pengarahan kepada jajaran Dinas Pendidikan se-Kukar, mulai dari guru, kepala sekolah hingga staf Dinas Pendidikan.

Pengarahan dari Mendiknas Bambang Sudibyo yang berlangsung di gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang ini juga dihadiri Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM, Ketua DPRD H Bachtiar Effendi BcHK, Anggota Komisi X DPR RI Munawar Saleh, pimpinan dan anggota Task Force Gerbang Dayaku bidang pengembangan SDM, mantan Mendiknas Prof Dr Wardiman Djoyonegoro, pejabat Muspikab Kukar, serta para kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Kukar sangat menyadari pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk ikut serta dalam pembangunan di era otonomi daerah yang sudah berjalan di kabupaten ini.

Untuk itu pemerintah mempunyai komitmen yang serius meningkatkan SDM melalui program Gerbang Dayaku II dengan pengembangan infrastuktur pendidikan yang sudah dijalani secara bertahap diharapkan kukar akan lebih maju dari daerah lain.


Mendiknas Bambang Sudibyo ketika memberikan pengarahannya
Photo: Agri

Ditambahkan Syaukani, Kukar tidak bisa lagi mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang semakin lama akan habis dikonsumsi, tiba saatnya membangun SDM yang handal sebagai pengganti SDA yang tidak bisa diperbaharui.

Sementara Mendiknas Bambang Sudibyo dalam pengarahannya mengatakan, permasalahan pendidikan sebenarnya dipilah menjadi tiga hal saja. Yang pertama adalah bagaimana memperluas dan meratakan akses pendidikan, karena hal ini menyangkut keadilan sosial di bidang pendidikan.

"Akses di bidang pendidikan adalah hak setiap warga negara yang telah djamin dalam UUD 1945, bahkan merupakan hak asasi manusia (HAM) yang telah dimuat dalam UU HAM tahun 1999," katanya.

Yang kedua, lanjut Mendiknas, bagaimana agar pendidikan kita menjadi pendidikan yang bermutu, relevan dengan kebutuhan masyarakat seerta memiliki daya saing pada tingkat daerah, regional hingga global.


Bupati Kukar H Syaukani HR (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Mendiknas Bambang Sudibyo
Photo: Agri

"Dan yang ketiga adalah bagaimana memperbaiki tata kelola pendidikan mulai tingkat satuan pendidikan di sekolah-sekolah, bagaimana pendidikan dikelola dengan penuh kejujuran dan penuh integritas pada tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional," kata Bambang Sudibyo.

Menurut Mendiknas RI, jika kita fokus pada 3 permasalahan tersebut untuk ditangani secara serius, maka pendidikan di Indonesia akan semakin maju dan berkualitas.

Diakui Bambang Sudibyo, dunia pendidikan bangsa Indonesia sangat jauh tertinggal jika dibandingkan negara barat bahkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. "Jadi ini butuh perhatian serius dan dicarikan solusi terbaik oleh masyarakat Indonesia," katanya.

Khusus kepada Kukar, Mendiknas RI memuji langkah Pemkab Kukar dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan. Namun Mendiknas juga meminta Kukar untuk mengejar ketertinggalan di bidang akses pendidikan. "Akses ini harus diperhatikan dengan serius," tegas Mendiknas.

Kegiatan pengarahan dari Mendiknas RI diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Bupati Kukar H Syaukani HR kepada Bambang Sudibyo. Usai acara, Mendiknas RI meninggalkan kota Tenggarong untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Samarinda. (win/ian)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com