Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pos Pengaduan Kasus Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup Diluncurkan

Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah (kanan) saat menerima bantuan secara simbolis dari Asisten Deputi Sengketa Lingkungan Hidup Ny Inar Ichsanah Ikhsan
Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah (kanan) saat menerima bantuan secara simbolis dari Asisten Deputi Sengketa Lingkungan Hidup Ny Inar Ichsanah Ikhsan
Photo: Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 04/07/2006 23:06 WITA
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) ke depan akan lebih responsif terhadap laporan kerusakan alam maupun pencemaran lingkungan hidup akibat kegiatan yang dilakukan tanpa menghiraukan kelestarian alam.

Komitmen Pemkab Kukar dalam menjaga lingkungan alam tersebut semakin mantap setelah Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kukar tadi siang meluncurkan Pos Pengaduan Kasus Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup (PPKPLH) di Tenggarong.

Peluncuran PPKPLH Kukar dihadiri tidak kurang dari seratus undangan, mulai dari pejabat dari dinas/instansi terkait, aparat hukum serta pengusaha tambang dan industri yang beroperasi di Kukar.

Menurut Ketua Pelaksana Ir Syahrumsyah, dibentuknya PPKPLH Kukar atas kerjasama Bapedalda Kukar dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta. Tujuannya untuk menyalurkan aduan masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh organisasi, usaha swasta mapun perorangan.

"Jadi PPKPLH merupakan pos terdepan bagi masyarakat atau pihak lainnya mengadukan adanya dugaan pencemaran atau perusakan lingkungan hidup," katanya.

Mengapa ada tempat pengaduan kasus pencemaran atau kerusakan lingkungan? Menurut Syahrumsyah, karena pada prinsipnya setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan yang baik dan sehat sesuai pasal 5 UU No 23/1977 tentang Lingkungan Hidup.

Menyinggung syarat untuk menyampaikan pengaduan ke PPKPLH, menurutnya ada 6 hal yang diantaranya adalah harus ada identitas pelapor, alat bukti serta menunjukkan lokasi yang rusak dan tercemar.

Sementara Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah MM mengatakan, dengan meningkatnya pembangunan dan jumlah penduduk, tentu mengandung resiko dan potensi terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Dengan adanya PPKPLH segenap stakeholder untuk bersinergi dan terus meningkatkan kepeduliannya terhadap upaya peningkatan kualitas LH. "Karena paradigma pembangunan di Kukar telah bergeser dari pemanfaatan sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui kepada sumberdaya yang dapat diperbaharui," katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, tidak ada pilihan lain bagi Pemkab Kukar kecuali memfungsikan PPKPLH secara maksimal dan konsisten. "Sehingga diharapkan ke depannya nanti di semua sudut wilayah Kukar benar-benar menjadi sehat, lestari dan layak huni bagi semua makhluk," tegasnya.

Acara peluncuran PPKPLH tadi siang juga ditandai dengan penyerahan bantuan sarana PPKPLH senilai Rp 30 juta dari KLH Jakarta yang diserahkan Asisten Deputi Pengaduan Sengketa Lingkungan Hidup KLH Ny Inar Ichsanah Ikhsan SH LLM kepada Bahteramsyah.

Bantuan tersebut terdiri dari kamera video, komputer serta alat pengambil dan pengaman sampel pencemaran. Acara peluncuran PPKPLH Kukar diakhiri dengan diskusi panel tentang aspek hukum serta pengelolaan pengaduan dan penyelesaian kasus lingkungan hidup. (ale)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
Positif Terjangkit COVID-19, 4 Pekerja Yang Hendak Kembali Bekerja di Loa Kulu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com