Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pos Pengaduan Kasus Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup Diluncurkan

Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah (kanan) saat menerima bantuan secara simbolis dari Asisten Deputi Sengketa Lingkungan Hidup Ny Inar Ichsanah Ikhsan
Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah (kanan) saat menerima bantuan secara simbolis dari Asisten Deputi Sengketa Lingkungan Hidup Ny Inar Ichsanah Ikhsan
Photo: Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 04/07/2006 23:06 WITA
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) ke depan akan lebih responsif terhadap laporan kerusakan alam maupun pencemaran lingkungan hidup akibat kegiatan yang dilakukan tanpa menghiraukan kelestarian alam.

Komitmen Pemkab Kukar dalam menjaga lingkungan alam tersebut semakin mantap setelah Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kukar tadi siang meluncurkan Pos Pengaduan Kasus Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup (PPKPLH) di Tenggarong.

Peluncuran PPKPLH Kukar dihadiri tidak kurang dari seratus undangan, mulai dari pejabat dari dinas/instansi terkait, aparat hukum serta pengusaha tambang dan industri yang beroperasi di Kukar.

Menurut Ketua Pelaksana Ir Syahrumsyah, dibentuknya PPKPLH Kukar atas kerjasama Bapedalda Kukar dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta. Tujuannya untuk menyalurkan aduan masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh organisasi, usaha swasta mapun perorangan.

"Jadi PPKPLH merupakan pos terdepan bagi masyarakat atau pihak lainnya mengadukan adanya dugaan pencemaran atau perusakan lingkungan hidup," katanya.

Mengapa ada tempat pengaduan kasus pencemaran atau kerusakan lingkungan? Menurut Syahrumsyah, karena pada prinsipnya setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan yang baik dan sehat sesuai pasal 5 UU No 23/1977 tentang Lingkungan Hidup.

Menyinggung syarat untuk menyampaikan pengaduan ke PPKPLH, menurutnya ada 6 hal yang diantaranya adalah harus ada identitas pelapor, alat bukti serta menunjukkan lokasi yang rusak dan tercemar.

Sementara Kepala Bapedalda Kukar Ir Bahteramsyah MM mengatakan, dengan meningkatnya pembangunan dan jumlah penduduk, tentu mengandung resiko dan potensi terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Dengan adanya PPKPLH segenap stakeholder untuk bersinergi dan terus meningkatkan kepeduliannya terhadap upaya peningkatan kualitas LH. "Karena paradigma pembangunan di Kukar telah bergeser dari pemanfaatan sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui kepada sumberdaya yang dapat diperbaharui," katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, tidak ada pilihan lain bagi Pemkab Kukar kecuali memfungsikan PPKPLH secara maksimal dan konsisten. "Sehingga diharapkan ke depannya nanti di semua sudut wilayah Kukar benar-benar menjadi sehat, lestari dan layak huni bagi semua makhluk," tegasnya.

Acara peluncuran PPKPLH tadi siang juga ditandai dengan penyerahan bantuan sarana PPKPLH senilai Rp 30 juta dari KLH Jakarta yang diserahkan Asisten Deputi Pengaduan Sengketa Lingkungan Hidup KLH Ny Inar Ichsanah Ikhsan SH LLM kepada Bahteramsyah.

Bantuan tersebut terdiri dari kamera video, komputer serta alat pengambil dan pengaman sampel pencemaran. Acara peluncuran PPKPLH Kukar diakhiri dengan diskusi panel tentang aspek hukum serta pengelolaan pengaduan dan penyelesaian kasus lingkungan hidup. (ale)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Saat Subuh Hanguskan Fasilitas Umum di Desa Sebulu Ulu
Persiapan Perpindahan Ibu Kota Negara, Tim PPN/Bappenas Kunjungi Kukar
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com