Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gubernur Kaltim: Ciptakan Situasi Kondusif, PNS Harus Netral!

KutaiKartanegara.com - 02/03/2005 21:09 WITA
Banyak hal yang disampaikan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Suwarna Abdul Fatah saat melantik Penjabat Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs Hadi Sutanto di Samarinda, Rabu (02/03) siang. Setidaknya ada 12 pesan dari Gubernur Suwarna yang diamanatkan kepada Hadi Sutanto untuk dijadikan landasan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Pertama, Gubernur berpesan agar Hadi Susanto dapat menghilangkan orientasi birokrasi administrasi yang didominasi dan sangat dipengaruhi oleh pemegang otoritas atau pimpinan. Karena menurut Gubernur, hal ini dapat mengakibatkan segala fasilitas dan kepentingan sering terakumulasi hanya untuk tingkat golongan atau kelompok tertentu saja.

"Kedua, utamakan menyusun perencanaan yang berorientasi kepada kepentingan dan kebutuhan masyarakat banyak, terutama yang tidak berdaya, sehingga tidak muncul sinisme pada birokrasi yang disebut sebagai kapitalisme birokratik," kata Gubernur Kaltim.


Gubernur Kaltim H Suwarna AF
Photo: Agri

Ketiga, Gubernur meminta Hadi Sutanto untuk menciptakan iklim dan suasana yang kondusif pada seluruh jajaran organisasi pemerintahannya, sehingga produktivitas organisasi dapat tercapai. "Tegakkan disiplin dalam segala hal, sehingga kehadiran Saudara bisa membawa perubahan yang cukup berarti bagi masyarakat Kutai Kartanegara," lanjut Suwarna.

Yang keempat, Gubernur berharap agar Pj Bupati Kukar yang baru mampu mendeteksi seluruh aspirasi dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak guna perbaikan kinerja organisasi untuk merespon tuntutan dan tantangan masyarakat yang semakin kompleks dan beragam serta menghindari kebiasaan laporan dari bawahan yang bersifat ABS (Asal Bapak Senang).

"Kelima, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan lakukan koordinasi dengan KPUD, terutama dalam menyiapkan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung oleh rakyat yang dilaksanakan secara demokratis, berdasarkan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil melalui pemungutan suara," ujar Gubernur lagi.

Pada poin keenam, Gubernur juga meminta Hadi Sutanto untuk segera melakukan koordinasi dengan DPRD dalam hal pembentukan Panitia Pengawas Daerah yang meliputi unsur Polri, Kejaksaan, Perguruan Tinggi, unsur Pers dan tokoh masyarakat.

Ketujuh, Gubernur meminta Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto tidak cepat merasa puas dan mudah tersanjung terhadap keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai. Sementara yang kedelapan, Gubernur meminta Hadi Sutanto untuk tidak sungkan-sungkan bertanya maupun berdiskusi kepada berbagai pihak, tidak saja dalam kerangka usaha melibatkan keperansertaan masyarakat tetapi juga untuk menguji apakah yang telah dilaksanakan tersebut telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Kesembilan, lanjut Gubernur Suwarna, dirinya tidak pernah bosan untuk mengingatkan kepada Penjabat Bupati dan seluruh masyarakat Kukar bahwa keamanan menjadi faktor penentu keberhasilan program pembangunan. Karena itu, peliharalah terus tali silaturrahmi, persatuan dan kesatuan.

"Hilangkan sikap pertentangan dan permusuhan demi mewujudkan situasi yang kondusif, damai dan nyaman sehingga pelaksanaan Pilkada nanti mampu memilih pemimpin secara demokratis yang dapat membawa perubahan menuju masyarakat yang lebih maju, adil dan sejahtera," tandas Gubernur Suwarna.

Kesepuluh, Gubernur juga menitipkan pesannya kepada seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Kukar untuk bersikap netral dan tidak terkotak-kotak. "Karena tugas utama PNS adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang tugas masing-masing," tegas Gubernur Suwarna.

Pada poin kesebelas, Suwarna AF mengingatkan bahwa berdasarkan UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota. "Karena itu, tugas Saudara sebagai Penjabat Bupati Kukar juga akan senantiasa dievaluasi dari waktu ke waktu," kata Gubernur Suwarna AF.

Dan terakhir, Gubernur berpesan kepada Hadi Sutanto untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan niat yang tulus untuk mengemban amanat yang telah diberikan. "Karena tugas dan kewajiban yang Saudara emban harus dipertanggungjawabkan, bukan saja kepada pejabat yang berwenang mengangkat, tetapi secara moral harus Saudara pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa kelak di kemudian hari," demikian amanat Gubernur Kaltim. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com