Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aksi Bersih-Bersih di Muara Badak Libatkan Para Pemuda

Aksi bersih-bersih yang melibatkan para pemuda Muara Badak akan digelar tiap 2 minggu sekali
Aksi bersih-bersih yang melibatkan para pemuda Muara Badak akan digelar tiap 2 minggu sekali
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 23/04/2006 21:02 WITA
Banyaknya sampah yang menumpuk dan saluran parit yang kotor membuat beberapa kelompok pemuda Muara Badak menggelar aksi bersih-bersih sampah dan saluran parit di sepanjang Desa Gas Alam, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (23/04) pagi.

Kegiatan bersih-bersih yang dimotori oleh Yayasan Peduli Muara Badak (YPM) bersama Karang Taruna Karya Pelangi dan Radio Mutiara '83 ini didukung pula oleh DKR Pramuka Muara badak, Gudep Ahmad Yani dan Karang Taruna Desa Badak Baru.

Meski hujan lebat sempat mengguyur Muara Badak sejak Subuh hingga pukul 09.00 WITA, namun semangat para pemuda yang berjumlah sekitar 100 orang tetap tinggi.

Sampah yang menumpuk di samping rumah warga habis diangkut. Sementara saluran parit yang suyah mulai ditumbuhi rumput juga tak luput dari sasaran para pemuda.


Parit yang kotor tak luput dari sasaran aksi bersih-bersih tadi pagi
Photo: Bastian

Sampah dari dalam gang diangkut keluar kemudian dinaikkan ke atas truk sampah bantuan BPMIGAS-VICO Indonesia yang saat ini dikelola oleh Yayasan Peduli Muara Badak.

Tak puas dengan membersihkan parit dan sampah, anggota Karang Taruna Karya Pelangi Desa Gas Alam juga menggelar aksi layaknya 'Bedah Rumah'. Posyandu Kenanga di Badak Satu Ujung dipermak, mulai dari pengecatan dinding sampai atap. Bahkan Sekcam Muara Badak H Zainal Abidin juga sempat turun tangan melakukan pengecatan.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, para anggota Pramuka dan arang Taruna Karya Pelangi juga membagi-bagikan 3.000 bungkus bubuk abate bantuan VICO Indonesia melalui Puskesmas Muara Badak kepada warga di Desa Gas Alam secara gratis.

Tak hanya itu, pihak Karang Taruna Karya Pelangi juga memasang plang papan untuk mengingatkan warga agar menjaga kebersihan. Diantaranya bertuliskan "Bebaskan Muara Badak dari Sampah. Kalau Bukan Kita Siapa Lagi? Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi?".


Selain menggelar aksi kebersihan, anggota Pramuka dan Karang Taruna membagi-bagikan bubuk abate secara gratis kepada warga
Photo: Bastian

Menurut Ketua Karang Taruna Karya Pelangi Desa Gas Alam, Subhan Asykari, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan, juga dalam rangka peringatan Hari Bumi se dunia yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin.

"Kegiatan bersih-bersih ini rencananya akan digelar tiap 2 minggu sekali. Kami sudah sepakat dengan teman-teman dari berbagai kelompok di Muara Badak untuk menciptakan Muara Badak 'Bersinar' atau Bersih, Sehat, Indah, Aman dan Rapi," ujar Subhan.

"Minggu ini aksi bersih-bersih digelar di Gas Alam. Dua minggu mendatang di Desa Muara Badak Ulu, kemudian beralih ke desa yang lain," timpal Wakil Ketua YPM Syafrudin.

Kami mengucapkan terima kasih kepada VICO Indonesia atas bantuan, bimbingan dan kepedulian VICO Indonesia terhadap kebersihan lingkungan serta pembinaan terhadap generasi Muda di Muara Badak ini.

Berdasarkan pantauan di lapangan, meski kegiatan ini sudah disampaikan melalui Radio Mutiara '83 dan surat edaran kepada beberapa RT yang ada di Desa Gas Alam, sangat disayangkan ternyata banyak warga yang menjadikan kegiatan langka tersebut hanya sebagai tontonan gratis. Padahal yang dibersihkan adalah halaman rumah mereka. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Persiapan Perpindahan Ibu Kota Negara, Tim PPN/Bappenas Kunjungi Kukar
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com