Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sempekat Keroan Kutai Dideklarasikan

Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II (kiri) menarik <i>Ketikai Lepas</i> dengan Ketua Kerapatan Pore Sempekat Keroan Kutai H Awang Yacoub Luthman
Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II (kiri) menarik Ketikai Lepas dengan Ketua Kerapatan Pore Sempekat Keroan Kutai H Awang Yacoub Luthman
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 15/04/2006 23:31 WITA
Warga Kutai kini memiliki sebuah organisasi yang dinamakan Sempekat Keroan Kutai (SK2). Berdirinya organisasi ini ditandai dengan pembacaan deklarasi oleh inisiator SK2 serta kegiatan Sempekat Pore (Musyawarah Besar) selama sehari yang berlangsung tadi siang di Gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang.

Selain itu, acara diisi pula dengan pengukuhan Kerapatan Pore (Pengurus Besar) SK2 periode 2006-2010 yang ditandai dengan upacara pemberian Tepong Tawar oleh Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohd Salehoeddin II sebagai restu dalam menjalankan roda organisasi ini.

Dirut PDAM Tirta Mahakam Ir H Awang Yacoub Luthman MM dipercaya sebagai Ketua Kerapatan Pore SK2 yang dibantu oleh 8 Wakil Ketua yang membawahi bidang masing-masing seperti Edy Mulawarman (Sosial Politik), Erwinsyah (Peningkatan SDM), Aw Muhammad Rifani (Litbang dan Organisasi), Said Fathullah (Humas & Antar Lembaga), dan Hamsi (Pelestarian Seni Budaya).

Kemudian Tauhid (Pemberdayaan Ekonomi), Syahriansyah (Hukum & HAM), Anita Rusdiana (Pemberdayaan Perempuan), Fahmi (Pemuda & Olahraga), dan Jurniansyah (Pendanaan & Investasi). Sementara posisi Sekretaris dan Bendahara masing-masing dipercayakan kepada Sabran dan Aji Ari Junaidi.


Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR ketika memberikan sambutan yang disampaikannya dalam bahasa Kutai
Photo: Agri

Dikatakan Ketua Kerapatan Pore SK2 H Awang Yacoub Luthman, berdirinya organisasi masyarakat adat Kutai ini dimaksudkan untuk mempertahankan eksistensi budaya masyarakat adat Kutai sebagai bagian kekayaan budaya nasional.

"Selain itu juga untuk menghimpun dan mengembangkan segenap potensi masyarakat adat Kutai bagi peningkatan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Ditambahkannya, kepengurusan Sempekat Keroan Kutai terdiri dari 4 tingkatan yakni mulai Kerapatan Pore (Tingkat Nasional), Kerapatan Wilayah (Tingkat Provinsi), Kerapatan Daerah (Tingkat Kabupaten/Kota) dan Kerapatan Benua (Tingkat Kecamatan).

Guna merumuskan dan menyusun program kerja SK2, lanjut H Awang Yacoub, pihaknya mengundang seluruh elemen masyarakat adat Kutai di seluruh Kaltim untuk hadir dalam Sempekat Pore yang berlangsung selama 1 hari di gedung PKM Tenggarong Seberang tersebut.

Sementara Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Sempakat Pore Masyarakat Adat Kutai menyatakan, Pemkab Kukar menyambut positif deklarasi Sempekat Keroan Kutai.

"Apalagi telah dinyatakan dalam deklarasi bahwa warga Kutai berjanji untuk mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, hal ini berarti kita tidak akan membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan," ujarnya.

Karena menurut Syaukani, keberadaan suku, agama, ras dan golongan yang beraneka ragam sudah merupakan suratan takdir. "Orang Kutai harus hebat di daerahnya sendiri. Sama halnya seperti orang Jawa di daerah ini, silakan kembangkan kebudayaannya, begitu pula Dayak, Bugis, Madura dan lain sebagainya" tandas Syaukani.

Bupati Kukar menyatakan rasa syukurnya, karena semua suku yang ada di Kukar dapat hidup berdampingan dengan baik, tanpa adanya gesekan satu sama lain. "Dan ini harus selalu kita jaga dan pertahankan," demikian pesannya.

Acara Deklarasi dan Sempekat Pore Masyarakat Adat Kutai tadi siang dihadiri para pejabat Muspida Kukar, kepala dinas/instansi, serta ratusan masyakarat Kutai dari berbagai elemen yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kukar, serta Kabupaten/Kota di Kaltim. (win)


Suasanan pembacaan Deklarasi Sempekat Keroan Kutai yang dibawakan Fahmi selaku tim inisiator
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com