Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hadirkan 16 Finalis Dai TPI, Peringatan Maulid Nabi Berlangsung Semarak

Sebelum acara dimulai, 16 finalis Dai TPI tampil di atas pentas memberikan penghormatan kepada penontonSebelum acara dimulai, 16 finalis Dai TPI tampil di atas pentas memberikan penghormatan kepada penonton
Photo: Agri


Dai Umar (kanan) saat melantunkan tembang bersama rekan-rekannya finalis Dai TPI dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tenggarong Seberang
Dai Umar (kanan) saat melantunkan tembang bersama rekan-rekannya finalis Dai TPI dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tenggarong Seberang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 13/04/2006 18:05 WITA
Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1427 Hijriah di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berlangsung semarak, Rabu (12/04) malam. Ribuan warga tumpah ruah memadati lapangan parkir gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, untuk menyimak siraman rohani sekaligus hiburan bernuansa Islami.

Tak tanggung-tanggung, 16 mubaligh muda yang menjadi finalis Dai TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) didatangkan untuk memberikan tausiyahnya, seperti Dai Dhani, Dai Zacky, Dai Farid, Dai Dadang, Dai Mamang, Dai Liem, Dai Umar, Dai Paidi, Dai Wawan, Dai Ardhi, Dai Pais, Dai Asep, Dai Awan, Dai Tri, Dai Deden, serta Dai Tomo yang merupakan pemuda asli Kukar dari Desa Segihan, Kecamatan Sebulu.

"Sebenarnya kami mengundang seluruh finalis Dai TPI yang berjumlah 20 orang. Namun 4 Dai TPI lainnya tidak dapat datang karena sudah terikat kontrak untuk tampil mengisi acara di daerah lain," ujar Muhib Bin Ali yang juga Ketua Panitia Pelaksana acara ini.

Selain itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama 16 Dai TPI ini juga dimeriahkan dengan penampilan 3 artis KDI (Kontes Dangdut Indonesia) yang tampil menghibur seperti Armed Kartika Candra alias Armed KDI, Eka 'Bima' Kurniati atau Eka KDI, dan Eka Novia Ratri alias Novi KDI.


Bupati Kukar H Syaukani HR ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Agri

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutannya mengatakan, memperingati Maulid Nabi berarti mengingat kembali riwayat kehidupan Rasulullah SAW, merenungkan kembali sabda-sabdanya, serta memetik sari tauladan dari kehidupan beliau baik sebelum menjadi Rasulullah maupun sesudahnya.

Ditambahkannya, kita perlu menjadikan peringatan Maulid dan peringatan keagamaan lainnya sebagai wahana reflektif untuk pengayaan spiritual, peningkatan kecerdasan emosional dan untuk memperbaiki diri secara berkelanjutan.

"Dengan demikian peringatan Maulid Nabi dan sejenisnya tidak akan terjebak ke dalam acara seremonial yang terus berulang tanpa berimplikasi pada terjadinya perubahan fundamental bagi keberagamaan umat," ujarnya.

Usai sambutan dari Bupati Kukar, 16 Dai TPI tampil di atas pentas memberikan penghormatan kepada ribuan penonton dengan mengenakan busana Muslim khas daerah masing-masing.


Dai Tomo (kanan) bersama Dai Pais selaku pembawa acara mengapit Dai Dadang asal Garut usai menyampaikan tausiyahnya
Photo: Agri

Karena banyaknya Dai TPI yang hadir, pada dai muda ini secara bergiliran tampil secara perorangan maupun berkelompok untuk menyampaikan siraman rohani.

Namun tidak semua dai tampil untuk memberikan ceramah. Misalnya Dai Umar asal Madura yang bersuara merdu kebagian tampil untuk melantunkan lagu-lagu nasyid. Sementara Dai Pais asal Palembang dan Dai Tomo dari Kukar tampil sebagai pembawa acara yang akan disiarkan secara tunda oleh TPI pada hari Minggu (16/04) mendatang mulai pukul 15.00 WITA.

Duet Dai Tomo dengan Dai Pais sendiri cukup kompak dalam membawakan acara ini. Bahkan Dai Tomo terkadang berceloteh dalam bahasa Kutai yang membuat Dai Pais bingung dan protes kepada Tomo, sehingga membuat penonton tertawa menyaksikan ulah mereka.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1427 di Kukar selain dihadiri ribuan anggota masyarakat juga dihadiri para pejabat Muspida Kukar, kepala dinas/instansi, tokoh agama serta Ketua Badan Kehormatan DPR RI Slamet Effendy Yusuf. (win)


Penampilan 3 artis KDI masing-masing Novi KDI, Armed KDI dan Eka KDI yang turut memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama 16 Finalis Dai TPI
Photo: Agri




Dai Dhani (kiri) tampil bareng 3 rekannya saat menyampaikan siraman rohani kepada masyarakat Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com