Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Gedung PKM Disiapkan Jadi RS Lapangan

Bupati Kukar Edi Damansyah (kedua dari kiri) bersama Dandim 0906/Tgr dan Kapolres Kukar saat meninjau gedung PKM Tenggarong Seberang yang dipersiapkan menjadi RS LapanganBupati Kukar Edi Damansyah (kedua dari kiri) bersama Dandim 0906/Tgr dan Kapolres Kukar saat meninjau gedung PKM Tenggarong Seberang yang dipersiapkan menjadi RS Lapangan
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 27/07/2021 13:31 WITA
Untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 yang membutuhkan penanganan khusus, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mempersiapkan gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang sebagai Rumah Sakit Lapangan.


Langkah ini dilakukan lantaran fasilitas perawatan di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang sudah penuh untuk menampung pasien COVID-19 yang terus bertambah. Termasuk tenda darurat yang didirikan di pelataran parkir dekat IGD COVID-19 pun sudah dipenuhi pasien.


Persiapan gedung PKM sebagai RS Lapangan ini menjadi perhatian khusus Bupati Kukar Edi Damansyah. Usai memimpin Apel Gabungan Terpadu Satgas COVID-19, Senin (26/07) kemarin, Bupati Edi Damansyah melakukan peninjauan ke gedung pertemuan terbesar di Kukar itu.


Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling dan Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama mendengarkan penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti terkait langkah-langkah persiapan RS Lapangan di gedung PKM tersebut.


Menurut Martina Yulianti, RS Lapangan ini dipersiapkan untuk 50 pasien COVID-19 yang membutuhkan pertolongan pertama jika RSUD AM Parikesit dalam kondisi penuh.


"Kalau di RSUD AM Parikesit masih bisa menerima, tentu pasien akan langsung ditangani di rumah sakit. Namun kalau sudah tidak bisa, untuk sementara akan ditangani di RS Lapangan ini," ujarnya.


Untuk itu, lanjut wanita yang akrab disapa Dokter Yuli ini, pihaknya akan melengkapi sejumlah alat kesehatan yang sangat dibutuhkan seperti tabung oksigen, peralatan infus, obat-obatan standar untuk pasien COVID-19, termasuk petugas atau tenaga kesehatan.


"Kita akan rekrut dokter spesialis yang baru lulus untuk menangani pasien yang belum bisa masuk rumah sakit. Untuk petugas kesehatan lainnya dibutuhkan paling tidak sebanyak 20 orang. Karena tenaga perawat sudah habis, kita akan rekrut bidan-bidan yang ingin menjadi relawan tenaga kesehatan," ujarnya.


Pendirian RS Lapangan di gedung PKM ini, lanjut Dokter Yuli, sudah menjadi kebutuhan mendesak Pemkab Kukar. "Kita berkolaborasi dengan TNI dan Polri untuk menyiapkan RS Lapangan ini. Kita juga akan upayakan untuk meminta bantuan tenaga kesehatan dari TNI agar dapat menangani pasien di RS Lapangan ini nantinya," demikian ujar Dokter Yuli. (win)


Sebanyak 50 velbed atau tempat tidur lipat milik Kodim 0906/Tgr serta Polres Kukar telah disiapkan di gedung PKM Tenggarong Seberang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Eselon II Tempati Posisi Baru
Berjalan Khidmat, Bupati Edi Damansyah Pimpin Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76
 
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Mitra Kukar Tundukkan Persikota Tangerang di Laga Uji Coba
Latih Tanding di Jakarta, Mitra Kukar Nyaris Tumbangkan Klub Liga 1 Ini
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com