Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diresmikan Plh Bupati Kukar, Kelurahan Panji Dicanangkan Sebagai Kampung Tangguh Etam

Plh Bupati Kukar Sunggono didampingi Kapolres Kukar AKBP Irwan M Ginting saat meninjau fasilitas di Kampung Tangguh Etam Kelurahan PanjiPlh Bupati Kukar Sunggono didampingi Kapolres Kukar AKBP Irwan M Ginting saat meninjau fasilitas di Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji
Photo: Agri


Plh Bupati Kukar H Sunggono berdialog dengan petugas di rumah isolasi Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji
Plh Bupati Kukar H Sunggono berdialog dengan petugas di rumah isolasi Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 18/02/2021 22:23 WITA
Upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 membutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat, tak hanya di tingkat Desa/Kelurahan, namun juga di tingkat RT (Rukun Tetangga).


Sebagai tindak lanjut program Kampung Tangguh Nusantara yang diamanatkan Kapolri, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menginisiasi pembentukan Kampung Tangguh Etam di Kelurahan Panji, Tenggarong.


Program Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji dalam rangka penanggulangan wabah COVID-19 ini diresmikan Plh Bupati Kukar H Sunggono di Jalan Stadion Timur, RT 10 Kelurahan Panji, Tenggarong, Kamis (18/02) pagi.


Peresmian Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji ditandai pula dengan peninjauan sejumlah fasilitas yang disiapkan, seperti Sekretariat sekaligus pos pemeriksaan dan rumah isolasi/karantina bagi warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.


Menurut Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Polres Kukar membentuk Kampung Tangguh di 16 kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Kukar, minus Kecamatan Marang Kayu dan Muara Badak yang berada di wilayah hukum Polres Bontang.


"Dari 16 Kampung Tangguh tersebut, satu yang terbaik adalah Kampung Tangguh Desa Sumbersari, Kecamatan Loa Kulu, yang terpilih mewakili Kalimantan Timur untuk penilaian Kampung Tangguh tingkat Nasional," ujarnya.


Ditambahkan Irwan, melonjaknya kasus positif COVID-19 di Kukar menjadi perhatian Polres Kukar dan disikapi dengan pembentukan Kampung-Kampung Tangguh di desa/kelurahan, termasuk di Kelurahan Panji sebagai pilot project untuk wilayah Kecamatan Tenggarong.


"Kelurahan Panji termasuk salah satu kelurahan yang zona merah COVID-19. Mari kita bersama membuat Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji ini yang tadinya zona merah menjadi zona kuning, kemudian menjadi zona hijau. Dan tentunya ini akan menjadi contoh desa/kelurahan lain di Kukar," katanya.


Menurut Kapolres Kukar, dengan adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berskala mikro melalui pembentukan RT Sigap, kemudian Kampung Tangguh di tingkat desa/kelurahan, Kecamatan Kuat, diharapkan ke depan Kukar menjadi Kabupaten Hebat.


Sementara Plh Bupati Kukar H Sunggono memberikan apresiasi atas dibentuknya Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji. "Di Kampung Tangguh, peran babinsa, babinkamtibmas, kader PKK, dan Lurah sangat strategis untuk memastikan semua komponen dan sumber daya di kelurahan bisa teroptimalkan dengan satu tujuan menurunkan jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19," ujarnya.


Sunggono meminta kepada pihak desa/kelurahan tidak perlu berkecil hati ketika wilayahnya banyak yang terkonfirmasi positif Corona. "Itu membuktikan bahwa program kita dalam rangka menemukan warga yang terkena COVID-19 sudah efektif. Yang belum itu adalah bagaimana mengurangi, menekan dan menyembuhkan," ungkapnya.


Dengan dicanangkannya Kampung Tangguh Etam di Kelurahan Panji, Plh Bupati Kukar meminta kepada Lurah Panji Hj Nina Martini untuk dapat mewujudkan apa yang telah menjadi target dengan cara mengoptimalkan koordinasi kepada semua pihak agar wilayahnya dapat terlindungi. (win)


Peninjauan Sekretariat Kampung Tangguh Etam Kelurahan Panji yang juga pos pemeriksaan di Jalan StadionTimur
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah: Siap Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat, Meski Beda Haluan Saat Pilkada
Resmi! Edi Damansyah-Rendi Solihin Jabat Bupati-Wabup Kukar Periode 2021-2024
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com