Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA
8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19

Kedai Kopi Sultan di Jalan KH Akhmad Muksin, Tenggarong, menjadi salah satu tempat usaha yang menjadi percontohan penerapan prokes pencegahan COVID-19Kedai Kopi Sultan di Jalan KH Akhmad Muksin, Tenggarong, menjadi salah satu tempat usaha yang menjadi percontohan penerapan prokes pencegahan COVID-19
Photo: Agri


Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan piagam <i>Role Model</i> penerapan prokes pencegahan COVID-19 kepada salah seorang pengelola kafe di Tenggarong
Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan piagam Role Model penerapan prokes pencegahan COVID-19 kepada salah seorang pengelola kafe di Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/02/2021 11:55 WITA
Sebanyak 8 tempat usaha di Tenggarong telah mendapat rekomendasi dari Satuan Tugas COVID-19 Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai role model atau percontohan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


Dengan demikian, ke 8 tempat usaha tersebut diperbolehkan beroperasi hingga pukul 23.00 WITA sesuai Surat Edaran Bupati Kukar Nomor P-334/DINKES/065.11/01/2021 tertanggal 25 Januari 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19 Dalam Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.


Piagam penghargaan sebagai percontohan penerapan prokes pencegahan COVID-19 tersebut diserahkan Bupati Edi Damansyah pada kegiatan Apel Satgas COVID-19 Kukar di halaman SDN 026 Loa Kulu, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Selasa (16/02) malam.


Adapun ke 8 tempat usaha yang menyandang status role model itu adalah Karaoke Happy Puppy, Kedai Zevia, PS 1001 Cafe, Terrace Cafe, Warunk Pallet, Kedai Kopi Sultan, Cafe Pondek Three Al, dan Cafe Kopiral Benaong.


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Martina Yulianti, selaku Sekretaris Satgas COVID-19 Kukar, ada banyak indikator yang dinilai bagi tempat usaha sebelum ditetapkan sebagai percontohan.


"Mereka harus memenuhi protokol-protokol yang telah kita tetapkan. Termasuk sebelum menjadi role model, mereka harus mengajukan diri dan kita tes pengetahuannya tentang COVID-19 dan bagaimana melakukan pencegahan penularan," jelasnya.


Ditambahkan wanita yang akrab dsapa dr Yuli ini, tidak menutup kemungkinan jumlah tempat usaha yang jadi role model ini akan terus bertambah.


Meski telah menjadi percontohan, lanjut dr Yuli, tempat-tempat usaha tersebut tetap akan dipantau oleh tim Gakum Satgas COVID-19 Kukar. "Karena kalau diketahui melanggar prokes, status role model akan dicabut, dan mereka harus beroperasi sesuai jam yang telah ditetapkan sebelumnya," pungkasnya.


Sementara dikatakan Fedy, pemilik Kedai Kopi Sultan yang menjadi salah satu percontohan, tidak ada persiapan khusus untuk mendapatkan status percontohan dari Satgas COVID-19.


"Karena setelah ada adaptasi kebiasaan baru, kita hanya menata jarak antar meja dan menambahkan beberapa hal yang sesuai protokol kesehatan. Lalu kita ajukan permohonan ke Dinkes, hingga datang tim penilai," ujarnya.


Fedy mengaku perasaannya biasa saja dengan status role model yang telah disematkan untuk tempat usahanya. "Perasaannya ya biasa saja, karena kita masih berada di tengah pandemi. Kedai makin rame, kita makin takut. Tapi kalau kedai sepi, kita yang terancam gulung tikar," katanya sembari tersenyum. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah: Siap Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat, Meski Beda Haluan Saat Pilkada
Resmi! Edi Damansyah-Rendi Solihin Jabat Bupati-Wabup Kukar Periode 2021-2024
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com