Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting melambaikan tangan saat divaksin dan mengaku tidak merasakan apa-apaKapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting melambaikan tangan saat divaksin dan mengaku tidak merasakan apa-apa
Photo: Agri


Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti menjadi tokoh pertama di Kukar yang menerima vaksin COVID-19
Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti menjadi tokoh pertama di Kukar yang menerima vaksin COVID-19
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 14/01/2021 15:37 WITA
Vaksinasi COVID-19 untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (14/01) pagi, bertempat di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang.


Sebanyak 10 orang tokoh di Kukar mendapat kesempatan untuk memperoleh vaksinasi perdana tersebut. Mereka adalah Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti, perwakilan PPNI Kukar Ramsyah, Kajari Kukar Darmo Wijoyo, dan tokoh anak muda Akbar Haka sebagai influencer atau pemengaruh.


Kemudian Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kukar Wiyono, Wakil Ketua MUI Kukar Irianto, Pdt David Octavianus Subagio Hardjawinata, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, dan Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling.


Para peserta vaksinasi COVID-19 ini terlebih dahulu menjalani pemeriksaan tekanan darah dan screening berupa pertanyaan-pertanyaan terkait riwayat kesehatan.


Setelah melewati pemeriksaan, ternyata hanya ada 7 orang yang dinyatakan layak untuk mendapatkan vaksin Sinovac yang diimpor dari Negera Tirai Bambu itu.


Sedangkan 3 orang lainnya dinyatakan ditunda menerima vaksin karena ada yang kadar gula darahnya masih belum normal dan ada pula karena tekanan darahnya masih tinggi. Mereka yang ditunda untuk mendapatkan vaksin adalah Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, Kajari Kukar Darmo Wijoyo dan perwakilan PPNI Kukar, Ramsyah.


Tokoh muda Akbar Haka menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dinyatakan layak menerima vaksin
Photo: Agri


Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 perdana di Kukar berjalan lancar. Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti menjadi orang pertama di Kukar yang menerima suntikan vaksin Sinovac.


Setelah itu dilanjutkan Akbar Haka, Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono, Wakil Ketua MUI Kukar Irianto, Pdt David Octavianus Subagio Hardjawinata, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, dan Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling.


Usai menerima vaksin, para tokoh tersebut tidak diperkenankan langsung meninggalkan RSUD AM Parikesit. Mereka diminta untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi untuk dipantau kesehatannya.


Setelah dipantau tidak ada muncul gejala-gejala klinis, mereka diperkenankan untuk pulang dan diberi kartu vaksinasi dan surat keterangan dari RSUD AM Parikesit.


Menurut Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti, vaksinasi COVID-19 yang diberikan ini akan diberikan sebanyak 2 kali. "Vaksinasi kedua akan dilakukan 14 hari setelah menerima vaksin pertama," ujarnya.


Khusus 3 orang tokoh yang ditunda menerima vaksin tadi pagi, dr Martina Yulianti menyatakan tidak ada penggantinya. "Mereka akan divaksin kembali setelah kondisi kesehatannya normal. Seperti halnya bapak Bupati, karena kondisi kesehatan maka beliau belum memungkinkan untuk divaksin," jelasnya.


Sementara Wakil Bupati Kukar H Chairil Anwar yang turut memantau pelaksanaan vaksinasi mengatakan, Kabupaten Kutai Kartanegara mendapatkan jatah sebanyak 7.040 dosis vaksin dari Pemerintah Pusat. "kegiatan vaksinasi tahap pertama ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan," ungkapnya.


Chairil memastikan bahwa vaksin ini telah melalui uji laboratorium, dan BPOM telah mengeluarkan rekomendasi untuk digunakan. "MUI juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin ini halal," ujar Chairil.


Ditambahkan Wabup Kukar, vaksinasi ini merupakan ikhtiar untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. "Dan ikhitar lain, jangan karena vaksin ini sudah ada, kita lupakan 3M. Jadi 3M tetap kita pakai, yakni selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," pungkasnya. (win)


Usai menerima vaksin, beberapa tokoh diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk dipantau kesehatannya
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kukar Asia Wonders dan Program Kukar Kaya Festival Resmi Diluncurkan
Dampak Bom Makassar, Aparat di Kukar Siap Amankan Perayaan Jumat Agung dan Paskah
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Kukar Masih Stabil
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
 
Simpan Sabu 80,85 Gram, Residivis Narkoba Dibekuk Petugas Polres Kukar
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Sekian Lama Vakum, PSSI Kukar Kembali Putar Kompetisi Amatir Usai Lebaran
Diikuti 18 Kecamatan, Seleksi Pemain Kukar U-20 Digelar Mulai 27 Mei
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com