Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Curah Hujan Tinggi, Kukar Siap Siaga Hadapi Potensi Bencana

Bupati Kukar Edi Damansyah mendengarkan penjelasan Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling terkait kelengkapan yang akan digunakan personel TNI dalam menanggulangi bencanaBupati Kukar Edi Damansyah mendengarkan penjelasan Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling terkait kelengkapan yang akan digunakan personel TNI dalam menanggulangi bencana
Photo: Dok. Kodim 0906/Tenggarong


KutaiKartanegara.com - 05/01/2021 22:34 WITA
Tingginya curah hujan di wilayah Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) belakangan ini menimbulkan potensi bencana berupa banjir hingga tanah longsor.


Mengantisipasi terjadinya musibah yang bisa datang sewaktu-waktu, para pemangku kepentingan di Kukar mulai meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana yang digelar di halaman Markas Kodim 0906/Tgr, Tenggarong, Selasa (05/01) pagi.


Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana tersebut dipimpin langsung Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling dan Wakapolres Kukar Kompol Erick Budi Santoso.


Kegiatan apel ini diikuti para personel TNI dari Kodim 0906/Tgr, kemudian personel Polres Kukar, Satpol PP Kukar, BPBD Kukar, Dishub Kukar, Tagana, Dinas sosial dan Senkom Kukar.


Bupati Kukar Edi Damansyah dalam arahannya menyatakan, Kukar memiliki kondisi ekoregion yang rawan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan, banjir, erosi serta tanah longsor.


Dalam kurun waktu 2 tahun, yakni mulai 2018 sampai tahun 2020, di Kukar telah terjadi 671 kebakaran pemukiman, 224 kejadian kebakaran hutan, 201 kebakaran lahan, 52 kejadian banjir, dan 41 kejadian tanah longsor.


"Saya berharap organisasi masyarakat dan lembaga lainnya, lebih khususnya keluarga maupun individu, mampu melakukan siaga dalam situasi darurat bencana secara cepat, tepat, melalui edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan," pesannya.


Terpisah, Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling mengatakan bahwa kegiatan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana ini sesuai dengan perintah dari pimpinan atas untuk mem-backup serta membantu Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi saat ini.


"Berdasarkan informasi dari BMKG, curah hujan diperkirakan di awal tahun ini sangat tinggi bahkan sampai dengan 3 bulan ke depan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita sudah menyiapkan satu satuan setingkat pleton," ujarnya.


Ditambahkan Charles, satuan tersebut siap diterjunkan ke lapangan jika Pemerintah Daerah melalui BPBD meminta perbantuan dari TNI. "Ini merupakan komitmen kami untuk membantu Pemerintah Daerah. Sejauh ini kami sudah persiapkan, baik itu personil dan alat-alat perlengkapan untuk mendukung tanggap bencana sesuai dengan SOP ataupun prosedur yang sudah kita miliki," pungkasnya. (win)


Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling dan Wakapolres Kukar Kompol Erick Budi Santoso saat meninjau sarana dan prasarana dari sejumlah institusi yang akan dipergunakan dalam penanggulangan
Photo: Dok. Kodim 0906/Tenggarong

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kecuali Akhir Pekan dan Hari Libur, Lampu Tematik Jembatan dan Taman Kota Raja Tetap Nyala Pada Hari Biasa
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
 
Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Bupati Kukar Instruksikan Hanya 25% Pegawai Bekerja di Kantor dan 75% Bekerja Dari Rumah
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com