Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman

Suasana pelaksanaan Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Muara Kaman yang digelar di ruang pertemuan RM Tepian Pandan, Tenggarong, Selasa (29/12) siangSuasana pelaksanaan Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Muara Kaman yang digelar di ruang pertemuan RM Tepian Pandan, Tenggarong, Selasa (29/12) siang
Photo: Agri


Bupati Edi Damansyah (tengah) saat membuka Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
Bupati Edi Damansyah (tengah) saat membuka Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 29/12/2020 23:26 WITA
Pemerintah Kecamatan Muara Kaman mengambil langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas serta kinerja aparatur pemerintah desa di tahun 2021 mendatang.


Para kepala desa bersama unsur Badan Pemerintahan Desa (BPD) dari 20 desa se-Muara Kaman dikumpulkan di Tenggarong, Selasa (29/12) pagi hingga sore, untuk mengikuti Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pemerintahan Desa.


Kegiatan Rakor yang berlangsung selama sehari di ruang pertemuan RM Tepian Pandan ini dibuka langsung Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah.


Selain melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pemerintahan desa sepanjang tahun 2020, para aparatur desa ini diberikan pembekalan dari beberapa narasumber.


Di antaranya adalah Zainul Effendi Joesoef (Diskominfo Kukar) tentang keterbukaan informasi publik dan penanganan krisis komunikasi, kemudian Yusran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kukar dengan materi tentang peranan DPMPD sebagai OPD pengampu kinerja pemerintahan desa, Aji Yuli Midriani (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) tentang tata kelola kearsipan, dan Ali Mukhsan dari Tim Pendamping Desa Kabupaten Kukar.


Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya memberikan apresiasi atas dilaksanakannya rapat koordinasi dan evaluasi pemerintahan desa yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Muara Kaman.


"Hal seperti ini memang sangat penting dalam organisasi pemerintahan. Saya harap forum ini setelah selesai dapat dibuat rumusan-rumusan untuk dapat dipedomani oleh seluruh aparatur desa," imbuhnya.


Ditambahkan Edi Damansyah, di era keterbukaan informasi saat ini, sudah seharusnya Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintahan Desa membangun sistem berbasis IT. "Suka atau tidak suka, sudah seharusnya pemerintah desa membangun website untuk mempublikasikan kegiatannya," kata Edi Damansyah lagi.


Bupati Edi Damansyah pun menyatakan optimismenya jika penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kukar, Kecamatan hingga desa ke depan akan semakin membaik.


Bupati Kukar juga mengingatkan kepada aparatur pemerintahan desa untuk segera menyusun APBDes 2021. "Saya harap ada perubahan dari pemerintahan desa. Selama ini sering terlambat menyusun APBDes karena menunggu pagu dari Kabupaten. Saya sarankan, siapkan dulu dengan menggunakan pagu tahun anggaran 2020. Nanti kalau sudah keluar pagunya, tinggal menyesuaikan saja," demikian pesannya.


Sementara dikatakan Camat Muara Kaman, Surya Agus, kegiatan rakor ini merupakan agenda Pemerintah Kecamatan Muara Kaman dalam rangka mengevaluasi dan mensinkronkan regulasi kebijakan pemerintah yang telah diimplementasikan.


"Kami berharap sinkronisasi dan koordinasi bisa maksimal memberi penguatan agar pemerintahan desa bisa berjalan lancar sesuai harapan pemerintah," ujarnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kecuali Akhir Pekan dan Hari Libur, Lampu Tematik Jembatan dan Taman Kota Raja Tetap Nyala Pada Hari Biasa
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
 
Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Bupati Kukar Instruksikan Hanya 25% Pegawai Bekerja di Kantor dan 75% Bekerja Dari Rumah
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com