Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam

Hadir di tengah merebaknya pandemi COVID-19, kapal wisata Queen Orca Houseboat menjadi solusi bagi wisatawan lokal untuk berekreasi menggunakan kapal dengan fasilitas a la hotelHadir di tengah merebaknya pandemi COVID-19, kapal wisata Queen Orca Houseboat menjadi solusi bagi wisatawan lokal untuk berekreasi menggunakan kapal dengan fasilitas a la hotel
Photo: David Richard


KutaiKartanegara.com - 10/11/2020 08:33 WITA
Tren wisata di tahun 2020 hingga tahun depan dipastikan telah berubah seiring dengan masih merebaknya pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Masyarakat kini lebih memilih untuk mengunjungi spot-spot wisata lokal ketimbang bepergian ke luar daerah.


Hal inilah yang dirasakan manajemen Queen Orca Houseboat, sebuah kapal wisata dengan fasilitas layaknya sebuah hotel yang baru beroperasi pada bulan Agustus lalu di 'Kota Raja' Tenggarong.


Kehadiran kapal wisata yang berlabuh di dermaga depan Museum Mulawarman ini mendapat sambutan antusias warga Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya warga Tenggarong, yang ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan menyusuri sungai Mahakam.


Keunggulan kapal wisata Queen Orca Houseboat dari kapal-kapal wisata lainya adalah dari segi fasilitas. Kapal dengan panjang 29 meter dan lebar 5 meter ini dilengkapi 11 kamar yang nyaman dan sejuk.


"Kapal ini menyediakan 11 kabin untuk 22 penumpang. Semua kamar diberi pengkondisi udara atas AC yang nyala selama 24 jam nonstop untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang selama berada di kapal," ujar Dedi Nala Sudarya, General Manager Queen Orca Houseboat di hadapan awak media peserta Gathering Jurnalis garapan Diskominfo Kukar, Sabtu (07/11) lalu.


Dari 11 kamar yang disediakan, lanjutnya, sebanyak 10 kamar merupakan kamar tipe standar/eksekutif. Sedangkan 1 kamar lagi merupakan kamar Suite VIP yang dilengkapi kamar mandi atau toilet di dalamnya.


Selain itu, kapal ini juga dilengkapi fasilitas ruang makan sekaligus ruang pertemuan yang terletak di lantai atas. Di ruangan ini, air dingin maupun air panas untuk membuat kopi atau teh tersedia selama 24 jam.


Penumpang kapal pun tak perlu repot-repot membawa handuk atau perlengkapan mandi seperti sikat gigi, odol, sabun atau sampo. Pasalnya, manajemen Queen Orca Houseboat telah menyiapkan amenities atau perlengkapan yang biasa disediakan hotel, termasuk 2 pasang sandal jepit di tiap kamar.


Untuk keperluan mandi, terdapat 3 buah kamar mandi yang dilengkapi toilet duduk dan shower. Tak kalah dengan hotel berbintang, penumpang bisa memilih air hangat atau air dingin untuk membersihkan badan.


Kualitas air bersih untuk mandi di kapal ini pun tak perlu diragukan. Air yang berasal dari sungai Mahakam terlebih dahulu diproses melalui penyaringan, kemudian ditampung dalam 2 buah tandon yang masing-masing berkapasitas 1000 liter.


Untuk biaya yang dipatok bagi penyewa, Dedi menyebutkan kapal tersebut disewakan dengan tarif Rp 8,5 jam per hari atau maksimal selama 18 jam per harinya. "Untuk sewa kapal, minimal 2 hari 1 malam. Rutenya bebas, tergantung keinginan penumpang. Apakah ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kukar, atau ke Kutai Barat," ujarnya.


Ditambahkan Dedi, tarif tersebut belum termasuk biaya makanan. "Kalau dengan makanan, dikenakan tarif Rp 120 ribu per pax, meliputi sarapan, makan siang, dan makan malam. Jadi kami akan menanyakan ke penyewa, apakah akan memesan dengan paket makanan atau memasak sendiri. Beberapa penyewa dari kalangan keluarga biasanya memilih untuk masak sendiri di kapal. Jadi mereka bisa menggunakan fasilitas dapur kami untuk memasak," jelasnya lagi.


Di bagian dapur Queen Orca Houseboat, tersedia 2 unit kompor gas lengkap dengan peralatan memasak, kemudian 1 unit lemari es untuk menyimpan sayur-sayuran dan 1 unit freezer box untuk membekukan daging atau membuat es batu.


Meski membatasi penumpang maksimal sebanyak 22 orang, lanjut Dedi, kapal tersebut diizinkan untuk membawa maksimal sebanyak 40 penumpang. "Kita batasi 22 orang dikarenakan untuk menyesuaikan dengan kapasitas tempat tidur yang ada di setiap kabin. Namun jika ada rombongan keluarga besar yang bersedia jika sebagian anggota keluarganya tidak tidur di dalam kamar, kita bisa siapkan ruang makan untuk menjadi tempat beristirahat," ungkapnya.


Selain melayani wisatawan lokal untuk berwisata ke pedalaman Mahakam, Queen Orca Houseboat juga melayani organisasi ataupun institusi pemerintahan yang ingin melakukan rapat dengan suasana berbeda di atas kapal. "Kita siapkan paket meeting sebesar Rp 3,5 juta. Kapal akan bergerak menyusuri sungai di wilayah Tenggarong dengan durasi selama 4 jam," katanya.


Untuk pengembangan ke depan, Dedi menyatakan manajemen Queen Orca Houseboat berencana untuk mengembangkan trip untuk perorangan atau reguler.


"Kita juga berencana untuk menambah kapasitas tempat tidur, sehingga bisa menampung hingga 25-26 orang. Juga ada rencana kita untuk menambah sofa tempat berjemur pada anjungan bagian belakang," imbuhnya.


Berminat untuk berwisata dengan kapal Queen Orca Houseboat? Dedi pun mempersilakan warga untuk melakukan reservasi atau bertanya kepada dirinya melalui nomor 0812 5335 3401. (win)


Menikmati keindahan sungai Mahakam dengan kapal wisata Queen Orca bisa menjadi alternatif berwisata akhir pekan dengan harga yang terjangkau bagi keluarga besar
Photo: David Richard

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Penghargaan Bhumandala Award 2020, Kukar Raih Perunggu Kategori Kabupaten
Pemilihan Teruna Dara Kukar 2020 Digelar Pertengahan November, Ini Dia Para Finalisnya
 
KLIK ME Raih Penghargaan 45 Besar Inovasi Pelayanan Publik 2020
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Hasil Operasi Antik Mahakam 2020, Polres Kukar Musnahkan 189,23 Gram Sabu
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com