Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kembali Diperpanjang Hingga 28 Oktober, Pembatasan Sosial Pada Malam Hari di Kukar

Dibanding sebelumnya, ada perubahan batas waktu kegiatan usaha di malam hari yakni dari pukul 22.00 WITA menjadi 23.00 WITA  Dibanding sebelumnya, ada perubahan batas waktu kegiatan usaha di malam hari yakni dari pukul 22.00 WITA menjadi 23.00 WITA
Photo: Dok. Kodim 0906/Tenggarong


Plt Bupati Kukar Chairil Anwar kembali memperpanjang pembatasan sosial pada masa pandemi COVID-19 di Kukar
Plt Bupati Kukar Chairil Anwar kembali memperpanjang pembatasan sosial pada masa pandemi COVID-19 di Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 15/10/2020 23:09 WITA
Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) untuk kedua kalinya melakukan perpanjangan pembatasan aktivitas/sosial pada malam hari dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19 hingga 2 pekan ke depan.


Berdasarkan Surat Edaran Plt Bupati Kukar Nomor B-2554/DINKES/065.11/10/2020 tertanggal 14 Oktober, perpanjangan pembatasan sosial adaptasi kebiasaan baru tersebut berlaku mulai tanggal 15 Oktober 2020 hingga 28 Oktober 2020.


Meski diperpanjang hingga dua pekan ke depan, terdapat perubahan batas waktu di malam hari bagi pelaku usaha milik perorangan, swasta maupun yang menggunakan area publik milik Pemerintah di Kukar.


Untuk kegiatan pasar malam yang sebelumnya dibatasi hingga pukul 21.00 WITA, kini ditambah 30 menit menjadi 21.30 WITA.


Sementara jam operasional restoran/rumah makan, angkringan, cafe, Pedagang Kaki Lima (PKL), Tempat Hiburan Malam, tempat ketangkasan dan usaha sejenis mendapat tambahan waktu 1 jam dari sebelumnya, yakni menjadi pukul 23.00 WITA.


Ketentuan lainnya tetap berlaku dengan adanya perpanjangan ini, yakni pihak pengelola restoran/rumah makan, cafe dan sejenis tetap diminta untuk membatasi pengunjung maksimal 30 persen dari kapasitas ruangan/tempat duduk dan diwajibkan melakukan rekayasa pengaturan ruangan/tempat duduk.


Begitu pula dengan seluruh area publik dan obyek wisata milik Pemkab Kukar yang masih ditutup akibat perpajangan ini. Sementara tempat wisata yang dikelola swasta masih tetap diijinkan beroperasi dengan ketentuan dilakukan pembatasan aktivitas dan jumlah pengunjung 30% dari jumlah pengunjung normal dan wajib menerapkan protokol kesehatan.


Satu hal yang menjadi perhatian dalam surat edaran Plt Bupati Kukar ini adalah maraknya peningkatan kasus COVID-19 dari klaster keluarga. Oleh karena itu, Plt Bupati Chairil Anwar menghimbau kepada masyarakat untuk patuh dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


Beberapa poin yang ditekankan adalah sebagai berikut, bagi anggota keluarga yang menunjukkan gejala lekas lelah/nyeri otot/demam/ batuk/pilek/sesak/hilang penciuman agar segera memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan atau Unit Pelayanan COVID-19 Rumah Sakit terdekat.


Kemudian bagi anggota keluarga yang diwajibkan menjalani karantina oleh petugas kesehatan harus mematuhi semua protokol kesehatan dan tidak diperkenankan keluar dari tempat karantina serta berinteraksi secara fisik dengan anggota keluarga yang lain.


Lalu wajib menggunakan masker secara baik dan sesuai standar selama perjalanan dari/menuju rumah, selama berada di tempat kerja/fasilitas umum, serta selama berada dirumah jika terdapat anggota keluarga yang menunjukkan gejala lekas lelah/nyeri otot/demam/batuk/pilek/sesak/hilang penciuman atau ketika menerima tamu yang tidak diketahui status kesehatannya.


Warga juga dihimbau untuk wajib menjaga jarak di kendaraan selama perjalanan dari/menuju rumah dan selama berada di tempat kerja atau fasilitas umum.


Kemudian hindari keluar rumah kecuali hanya untuk urusan penting/mencari nafkah, tidak menghadiri kegiatan atau acara yang menghadirkan banyak orang (kerumunan massa), menghindari makan minum secara bersama dan saling berhadapan dengan jarak kurang dari 1 meter, baik di dalam maupun di luar rumah.


Warga juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan air mengalir dan sabun/antiseptik (hand sanitizer), serta segera mandi dan berganti pakaian setiap pulang ke rumah. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Penghargaan Bhumandala Award 2020, Kukar Raih Perunggu Kategori Kabupaten
Pemilihan Teruna Dara Kukar 2020 Digelar Pertengahan November, Ini Dia Para Finalisnya
 
KLIK ME Raih Penghargaan 45 Besar Inovasi Pelayanan Publik 2020
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Dalam Waktu 12 Jam, Polres Kukar Ringkus Polisi Gadungan Yang Rampok Warga Tenggarong
Hasil Operasi Antik Mahakam 2020, Polres Kukar Musnahkan 189,23 Gram Sabu
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com