Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar: Tenggarong Akan Dikembangkan Jadi Kota Warisan Budaya

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar menyatakan Tenggarong bakal dikembangkan menjadi Kota Warisan BudayaPlt Bupati Kukar Chairil Anwar menyatakan Tenggarong bakal dikembangkan menjadi Kota Warisan Budaya
Grafis: Agri


KutaiKartanegara.com - 28/09/2020 20:51 WITA
Hari ini, Senin 28 September 2020, ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, genap berusia 238 tahun atau hampir dua setengah abad.


Hari jadi kota Tenggarong ke-238 ini diperingati melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kukar secara virtual yang digelar di Tenggarong, Senin (28/09) siang.


Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kukar dengan agenda penyampaian pidato Plt Bupati Kukar dalam rangka peringatan HUT Kota Tenggarong ke-238 ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid.


Dikatakan Plt Bupati Kukar H Chairil Anwar, sebagai Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong secara umum memiliki capaian pembangunan yang lebih cepat dibanding dengan daerah lain di wilayah Kukar.


Adapun potensi Tenggarong dalam pendekatan kewilayahan dan demografi, memiliki luas wilayah 398,10 km persegi atau 1,4 persen luas wilayah Kukar, dengan jumlah penduduk sebanyak 104.684 jiwa atau sebesar 15% dari total penduduk Kukar.


Dengan masyarakatnya yang majemuk dan hidup berdampingan secara damai, memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, serta letak geografis yang dekat dengan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Plt Bupati meyakini Tenggarong akan terus melangkah maju menjadi kota yang memiliki daya saing yang tinggi. "Dan kembali menjadi pusat peradaban Nusantara seiring dengan penetapan wilayah Ibu Kota Negara di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara," ujarnya.


Ditambahkan Chairil Anwar, pembangunan di Kukar secara umum menunjukkan tren membaik yang diindikasikan dengan prestasi dan apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Kaltim. Terbukti dari predikat Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah secara berturut-turut tahun 2019 dan 2020 oleh Pemprov Kaltim.


"Hal ini pada hakikatnya tidak terlepas dari kerjasama antara Pemkab Kutai Kartanegara dan DPRD Kutai Kartanegara dalam menjalankan roda pemerintahan daerah yang sinergi dan harmoni. Kondisi ini kita harapkan akan terus terbina dengan baik pada masa-masa selanjutnya, sehingga segala kebijakan yang kita rumuskan dapat dijalankan secara efektif dan efisien bagi kemaslahatan masyarakat Kutai Kartanegara," imbuhnya.


Dalam tatanan kebijakan pembangunan daerah, lanjutnya, permasalahan pembangunan di Kukar pada umumnya lebih pada kualitas dan jangkauan layanan dasar, pemerataan dan aksesibilitas sumber daya ekonomi yang belum optimal hingga rentan menimbulkan kemiskinan dan pengangguran.


"Terlebih saat ini kondisi pandemi COVID-19 masih menjadi isu global, nasional hingga daerah, yang tidak hanya berdampak pada dimensi kesehatan namun pula berpengaruh pula pada dimensi sosial dan ekonomi yang diindikasikan pada penurunan kinerja variabel-variabel pendorong pertumbuhan ekonomi, yakni konsumsi, investasi dan belanja pemerintah," jelasnya.


Namun demikian, Chairil Anwar berharap Tenggarong dengan kecenderungan karakterisitik struktur perekonomian yang mengarah pada daerah urban atau perkotaan, maka sektor perdagangan dan jasa menjadi titik kritis yang harus menjadi perhatian bersama, khususnya dalam menjaga geliat perekonomian daerah yang lebih kuat dalam menghadapi pandemi COVID-19.


"Untuk itu, dalam konteks pemulihan ekonomi Kota Tenggarong, sektor perdagangan dan jasa kita upayakan terus bergerak, dengan pembatasan-pembatasan atas resiko penularan COVID-19 yang lebih luas. Kita berharap solusi-solusi kreatif dan produktif untuk mempertahankan perekonomian daerah agar tetap tumbuh, akan terus kita upayakan, seperti memperkuat layanan pemerintahan dan bisnis melalui aplikasi cerdas berbasis teknologi informasi. Hal ini menjadi momentum baik bagi kita untuk membangun suatu tatanan kehidupan sosial dan ekonomi yang lebih efektif dan efesien, dengan mengoptimalkan teknologi informasi," katanya lagi.


Dalam perspektif jangka panjang, lanjutnya, kota Tenggarong yang dikenal sebagai daerah dengan catatan peninggalan sejarah dan budaya Nusantara, harus dapat dijadikan sebagai simpul pemikat dalam mengoptimalkan kekayaan seni, budaya dan sejarah Kukar secara terpadu.


Oleh karenanya, tambah Chairil, Pemkab Kukar mencanangkan Kota Tenggarong sebagai Kota Warisan Budaya, sehingga ke depan festival-festival seni dan budaya yang seiring dengan penguatan pengembangan ekonomi kreatif akan digalakkan di Tenggarong, yang diikuti dengan pembangunan fasilitas-fasilitas publik yang representatif, modern dan berbasis kearifan lokal.


"Kita berharap ke depan, kota Tenggarong menjadi Kota Warisan Budaya yang eksotik yang menjadi kebanggaan kita bersama, dan menjadi ikon pariwisata daerah yang tidak hanya pada level regional namun pada level nasional dan internasional," ungkapnya.


Ditambahkannya, hal tersebut menjadi rencana besar Pemkab Kukar dalam pelaksanaan akselerasi dan transformasi pembangunan Kukar berbasis sumber daya alam terbarukan dan menangkap peluang pembangunan IKN di Kalimantan Timur.


"Atas dasar tersebut, saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, mari kita bergandengan tangan, bahu-membahu untuk membawa daerah yang kita cintai ini, menjadi daerah yang maju dengan masyarakat yang lebih bahagia dan sejahtera," demikian harapnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com