Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Temukan Dugaan Korupsi Pemkab Kukar Tahun Anggaran 2004-2005
Barisan Oposisi Murni Serahkan Laporan ke Kejaksaan

Koordinator LSM BOM Kukar Efri Novianto (kiri) saat menyerahkan laporannya kepada Kasi Intelejen Kejari Tenggarong Nanang SH
Koordinator LSM BOM Kukar Efri Novianto (kiri) saat menyerahkan laporannya kepada Kasi Intelejen Kejari Tenggarong Nanang SH
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 30/03/2006 14:10 WITA
Jajaran pengurus LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) Kutai Kartanegara (Kukar) dipimpin Koordinatornya Efri Novianto kembali menyambangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Tenggarong Rabu (29/03) kemarin untuk melaporkan temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemkab Kukar yang dilakukan sejak tahun anggaran 2004-2005.

Di Kejari Tenggarong, Efri Novianto dan rekan sebenarnya ingin menemui Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tenggarong Timbul Manullang SH untuk menyerahkan berkas laporannya. Namun Kajari tidak ada di tempat karena sedang tugas ke Samarinda, akhirnya mereka diterima Kepala Seksi Intelejen Kejari Tenggarong, Nanang SH.

Jaksa Nanang SH semula menyarankan LSM BOM untuk kembali lagi pada Senin (03/04) mendatang. Namun Efri dkk menolak, sehingga berkas laporan tersebut tetap diserahkan melalui aparat Tata Usaha Kejari Tenggarong untuk diteruskan kepada Kajari Timbul Manullang SH.

Kepada wartawan usai menyerahkan laporannya di Kejari Tenggarong, Koordinator BOM Kukar Efri Novianto mengatakan laporan pengaduan terjadinya kasus korupsi di Kukar ke Kejari Tenggarong atau pihak terkait lainnya ini didasarkan pada UUD 1945 pasal 28 huruf F jo UU No 39/1999 pasal 14 ayat 2. "Disamping UU No 20/2001 pasal 41 tentang peran serta masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi," ujarnya.

Ditambahkan Efri, pihaknya menemukan berbagai kejanggalan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kukar. Diantaranya penemuan proyek fiktif dan mark up anggaran, kebocoran dana bantuan sosial, penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan kebijakan.

Untuk kebocoran bantuan sosial pada tahun anggaran 2004 lalu, pihak BOM mengindikasikan terdapat kerugian negara sekitar Rp 30 milyar lebih. Sedang untuk proyek fiktif dan mark up anggaran terdapat 11 kasus dengan nilai kerugian negara sekitar Rp 221 milyar lebih.

Diantara ke 11 kasus itu adalah kasus pengadaan peralatan medis RSU AM Parikesit Tenggarong sebesar Rp 73,8 Milyar lebih dan pengerjaan interior dan furniture Kantor Bupati Kukar sebesar Rp 43,7 M.

Sementara dalam bentuk penyalahgunaan wewenang, BOM menemukan 2 kasus yang menonjol. Pertama adalah adanya pengalihan dana untuk keperluan Beasiswa Gerbang Dayaku bagi 4.332 mahasiswa Unikarta Tenggarong sebesar Rp 2,9 milyar dari Rp 5,19 milyar yang disediakan melalui APBD.

Kemudian kasus penyalahgunaan wewenang lainnya adalah pemberian uang paket pensiun PNS Pemkab Kukar pada tahun 2005. Menurut Efri, seharusnya setiap PNS yang memasuki masa pensiun menerima sebesar Rp 25 juta sesuai SK Bupati pada tahun 2005.

"Namun kenyataannya para pensiunan di tahun 2005 lalu hanya menerima Rp 18,5 juta. Bayangkan bila tahun lalu ada 100 PNS yang pensiun, berapa milyar jumlah yang dialihkan tanpa pertanggungjawaban?" kata Efri. (joe/nop)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com