Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Ternyata Positif COVID-19
Satu Warga Tenggarong yang Meninggal Dunia dan Dimakamkan Secara Biasa

Ilustrasi pemakaman jenazah positif COVID-19 KK-1034 yang dilakukan secara biasaIlustrasi pemakaman jenazah positif COVID-19 KK-1034 yang dilakukan secara biasa
Photo: Agri


Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti
Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/09/2020 14:39 WITA
Seorang pria warga Tenggarong usia 50 tahun yang meninggal dunia pada Rabu (23/09) dini hari lalu di RSUD AM Parikesit dan dikebumikan secara biasa pada pagi harinya ternyata dipastikan positif terjangkit Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).


Pihak Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Puskesmas Loa Ipuh pada akhirnya harus bekerja keras untuk melakukan tracing atau penelusuran terhadap para kontak erat, mulai dari keluarga, kerabat, para pelayat hingga petugas yang terlibat dalam proses pemakaman.


Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jenazah pria yang diidentifikasi sebagai KK-1034 itu bisa 'lolos' dari RSUD AM Parikesit dan dimakamkan secara biasa oleh pihak keluarga? Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Kukar melalui Kepala Dinas Kesehatan dr Martina Yulianti pun angkat bicara terkait kasus ini.


Menurut Martina Yulianti, pria tersebut hanya beberapa jam menjalani perawatan di RSUD AM Parikesit setelah masuk rumah sakit pada Selasa (22/09) malam sekitar jam 21.30 WITA. "Yang bersangkutan datang dengan keluhan sesak nafas. Setelah di-rontgen, hasilnya menunjukkan gambaran pneumonia khas COVID-19 dengan cormobid. Oleh karena itu, yang bersangkutan dirawat dengan status suspek," jelasnya.


Namun karena kondisinya yang semakin buruk, nyawanya tak dapat tertolong. Pria tersebut meninggal dunia pada Rabu dini hari sekitar jam 03.00 WITA. "Petugas sempat melakukan tes swab, dan sudah menjelaskan kepada keluarga untuk menunggu kepastian hasil swab guna memutuskan apakah pemakaman jenazah akan ditangani seperti biasa atau secara protokol COVID-19," ujar wanita yang akrab disapa dr Yuli ini.


Hanya saja, lanjut dr Yuli, pihak keluarga menolak untuk menunggu hasil swab dan menolak pemakaman dilakukan secara COVID-19. Pihak keluarga kemudian langsung membawa pulang jenazah ke rumah dengan menggunakan mobil pribadi.


Hasil swab kemudian baru keluar pada Rabu (24/09) siang. Pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kemudian menyampaikan hasil swab kepada pihak keluarga.


"Pihak keluarga sudah diberitahu secara resmi, kita tunjukkan hasilnya dan kita katakan akan melakukan tracing terhadap semua kontak erat. Pihak keluarga, terutama istri almarhum dapat memahami kondisi tersebut dan siap di-tracing pada semua kontak erat. Kita tetap apresiasi kepada pihak keluarga yang mau bekerja sama. Walau terlambat, kita akan tangani bersama. Mudah-mudahan tidak banyak yang terdampak karena masalah ini," ujarnya.


Meninggalnya KK-1034 menjadi kasus kematian karena COVID-19 yang ke-21 di Kukar. Hingga 24 September, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kukar telah mencapai 1064 kasus, termasuk 10 kasus reinfeksi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 408 orang masih diisolasi dan 635 orang dinyatakan sembuh. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com