Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA

Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho menunjukkan pistol airsoft dan sajam yang digunakan para pelaku percobaan perampokan toko emasKapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho menunjukkan pistol airsoft dan sajam yang digunakan para pelaku percobaan perampokan toko emas
Photo: Agri


Tiga pelaku percobaan perampokan ternyata masih berstatus pelajar SLTA di Tenggarong
Tiga pelaku percobaan perampokan ternyata masih berstatus pelajar SLTA di Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 01/08/2020 15:58 WITA
Tiga pelaku yang berupaya merampok toke emas Malika Jaya di kompleks Pasar Tangga Arung, Tenggarong, pada Kamis (30/07) pagi lalu ternyata masih berstatus pelajar SLTA.


Ke tiga pelaku dari 2 sekolah berbeda di Tenggarong itu adalah MA (16), AJ (16), dan HB (16). Dalam rekaman CCTV toko emas Malika Jaya, ke tiganya beraksi dengan mengenakan penutup wajah sambil membawa pistol airsoft dan senjata tajam serta sebuah karung plastik untuk meraup emas.


Namun mereka gagal melancarkan aksinya lantaran pemilik toko berteriak ada rampok. Ke tiganya langsung kabur dan dikejar para pedagang pasar Tangga Arung.


Satu pelaku yakni MA berhasil diamankan warga dan diserahkan ke petugas kepolisan. Sedangkan AJ dan HB lolos dari kejaran warga dengan menggunakan mobil Honda Brio warna merah yang dikemudikan RZ (22).


Kepada petugas yang menginterogasi, MA mengaku jika mereka hanya berempat saat beraksi. "Dari informasi salah satu pelaku, mereka berencana pergi ke Banjarmasin. Petugas kita kemudian melakukan pengejaran dan berkoordinasi dengan Polda Kaltim untuk melakukan penghadangan terhadap pelaku yang kabur," ujar Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho dalam konferensi pers di Tenggarong, Jum'at (31/07) sore.


Belakangan ke 3 pelaku yang kabur dengan mobil Honda Brio memisahkan diri di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). RZ melanjutkan perjalanan menuju Banjarmasin, sedangkan AJ dan HB memilih turun di kawasan Petung, Penajam, PPU.


Petugas Polres PPU yang melakukan penyisiran akhirnya berhasil meringkus AJ dan HB yang tengah berada di simpang Petung. "Dari informasi keduanya, rekan mereka yang merupakan otak percobaan perampokan ini telah bergerak ke arah Banjarmasin," ujar Andrias Susanto didampingo Kasat Reskrim AKP Herman Sofian.


Pihak Polres PPS kemudian berkoordinasi dengan petugas Polres Paser agar dapat mencegat mobil Honda Brio warna merah yang tengah melaju menuju arah Banjarmasin.


Mobil yang dikemudikan RZ akhirnya terlihat di wilayah Long Kali, Kabupaten Paser. Namun RZ tetap melajukan kendaraannya saat dihadang hingga petugas harus melepaskan tembakan yang mengenai kaca pintu belakang mobil.


Upaya pelarian RZ terhenti di daerah Long Ikis. Mobil yang dikendarainya lepas kendali hingga masuk parit. Saat petugas tiba, mobil sudah dalam keadaan kosong karena RZ melarikan diri ke dalam hutan.


Petugas kemudian berupaya mencari RZ, namun pria kelahiran Pelaihari, Kalimantan Selatan itu tak berhasil ditemukan. RZ pun kini jadi buronan dan telah masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang).


Melalui awak media, Kapolres AKBP Andrias Susanto Nugroho menghimbau kepada RZ agar kooperatif dan menyerahkan diri. "Saya menghimbau kepada RZ untuk segera menyerahkan diri kepada pihak berwajib dimanapun berada," serunya.


Ditambahkan Andrias, pihaknya masih mendalami motif percobaan perampokan toko emas ini. "Motif yang dilakukan sementara dari hasil pemeriksaan ketiga pelaku, ada permasalahan sebelumnya antara RZ pernah cekcok mulut dengan pemilik toko emas yang dirampok. Namun demikian, kami masih akan mendalami motifnya," paparnya.


Sebelum dilakukan perampokan, lanjut Kapolres Kukar, telah dilakukan perencanaan oleh ke 4 pelaku di samping kantor Dinas Pendidikan. Termasuk 2 sepeda motor yang sudah disiapkan, sudah dipreteli dan plat nomornya sudah dibuka semuanya. Ini memang sudah direncanakan benar-benar. Kita akan menggali terus motif apa dan kita akan kejar pelaku yang lari," ungkapnya.


Selain mengamankan 3 pelaku, petugas juga telah mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 pucuk pistol airsoft gun, 1 unit mobil Honda Brio yang diketahui milik paman salah satu pelaku, 1 unit sepeda motor Honda Beat, 1 unit sepeda Honda Vario, 1 pisau bersarung pipa, 1 pisau panjang 29 cm, 1 pisau panjang 30 cm, 3 buah kacamata hitam, 3 buah sebo penutup kepala warna hitam, 2 pasang sarung tangan dan 1 buah karung plastik.


Menurut Andrias, para pelaku dijerat Pasal 365 KUHP jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukumannya adalah 12 tahun dan Pasal 2 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun. (win)


Mobil yang dilarikan RY sempat ditembak petugas Polres Paser lantaran tak mau dihentikan
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Jadi Paslon Tunggal di Pilkada Kukar 2020, Edi-Rendi Tempati Kolom Kiri
Per 22 September 2020, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Lampaui 1000 Kasus
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Komite Ekonomi Kreatif Kukar Resmi Dikukuhkan
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
 
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Uji Coba Lawan IR-1 FC, Mitra Kukar Telan Kekalahan
Bupati Edi Damansyah Minta Askab PSSI Kukar Benahi Manajemen Pembinaan
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com