Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Reaktif, Hasil Rapid Test 21 Warga Kukar Klaster Ijtima Ulama Gowa

Sebanyak 21 warga Kukar peserta Ijtima Ulama di Gowa tengah dikarantina di Asrama Atlet setelah hasil Rapid Test mereka menunjukkan hasil yang reaktifSebanyak 21 warga Kukar peserta Ijtima Ulama di Gowa tengah dikarantina di Asrama Atlet setelah hasil Rapid Test mereka menunjukkan hasil yang reaktif
Grafis: Agri



Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/04/2020 17:10 WITA
Banyaknya warga Kutai Kartanegara (Kukar) yang mengikuti kegiatan Ijtima Ulama Dunia 2020 di Gowa beberapa waktu lalu menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Kukar.


Setelah menerima bantuan alat dari Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) atau tes cepat, pihak DInkes Kukar langsung melakukan tes cepat terhadap kelompok beresiko tinggi menularkan serta kontak eratnya yang merupakan Pelaku Perjalanan dari acara ljtima Gowa.


"Baru sebagian kita lakukan tes cepat di beberapa kecamatan. Dari 263 orang yang sudah dilakukan tes cepat, terdapat sebanyak 21 orang dengan hasil reaktif," terang Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti yang juga Juru Bicara COVID-19 Kukar.


Dari 21 orang yang reaktif hasil tes cepatnya itu, lanjutnya, 19 orang merupakan Pelaku Perjalanan acara Ijtima di Gowa. "Sedangkan 2 orang lagi adalah anggota keluarga dari Pelaku Perjalanan tersebut," jelasnya.


Ditambahkan Kepala Dinkes Kukar, jumlah warga yang reaktif hasil tes cepatnya tersebut paling banyak berasal dari Kecamatan Muara Badak yang mencapai 9 orang.


Disusul Tenggarong sebanyak 5 orang, kemudian Sanga-Sanga sebanyak 2 orang, Loa Janan sebanyak 3 orang, dan Loa Kulu 2 orang.


"Kegiatan tes ini masih berlangsung terus di kecamatan-kecamatan yang ada di Kukar. Data memang berkembang dinamis di lapangan karena terdapat Pelaku Perjalanan yang baru sekarang melapor," ujar wanita yang akrab disapa dr Yuli ini.


Menurut dr Yuli, ke 21 warga tersebut telah dikarantina di Asrama Atlet Tenggarong Seberang dan telah diambil spesimen tenggorokan mereka untuk pemeriksaan PCR di Surabaya.


"Saudara-saudara kita ini tidak menunjukkan gejala yang mengarah kepada COVID-19, namun jika nanti hasil swab-nya positif, maka statusnya akan berubah menjadi Terkonfirmasi Positif," imbuhnya.


Adanya 2 orang kontak erat dari pelaku perjalanan Ijtima Gowa yang tertular kendati belum ada hasil PCR, lanjut dr Yuli, dapat diasumsikan telah terjadi transmisi lokal sebagai kesimpulan sementara sambil menunggu hasil PCR. "Namun dapat saja terjadi perubahan analisa keadaan jika hasil PCR sudah keluar," jelasnya lagi.


Dikatakan dr Yuli, terjadinya transmisi lokal itu terpaksa harus diasumsikan agar dapat segera dilakukan langkah antisipatif untuk melindungi tertularnya masyarakat dari COVID-19 yang lebih luas.


"Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat luas agar tetap melindungi dirinya dari penularan COVID-19 dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Kemudian selalu menggunakan masker jika bersama orang lain," katanya.


Selain itu, tambahnya, minimalkan memegang benda-benda yang tidak perlu dipegang. Kemudian selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, tidak keluar rumah kecuali untuk tujuan yang sangat penting, serta melakukan kegiatan bekerja, belajar dan beribadah di rumah saja. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com