Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Satu Pasien Positif COVID-19, Bupati Kukar Tetapkan Status Siaga Darurat

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi pejabat Forkopimda saat memberikan keterangan pers terkait virus Corona di TenggarongBupati Kukar Edi Damansyah didampingi pejabat Forkopimda saat memberikan keterangan pers terkait virus Corona di Tenggarong
Photo: Agri


Bupati Kukar Edi Damansyah meminta warga tetap tenang setelah satu pasien di RSAMP dinyatakan positif terjangkit COVID-19
Bupati Kukar Edi Damansyah meminta warga tetap tenang setelah satu pasien di RSAMP dinyatakan positif terjangkit COVID-19
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 19/03/2020 22:50 WITA
Satu pasien yang tengah diisolasi di RSUD AM Parikesit (RSAMP) Tenggarong Seberang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 atau virus Corona.


Kepastian ini disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah saat memberikan keterangan pers di teras depan Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (19/03) malam.


"Pada hari ini, secara resmi saya sampaikan bahwa telah terkonfirmasi satu kasus positif COVID-19 sebagai kasus pertama di Kutai Kartanegara dan kasus ke tiga di Kalimantan Timur," ujarnya.


Ditambahkan Bupati Kukar, pasien wanita berusia 28 tahun ini masih dirawat di ruang isolasi RSAMP dalam kondisi stabil. Pasien yang merupakan warga Kabupaten Kutai Timur itu masuk RSUD AM Parikesit pada 12 Maret lalu dengan keluhan demam, batuk, pilek hingga nyeri otot. "Pasien ini riwayat perjalanannya sebelumnya pernah menghadiri acara pertemuan di Bogor," ujarnya.


Dengan adanya satu pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, Bupati Edi Damansyah menyatakan peningkatan status dari Siaga menjadi Siaga Darurat Virus Corona di Kukar.


Bupati Edi Damansyah pun meminta kepada seluruh masyarakat Kukar untuk tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT.


Sementara ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar, dr Martina Yulianti, pasien tersebut merupakan peserta pertemuan di Bogor yang tiba di Tenggarong pada 4 Maret lalu.


"Kemudian merasa demam pada tanggal 6 Maret dan masuk rumah sakit pada 12 Maret. Jadi ini memenuhi masa inkubasi, pada hari ke 10 dari pertemuan yang bersangkutan mengalami gejala-gejala," imbuhnya.


Setelah dilakukan pengambilan sampel jaringan tubuh untuk diperiksa di laboratorium pada 15 Maret, hasilnya baru diumumkan pada Kamis (19/03) sore. "Jadi positifnya pada kondisi tanggal 15 Maret," jelasnya.


Menurut Martina Yulianti, pasien tersebut berkunjung ke tempat keluarganya di Tenggarong sepulang dari Bogor. Wanita yang akrab disapa dr Yuli ini memastikan telah melakukan pemantauan terhadap keluarga pasien yang dikunjungi tersebut.


"Mereka dalam pengawasan Puskesmas terdekat dan kondisi mereka sehat semua. Sedangkan kondisi pasien juga semakin membaik dibanding waktu pertama kali datang," ujarnya.


Sekedar informasi, pandemi virus Corona pertama kali merebak di Wuhan, Tiongkok, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Secara global, terdapat 191.127 orang terjangkit virus Corona, dan sedikitnya 7.807 orang meninggal dunia akibat virus ini. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com