Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kelola Jasa Kepelabuhan, Perusda Tunggang Parangan Jalin Kerja Sama Dengan PT PTB

Keua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud dan Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid turut menyaksikan penandatanganan MOU antara Perusda Tunggang Parangan dengan PT PTBKeua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud dan Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid turut menyaksikan penandatanganan MOU antara Perusda Tunggang Parangan dengan PT PTB
Photo: Agri


Disaksikan Bupati Edi Dmansyah. Direktur Operasional PT PTB Ario Bandoro Saputro menandatangani MOU bersama Plt Dirut Perusda Tunggang Parangan Bambang Arwanto
Disaksikan Bupati Edi Dmansyah. Direktur Operasional PT PTB Ario Bandoro Saputro menandatangani MOU bersama Plt Dirut Perusda Tunggang Parangan Bambang Arwanto
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/01/2020 01:34 WITA
Setelah puluhan tahun hanya menjadi penonton terhadap aktivitas kapal-kapal asing di perairan Muara Jawa dan Muara Berau, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Perusda Tunggang Parangan ke depan bakal terlibat dalam pengelolaan jasa kepelabuhan bersama PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB).


Kerja sama pengelolaan kepelabuhan itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman yang ditandatangani di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Senin (06/01) pagi.


Disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah, penandatanganan MOU dilakukan antara Plt Dirut Persuda Tunggang Parangan Bambang Arwanto dengan Direktur Operasional PT PTB Ario Bandoro Saputro.


Menurut Bupati Edi Damansyah, Pemkab Kukar memiliki komitmen kuat untuk dapat terlibat dalam pengelolaan kepelabuhan tersebut bersama PT PTB.


"Komitmen dan semangat kita sama, bagaimana kawasan itu bisa menunjang dengan baik investasi yang didorong oleh Pemerintah. Sehingga bisa memberikan kontribusi bagi negara dan juga untuk daerah. Karena sudah puluhan tahun kawasan ini terkelola, namun belum ada memberikan kontribusi bagi Pemerintah Daerah," ujarnya.


Selain itu, Edi berharap agar aktivitas kepelabuhan di perairan Muara Jawa dan Muara Berau (nama perairan di lepas pantai Muara Badak, red) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi setempat. "Makanya kami mendukung secara administratif yang menjadi kewenangan kami di Kabupaten yang berkaitan dengan proses rencana permohonan PT PTB mendapat konsesi di sana," imbuhnya.


Senada dengan Bupati Kukar, Direktur Operasional PT PTB Ario Bandoro mengatakan jika kerja sama tersebut dimaksudkan untuk memajukan daerah di wilayah operasi PT PTB. "Kebetulan wilayah kerja kita berada di Kutai Kartanegara," katanya.


Lewat momentum kerja sama ini, lanjut Ario, pihaknya siap bersinergi dengan Pemkab Kukar melalui Perusda Tunggang Parangan. "Kita akan bekerja sama secara profesional supaya dapat meningkatkan pendapatan daerah," jelasnya.


Diakui Ario, aktivitas kepelabuhan ini hampir 99 persen digunakan kapal-kapal asing. Satu bulan, rata-rata terdapat 120-130 kapal asing yang berlabuh di perairan Muara Berau. "Untuk perputaran uang, kami tidak memiliki data pasti. Namun diperkirakan mencapai Rp 2-3 triliun dalam satu bulan," terangnya.


Dengan adanya kerja sama ini, lanjutnya, PT PTB ingin mengembangkan jasa kepelabuhan tersebut ke wilayah darat. "Karena selama ini jarak dari STS (Ship To Ship) ke darat terlalu jauh. Jadi semoga dengan adanya pengembangan di darat ini, dapat membantu peningkatan STS di tengah laut," katanya.


Ario meyakini jika pengembangan kawasan darat ini dapat ikut mendorong perekonomian setempat. Pasalnya, ada potensi datangnya ribuan kru kapal asing ke daratan untuk membeli kebutuhan logistik, beristirahat, dan bahkan berwisata.


"Karena kapal-kapal tersebut berhari-hari di tengah laut menunggu tongkang mengirimkan muatan. Bahkan kalau muatannya terlambat, bisa satu bulan di tengah laut. Inilah yang menjadi potensi pendapatan untuk masuk ke daerah. Dan akhirnya akan berkembang, sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kukar," demikian ujarnya.


Acara penandatangan MOU kedua belah pihak dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Timur Hasanuddin Mas'ud, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda Dwiyanto dan undangan lainnya. (win)


Bupati Kukar Edi Damansyah berharap kerja sama Perusda Tunggang Parangan dengan PT PTB dapat mendorong perekonomian daerah
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tabrakan Kapal Dompeng di Anggana, 1 Nelayan Meninggal Dunia
Kunjungan Kerja Perdana Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono ke Kukar
 
Enggan Pilih Politisi Sebagai Wabup Sisa Masa Jabatan, Ini Alasan Edi Damansyah
Mutasi Perdana di Tahun 2020, 142 Pejabat Dilantik Bupati Edi Damansyah
 
Kelola Jasa Kepelabuhan, Perusda Tunggang Parangan Jalin Kerja Sama Dengan PT PTB
PHM Menjawab Tantangan Produksi 2019 dengan Inovasi
 
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
Kaki Dilumpuhkan Timah Panas, Maling Yang Bawa Golok Terekam CCTV Akhirnya Ditangkap Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com