Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe
SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman

Suasana di Jalan Mulawarman, Tenggarong, yang menjadi tempat pelaksanaan Lorong Budaya Mulawarman Suasana di Jalan Mulawarman, Tenggarong, yang menjadi tempat pelaksanaan Lorong Budaya Mulawarman
Photo: Agri


Dua orang siswa SMAN 1 Tenggarong tampak asyik memainkan permainan congklak yang sudah jarang dimainkan anak-anak Tenggarong
Dua orang siswa SMAN 1 Tenggarong tampak asyik memainkan permainan congklak yang sudah jarang dimainkan anak-anak Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 14/12/2019 16:27 WITA
Suasana di Jalan Mulawarman, Kelurahan Panji, Tenggarong, tadi pagi tampak begitu ramai dengan ratusan pelajar SMAN 1 Tenggarong yang mengenakan busana daerah Kutai.


Ada yang asyik memainkan aneka permainan tradisional, mulai dari bermain tali, begasing, egrang, kelom panjang, asen naga, asen kabat, hingga congklak atau dakon.


Sementara di sisi jalan lainnya, ada yang sibuk berjual beli aneka makanan, minuman dan jajanan tradisional. Mulai dari Serabai, Golongan Ayam, Amparan Tetak, Peler Kambing, Temu Kunci, Bingkak, Jenderal Mabok, Roti Balok, dan lain sebagainya.


Stan yang disediakan cukup sederhana. Menggunakan konstruksi yang terbuat dari bambu, serta pemakaian atap kajang sebagai penutup, membuat stan-stan tersebut terkesan unik, layaknya suasana di pedesaan atau Kutai Tempo Doeloe.


Nuansa Kutai Tempo Doeloe ini sengaja dihadirkan pihak SMAN 1 Tenggarong lewat ajang seni budaya yang diberi nama Lorong Budaya Mulawarman.


Kegiatan Lorong Budaya Mulawarman dibuka Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Jafar Sodiq (kanan) yang ditandai pula dengan pembacaan tarsul oleh dua pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Agri


Nama Mulawarman yang diambil sebagai nama kegiatan ini bukan hanya sekedar nama raja pertama Kerajaan Kutai yang telah tersohor. Namun juga karena Mulawarman adalah nama jalan dimana SMAN 1 Tenggarong berada.


"Kegiatan ini sengaja kita gelar agar para siswa bisa mengenal lebih dekat budaya Kutai. Jangan sampai budaya kita tidak dipahami atau tidak dikenali anak-anak kita di masa mendatang," kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 1 Tenggarong, Jafar Sodik, Sabtu (14/12) pagi.


Jafar pun berharap agar Lorong Budaya Mulawarman dapat menjadi agenda rutin tahunan yang digelar SMAN 1 Tenggarong. "Saya harap ke depan pelaksanaannya bisa berjalan lebih baik dan semakin ditingkatkan," ujarnya.


Ditambahkannya, kegiatan Lorong Budaya Mulawarman merupakan ajang seni budaya yang baru pertama kali digarap SMAN 1 Tenggarong. Untuk stan bazar yang disiapkan baru diikuti 15 kelas dari 27 kelas yang ada.


"Mudah-mudahan pada tahun depan bisa kita tingkatkan, dengan diikuti seluruh kelas, seluruh mata pelajaran, dan seluruh kegiatan ekstra kurikuler yang ada di SMAN 1 Tenggarong," harapnya.


Pembukaan Lorong Budaya Mulawarman dimeriahkan dengan penampilan tari Jepen yang dibawakan para pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Agri


Pembukaan Lorong Budaya Mulawarman ditandai pula dengan pembacaan Tarsul, serta suguhan tarian rakyat Kutai atau tari Jepen yang dibawakan secara massal oleh para pelajar SMAN 1 Tenggarong bersama beberapa guru.


Selain diisi dengan stan kuliner khas Kutai dan aneka permainan tradisional, Lorong Budaya Mulawarman juga diisi dengan pameran hasil karya pelajar SMAN 1 Tenggarong baik berupa kerajinan tangan maupun karya literasi.


Selain itu, ajang Lorong Budaya Mulawarman juga disemarakkan dengan pertunjukan kesenian tradisional yang dibawakan para pelajar SMAN 1 Tenggarong, acara Ngapeh atau diskusi, serta musik Congkil atau Keroncong Tingkilan.


Kegiatan yang berlangsung hingga malam ini akan diisi pula dengan pemutaran film tentang kebudayaan bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Timur. (win)


Beberapa kelas berpartisipasi untuk menjajakan aneka jajanan tradisional di stan sederhana yang telah disiapkan
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com