Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemkab Kukar Gandeng BPPT untuk Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Kukar

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM bersama Prof Dr Jana T Anggadiredja MS APT saat menandatangani MoU antara Pemkab Kukar dengan BPPT
Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM bersama Prof Dr Jana T Anggadiredja MS APT saat menandatangani MoU antara Pemkab Kukar dengan BPPT
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/03/2006 21:14 WITA
Dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan potensi daerah serta peningkatan kapasitas masyarakat maupun lembaga-lembaga daerah, Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar) menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi di Kukar guna mendukung kelancaran pembangunan di daerah ini.

Kerjasama antara Pemkab Kukar dengan BPPT tersebut dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani hari ini oleh Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dengan Deputi Kepala Bidang Teknologi Pengembangan SDA (TPSA) BPPT Prof Dr Jana T Anggadiredja MS APT.

Penandatanganan MoU antara Bupati Kukar dengan Deputi Kabid TPSA BPPT ini dilakukan di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, yang disaksikan pula oleh Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi serta Menristek RI/Kepala BPPT Prof Dr Ir Kusmayanto Kadiman.

Dalam kesepakatan Pemkab Kukar dengan BPPT antara lain disebutkan, ruang lingkup kerjasama kedua belah pihak meliputi pengkajian dan penerapan teknologi agroindustri dan bioteknologi, pemanfaatan sumber daya alam, industri rancang bangun dan rekayasa.


Bupati Kukar H Syaukani HR dan Deputi Kabid TPSA BPPT Jana T Anggadiredja saling menyerahkan MoU yang telah ditandatangani
Photo: Agri

Kemudian pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi, material dan lingkungan, serta kegiatan lain yang dipandang perlu dan disetujui oleh kedua pihak.

Adapun bentuk kerjasama kedua belah pihak meliputi penelitian dan pengembangan teknologi baru, pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian serta bantuan teknis.

Dikatakan Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM, kesepakatan kerjasama dengan BPPT merupakan bagian dari program Gerbang Dayaku Tahap II. "Karena dalam program GD II menyebutkan, potensi SDA dimanfaatkan secara berhasil dan berdaya guna bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," katanya.

Sementara Menristek RI Dr Ir Kusmayanto Kadiman memuji Pemkab Kukar yang telah mengalokasikan dana pendidikan dalam APBD sebesar 20 persen. "Alokasi pendidikan sebesar 20% ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Sisdiknas yang harus dihormati dan dilaksanakan," ungkapnya.


Bupati Kukar H Syaukani HR menyerahkan cenderamata kepada Menristek/Kepala BPPT Kusmayanto Kadiman
Photo: Agri

Karena pada dasarnya dana itu milik rakyat sedang pemerintah tugasnya hanya mengalokasikan. "Wajar bila dana itu kembali lagi kepada rakyat," kata Kusmayanto.

Menyinggung program pendidikan maupun kesehatan yang sebelumnya telah dipaparkan Syaukani sebagai program unggulan GD II, Menristek Kusmayanto Kadiman meminta agar Pemkab Kukar lebih besar lagi membuka akses seluas-luasnya pada kedua sektor ini.

Dalam pendidikan terapkan prinsip long live learning di semua lapisan masyarakat. Sedang di sektor kesehatan, ubah paradigmanya yaitu bagaimana membuat orang tidak sakit. "Ciptakan di daerah ini Puskesmas Plus berbasis tindakan preventif (pencegahan penyakit), bukan pada tindakan kuratif (penyembuhan)," demikian katanya.

Selain dihadiri pejabat Muspida dan pejabat teras Pemkab Kukar, acara kunjungan kerja Menristek RI tadi pagi juga dihadiri mantan Menteri Pendidikan Wardiman Joyonegoro dan mantan Menperindag Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan Letter of Intent tentang pelaksanaan Kajian Pengelolaan Pelestarian Berkelanjutan Hutan Bukit Suharto antara Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dengan President/General Manager Total E&P Indonesie, Philippe Armand. (win/joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com