Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hore, Ribuan Warga Kukar Terima Sertifikat Tanah Gratis!

Sejumlah warga Kukar menunjukkan sertifikat yang telah mereka terima dari Kantor Pertanahan Kukar lewat program PTSLSejumlah warga Kukar menunjukkan sertifikat yang telah mereka terima dari Kantor Pertanahan Kukar lewat program PTSL
Photo: Agri


Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada salah seorang warga Loa Kulu
Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada salah seorang warga Loa Kulu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 05/12/2019 10:34 WITA
Ribuan warga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima sertifikat tanah yang diperoleh secara gratis melalui program PTSL atau program Pendaftaran Tanah Secara Sistematik.


Penyerahan sertifikat PTSL tahun 2019 tahap pertama tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (04/12) kemarin.


Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kukar, Herman Hidayat, secara keseluruhan ada 9.400 sertifikat tanah gratis yang diterbitkan lewat program PTSL tahun 2019.


Sedangkan yang diserahkan di halaman Kantor Bupati Kukar kemarin berjumlah 1.280 sertifikat. "Terdiri dari 1.093 sertifikat non lintas sektor (lintor), 27 sertifikat lintor Pembudidayaan Ikan dan 160 sertifikat lintor UKM," ujarnya.


Adapun warga yang menerima sertifikat PTSL untuk tahap pertama ini berasal dari Desa Loh Sumber dan Desa Sepakat (Kecamatan Loa Kulu), serta Desa Muara Kaman Ilir, Desa Muara Siran dan Desa Benua Puhun (Kecamatan Muara Kaman).


Kemudian dari Desa Loa Ulung, Desa Loa Pari dan Desa Perjiwa (Kecamatan Tenggarong Seberang), serta dari Desa Tanah Datar (Kecamatan Muara Badak).


Bupati Edi Damansyah mengingatkan warga yang telah memiliki sertifikat untuk menunaikan kewajiban membayar PBB tiap tahunnya
Photo: Agri


Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak Kementerian Agraria Tata Ruang dan Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Kalimantan Timur yang telah melaksanakan program nasional ini dengan baik di wilayah Kukar.


Edi Damansyah bersyukur program nasional PTSL bisa direalisasikan dan ditangani secara baik di Kukar berkat sinergisitas dengan program-program prioritas Pemkab Kukar, termasuk warga yang telah berpartisipasi pada program PTSL ini.


"Pemerintah tidak bisa melaksanakan program-program yang sudah ditetapkan kalau tidak ada partisipasi masyarakat. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kukar, khususnya yang terkait program PTSL, yang sudah bekerja sama sehingga program ini bisa selesai dengan baik sesuai target yang ditetapkan," ujarnya.


Kepada warga yang telah menerima sertifikat hak atas tanah secara gratis itu, Bupati Edi Damansyah mengingatkan ada kewajiban-kewajiban sebagai warga negara yang harus dipenuhi yakni dengan cara membayar PBB (Pajak Bumi Bangunan). "Karena sudah bersertifikat dan terdaftar, harus bayar PBB. Setuju ya?" seru Edi Damansyah.


Edi berharap agar sertifikat kepemilikan tanah sudah dapat dimiliki seluruh masyarakat Kukar pada tahun 2024 sesuai yang target ditargetkan BPN. Jadi ini untuk mengurangi terjadinya sengketa atau pengakuan-pengakuan terhadap lahan," imbuhnya.


Meski telah memiliki sertifikat, Bupati Kukar meminta warga untuk selalu memperhatikan patok lahan yang telah dimiliki. "Sertifikat ini merupakan jaminan kepastian dari aspek hukum. Secara de fakto, tanah harus dijaga dan dipasang patok. Itu harus selalu kita jaga," pesannya.


Manfaat lain dengan telah dimilikinya sertifikat tersebut, lanjut Edi Damansyah, adalah memberikan aspek legalitas yang bisa pula digunakan untuk membuka akses ekonomi. "Paling tidak kalau ingin membuka usaha, ini bisa jadi agunan," demikian katanya.


Tampak hadir pada acara penyerahan sertifikat program PTSL ini di antaranya adalah pejabat Forkopimda Kukar, Kepala Kantor Wilayah BPN RI Kaltim Mazwar, serta sejumlah kepala desa yang warganya menerima sertifikat. (win)


Penyerahan sertifikat tanah program PTSL tahun 2019 dihadiri ribuan warga dari 9 desa yang hadir di halaman Kantor Bupati Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Swab Massal di Sanga-Sanga Kumpulkan 209 Sampel
Tambahan 3 Kasus Baru COVID-19 di Kukar dan 2 Kasus Sembuh Per 8 Juli 2020
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com