Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sindikat Pembobol ATM Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Polisi

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa (kiri) dan Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria (kanan) menunjukkan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankanKapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa (kiri) dan Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria (kanan) menunjukkan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan
Photo: Agri


Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memberikan keterangan pers terkait kasus pembobolan ATM
Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memberikan keterangan pers terkait kasus pembobolan ATM
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/07/2019 12:39 WITA
Sebanyak tiga orang anggota sindikat pembobol ATM lintas provinsi berhasil diringkus tim Satuan Reskrim Polres Kutai Kartanegara (Kukar).


Mereka berhasil diringkus petugas saat beraksi di salah satu gerai ATM Bank BNI di bilangan Jalan Danau Semayang, Tenggarong, Sabtu (06/07) pagi lalu.


Para pelaku yang berhasil diamankan adalah Sandri Fals, Afif Khoir dan Ari Wibowo. Satu pelaku ternyata merupakan residivis kasus congkel ATM yakni Afif Khoir, warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.


Menurut Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, ada 6 warga di Kalimantan Timur yang menjadi korban pengurasan rekening lewat pembobolan kartu ATM tersebut. "Tiga TKP berada di Balikpapan, sedangkan 3 TKP berada di wilayah Kukar," ujarnya.


Selain menahan ketiga pelaku, pihak Polres Kukar juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah 2 unit sepeda motor yang digunakan pelaku untuk beraksi, 1 buah obeng, 2 buah telepon seluler, 54 lembar sticker Call Center palsu, 3 buah plastik penjanggal kartu ATM, 14 buah kartu ATM yang dikeluarkan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bankaltimtara, serta uang tunai sejumlah Rp 1,15 juta.


Ditambahkan Anwar, Polres Kukar telah memburu para pelaku sejak Februari lalu. "Awalnya kami menerima laporan warga yang rekeningnya dikuras pelaku pada 2 Februari 2019 lalu di gerai ATM SPBU Tenggarong Seberang," kata Anwar didampingi Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria dan Kasat Reskrim AKP Damus Asa.


Dalam menjalankan aksinya, lanjut Anwar, para pelaku menempel stiker Call Center palsu di ATM serta memasang potongan plastik untuk mengganjal kartu ATM milik korban.


Ketika kartu ATM sudah masuk dan korban memasukkan PIN, namun tidak bisa karena gangguan. Kemudian korban menekan tombol Cancel untuk membatalkan transaksi, namun kartu ATM tidak mau keluar seperti terganjal. Selanjutnya pelaku yang berada di TKP akan berusaha menolong korban dan kemudian menyarankan korban agar menghubungi nomor Call Center palsu yang telah ditempel di mesin ATM.


"Korban yang panik akan langsung menelepon nomor Call Center palsu tersebut. Setelah itu ada perempuan yang menerima telepon dan meminta data-data seperti PIN korban. Setelah itu, petugas Call Center palsu akan mengatakan jika rekening korban telah aman dan sudah diblokir," terangnya.


Tanpa disadari korban, para pelaku kemudian beraksi untuk mencongkel bagian bawah ATM dan mengambil kartu ATM yang tersangkut tadi. Kemudian menguras rekening korban dengan menggunakan kartu ATM yang telah diketahui PIN-nya lewat Call Center palsu.


Petugas Reskrim Polres Kukar akhirnya berhasil meringkus pelaku pada Sabtu (06/07) lalu sekitar jam 08.30 WITA. Berawal dari informasi adanya temuan sticker Call Center tertempel di beberapa ATM wilayah Tenggarong, tim kemudian melakukan penyisiran dan melihat 2 orang yang mencurigakan di ATM Bank BNI di Jalan Danau Semayang.


Setelah dilakukan pengggeladahan terhadap 2 orang tersebut yakni Sandri Fals dan Afif Khoir, ternyata didapati 54 lembar sticker Call Center palsu, 1 buah obeng, dan pengganjal kartu di mesin ATM. Pelaku beserta barang bukti kemudian diamankan di Mako Polres kukar untuk dimintai keterangan. Pelaku lainnya yakni Ari Wibowo berhasil ditangkap pada sore harinya di Loa Janan. "Kami masih melakukan pengembangan dan memburu pelaku lain yang terlibat dalam jaringan ini," tegas Kapolres Kukar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Perempat Final Liga 2 2019: Naga Mekes Tersungkur di Laga Perdana Grup A
Anggap Babak 8 Besar Bagai Final, Mitra Kukar Targetkan Kemenangan di Setiap Laga
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com