Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sindikat Pembobol ATM Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Polisi

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa (kiri) dan Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria (kanan) menunjukkan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankanKapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi Kasat Reskrim AKP Damus Asa (kiri) dan Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria (kanan) menunjukkan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan
Photo: Agri


Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memberikan keterangan pers terkait kasus pembobolan ATM
Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memberikan keterangan pers terkait kasus pembobolan ATM
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/07/2019 12:39 WITA
Sebanyak tiga orang anggota sindikat pembobol ATM lintas provinsi berhasil diringkus tim Satuan Reskrim Polres Kutai Kartanegara (Kukar).


Mereka berhasil diringkus petugas saat beraksi di salah satu gerai ATM Bank BNI di bilangan Jalan Danau Semayang, Tenggarong, Sabtu (06/07) pagi lalu.


Para pelaku yang berhasil diamankan adalah Sandri Fals, Afif Khoir dan Ari Wibowo. Satu pelaku ternyata merupakan residivis kasus congkel ATM yakni Afif Khoir, warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.


Menurut Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, ada 6 warga di Kalimantan Timur yang menjadi korban pengurasan rekening lewat pembobolan kartu ATM tersebut. "Tiga TKP berada di Balikpapan, sedangkan 3 TKP berada di wilayah Kukar," ujarnya.


Selain menahan ketiga pelaku, pihak Polres Kukar juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah 2 unit sepeda motor yang digunakan pelaku untuk beraksi, 1 buah obeng, 2 buah telepon seluler, 54 lembar sticker Call Center palsu, 3 buah plastik penjanggal kartu ATM, 14 buah kartu ATM yang dikeluarkan Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bankaltimtara, serta uang tunai sejumlah Rp 1,15 juta.


Ditambahkan Anwar, Polres Kukar telah memburu para pelaku sejak Februari lalu. "Awalnya kami menerima laporan warga yang rekeningnya dikuras pelaku pada 2 Februari 2019 lalu di gerai ATM SPBU Tenggarong Seberang," kata Anwar didampingi Wakapolres Kompol Wiwit Adisatria dan Kasat Reskrim AKP Damus Asa.


Dalam menjalankan aksinya, lanjut Anwar, para pelaku menempel stiker Call Center palsu di ATM serta memasang potongan plastik untuk mengganjal kartu ATM milik korban.


Ketika kartu ATM sudah masuk dan korban memasukkan PIN, namun tidak bisa karena gangguan. Kemudian korban menekan tombol Cancel untuk membatalkan transaksi, namun kartu ATM tidak mau keluar seperti terganjal. Selanjutnya pelaku yang berada di TKP akan berusaha menolong korban dan kemudian menyarankan korban agar menghubungi nomor Call Center palsu yang telah ditempel di mesin ATM.


"Korban yang panik akan langsung menelepon nomor Call Center palsu tersebut. Setelah itu ada perempuan yang menerima telepon dan meminta data-data seperti PIN korban. Setelah itu, petugas Call Center palsu akan mengatakan jika rekening korban telah aman dan sudah diblokir," terangnya.


Tanpa disadari korban, para pelaku kemudian beraksi untuk mencongkel bagian bawah ATM dan mengambil kartu ATM yang tersangkut tadi. Kemudian menguras rekening korban dengan menggunakan kartu ATM yang telah diketahui PIN-nya lewat Call Center palsu.


Petugas Reskrim Polres Kukar akhirnya berhasil meringkus pelaku pada Sabtu (06/07) lalu sekitar jam 08.30 WITA. Berawal dari informasi adanya temuan sticker Call Center tertempel di beberapa ATM wilayah Tenggarong, tim kemudian melakukan penyisiran dan melihat 2 orang yang mencurigakan di ATM Bank BNI di Jalan Danau Semayang.


Setelah dilakukan pengggeladahan terhadap 2 orang tersebut yakni Sandri Fals dan Afif Khoir, ternyata didapati 54 lembar sticker Call Center palsu, 1 buah obeng, dan pengganjal kartu di mesin ATM. Pelaku beserta barang bukti kemudian diamankan di Mako Polres kukar untuk dimintai keterangan. Pelaku lainnya yakni Ari Wibowo berhasil ditangkap pada sore harinya di Loa Janan. "Kami masih melakukan pengembangan dan memburu pelaku lain yang terlibat dalam jaringan ini," tegas Kapolres Kukar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com