Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Polsek Tenggarong Seberang Ringkus Kawanan Spesialis Pencuri Onderdil Alat Berat

Kawanan spesialis pencurian onderdil alat berat berhasil diamankan Polsek Tenggarong SeberangKawanan spesialis pencurian onderdil alat berat berhasil diamankan Polsek Tenggarong Seberang
Photo: Agri


Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf (kiri) bersama Kanit Reskrim Slamet Riyadi menunjukkan barang bukti perkakas yang digunakan pelaku untuk membongkar onderdil
Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf (kiri) bersama Kanit Reskrim Slamet Riyadi menunjukkan barang bukti perkakas yang digunakan pelaku untuk membongkar onderdil
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 08/05/2019 11:34 WITA
Petugas kepolisian berhasil membekuk kawanan spesialis pencurian spare part atau komponen alat berat yang beberapa bulan terakhir beraksi di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang.


Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf mengungkapkan, ada 7 pelaku yang berhasil diamankan, baik di Tenggarong Seberang maupun kota Samarinda.


Mereka adalah Ar (25), So (26), Ag (31), dan Ic (34), keempatnya warga Kecamatan Tenggarong Seberang. Kemudian tiga pelaku lainnya adalah warga Samarinda, yakni Ro (38), Nv (34) dan Me (28).


Menurut Abdul Rauf, kawanan ini menyasar onderdil alat berat jenis ekskavator yang sedang tidak dioperasikan di areal perusahaan PT Arkananta Apta Pratista (ARKA) di desa Kerta Buana dan PT Buluh Perindu di desa Bangun Rejo.


"Terungkapnya kasus ini berawal dari laporan pihak PT ARKA yang kehilangan beberapa komponen ekskavator Kobelco pada 13 Maret lalu. Dari hasil penyelidikan, ada indikasi keterlibatan orang dalam yakni petugas sekuriti ARKA yang terlibat," ujar Abdul Rauf didampingi Kanit Reskrim Ipda Slamet Rijadi.


Petugas kemudian bergerak dan berhasil mengamankan petugas sekuriti PT ARKA yakni Ar dan So. "Keduanya mengaku jika mereka mengambil komponen alat berat tersebut bersama Ag alias Vimen," ungkapnya.


Pengembangan pun dilakukan tim Polsek Tenggarong Seberang, hingga akhirnya keberadaan Ag diketahui. "Kami akui tersangka ini sangat licin karena sering pindah-pindah tempat kos," ujarnya lagi.


Ag sendiri berhasil ditangkap di sebuah rumah kos di Samarinda Utara pada Rabu (01/05) pekan lalu. Setelah diinterogasi, lanjut Abdul Rauf, Ag mengaku ada dua rekan lainnya yang terlibat yakni Ic dan Ro. Keduanya kemudian diamankan di hari yang sama. "Jadi mereka bertiga yakni Ag, Ic dan Ro, merupakan pemetik karena pengalaman mereka sebagai mekanik," imbuhnya.


Setelah dilakukan pengembangan, petugas kemudian mengamankan dua penadah yang membeli komponen alat berat itu pada Minggu (05/05) lalu di Samarinda, yakni Nv dan Me.


Selain menangkap para pelaku, petugas Polsek Tenggarong Seberang juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Kijang LGX dan 1 unit sepeda motor Honda Beat yang digunakan pelaku saat beraksi.


Kemudian 2 buah kotak peralatan untuk membongkar komponen alat berat, uang sebesar Rp 600 ribu sisa hasil penjualan para pelaku, serta beberapa komponen alat berat.


Menurut Abdul Rauf, pihaknya masih melakukan pengembangan kemungkinan adanya TKP lain yang menjadi sasaran aksi kawanan spesialis tersebut. Dari pengakuan mereka, lanjutnya, ada 3 TKP perusahaan yang jadi sasaran yakni PT Kimco, PT ARKA dan PT Buluh Perindu. (win)


Polsek Tenggarong Seberang saat menggelar jumpa pers pengungkapan kasus pencurian komponen alat berat, Selasa (07/05) siang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Perempat Final Liga 2 2019: Naga Mekes Tersungkur di Laga Perdana Grup A
Anggap Babak 8 Besar Bagai Final, Mitra Kukar Targetkan Kemenangan di Setiap Laga
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com